logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Sex & Relationship

Seputar Physical Touch Love Language dan Contohnya di Kehidupan Sehari-hari

open-summary

Physical touch love language artinya adalah rasa cinta yang diekspresikan melalui sentuhan fisik. Bentuk physical touch antara lain adalah memegang tangan, memeluk, mencium, memberi pijatan ke pasangan, hingga berhubungan intim.


close-summary

2 Agt 2022

| Bayu Galih Permana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Physical touch adalah bahasa cinta yang diekspresikan melalui sentuhan fisik

Physical touch adalah love language yang dilakukan dengan kontak fisik

Table of Content

  • Apa itu physical touch?
  • Bentuk bahasa cinta physical touch dalam kehidupan sehari-hari
  • Cara memberikan bahasa cinta physical touch ketika LDR
  • Catatan dari SehatQ

Bahasa cinta physical touch seringkali diidentikan dengan hubungan seks. Hal itu mungkin benar pada beberapa orang, namun tidak selalu begitu. Jenis love language ini tidak melulu soal seks, masih banyak tindakan yang bisa dilakukan agar Anda dan pasangan merasakan cinta.

Advertisement

Apa itu physical touch?

Pasangan berpegangan tangan mengekspresikan love language physical touch
Physical touch adalah love language dengan sentuhan fisik

Apa love language atau bahasa cinta Anda? Mengetahui kecenderungan cara diri sendiri memberikan atau menerima rasa cinta kini tengah menjadi tren. Banyak orang berbondong-bondong mengambil tes untuk mengetahuinya.

Bahasa cinta atau love language sendiri dibagi menjadi lima, yaitu quality time, words of affirmation, act of service, receiving gifts, dan physical touch. 

Love language physical touch artinya adalah ungkapan rasa cinta yang diberikan atau diterima lewat sentuhan fisik. Orang dengan love language ini akan merasakan cinta saat mereka bersentuhan fisik dengan pasangan.

Rasa bahagia yang datang dari sentuhan fisik bukan muncul tanpa alasan. Secara fisiologis, kontak dari kulit ke kulit diketahui memicu pelepasan hormon serotonin, dopamin, serta oksitosin, yang mempunyai keterkaitan dengan rasa bahagia. 

Bentuk bahasa cinta physical touch dalam kehidupan sehari-hari

Cuddle juga termasuk physical touch
Physical touch bisa diberikan dengan cuddle

Banyak orang yang mengira bahwa bahasa cinta physical touch hanya berkaitan dengan seks. Berhubungan intim dengan pasangan memang salah satu bentuknya, tapi bukan berarti orang dengan jenis love language ini hanya bisa merasakan atau mengekspresikan cinta lewat cara tersebut.

Bahasa cinta physical touch dapat bersifat intim dan tidak intim. Berikut beberapa bentuknya dalam kehidupan sehari hari:

1. Bergandengan tangan

Bergandengan tangan adalah bahasa cinta physical touch yang paling mudah dilakukan. Anda bisa menggenggam tangan pasangan di mana dan kapan saja. Saat bergandengan tangan, suasana hati dapat meningkat karena adanya pelepasan hormon endorfin.

2. Ciuman

Ciuman merupakan salah satu cara yang sering ditunjukkan orang dengan jenis love language ini untuk mengekspresikan cinta mereka. Tak selalu bibir, ciuman juga bisa diberikan di tangan, kening, maupun pipi pasangan.

3. Cuddle

Lewat cuddle atau kelonan, orang dengan jenis love language physical touch akan merasakan keintiman yang mendalam dengan pasangan, baik secara fisik maupun emosional. Untuk melakukan cara ini, Anda bisa memulainya dengan berbaring bersama di atas tempat tidur sambil memeluk satu sama lain dan menonton film romantis.

4. Sentuhan kulit

Adanya sentuhan kulit seperti memegang bagian belakang leher atau mengusap kepala pasangan, dapat membuat orang dengan bahasa cinta physical touch berbunga-bunga. Tindakan merupakan salah satu cara ekspresif yang mengisyaratkan bahwa Anda ada untuknya.

5. Memberi pijatan

Memijat pasangan saat lelah merupakan salah satu bentuk bahasa cinta physical touch, terlebih tanpa diminta. Tindakan ini bisa memberi sinyal bahwa Anda mencintai mereka. Pastikan juga pijatan yang Anda berikan membuat mereka nyaman.

6. Duduk berhimpitan

Duduk berhimpitan sambil melibatkan sentuhan adalah cara mudah yang bisa dilakukan untuk menjadi tanda bahwa Anda mencintai pasangan. Tak perlu sampai memeluk atau memegang tangan, menempelkan kaki atau pinggul satu sama lain ketika duduk sudah dapat membuat hati menjadi berbunga-bunga.

7. Menggelitik satu sama lain

Menggelitik pasangan merupakan salah satu bentuk bahasa cinta physical touch. Meski begitu, cari tahu terlebih dahulu apakah pasangan Anda menyukainya. Beberapa orang mungkin tidak suka ketika tubuh mereka digelitik.

Baca Juga: Kunci Pernikahan Bahagia, Salah Satunya Kenali Love Language Pasangan

Cara memberikan bahasa cinta physical touch ketika LDR

Lakukan video call untuk menyiasati keperluan physical touch saat LDR
Lakukan video call untuk menyiasati keperluan physical touch saat LDR

Apabila Anda sedang berada dalam hubungan jarak jauh atau LDR, tentu akan terasa sulit jika bahasa cinta yang dimiliki adalah physical touch. Meski begitu, masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar Anda dan pasangan tetap dapat memberi atau menerima cinta.

Caranya, kirimkan pakaian atau selimut, lengkap beserta parfum yang Anda gunakan sehari-hari. Ketika dipakai, benda-benda tersebut dapat membuat Anda dan pasangan terasa dekat dan nyaman.

Lakukan juga panggilan video secara rutin dengan pasangan. Ekspresikan cinta Anda dengan cara tersenyum, mengedipkan mata, hingga memberikan ciuman virtual. Tindakan-tindakan tersebut merupakan cara yang bagus untuk mengekspresikan cinta secara fisik, meski tanpa ada sentuhan.

Baca Juga

  • Peran Take and Give untuk Keharmonisan Hubungan
  • Dampak Hubungan Backstreet untuk Mental Tak Bisa Disepelekan
  • Memahami Arti Open Relationship Dalam Hubungan Percintaan

Catatan dari SehatQ

Physical touch adalah bahasa cinta yang diekspresikan melalui sentuhan fisik. Tidak hanya seks, jenis love language ini juga bisa Anda lakukan dengan memegang tangan, memeluk, mencium, hingga memberi pijatan ke pasangan.

Apabila sedang menjalani LDR, cara mengekspresikan cinta bisa dengan mengirim baju atau selimut dengan parfum Anda ke pasangan. Melakukan video call secara rutin juga membantu memenuhi hasrat cinta Anda dan pasangan.

Perlu diingat bahwa meski love language Anda adalah physical touch, bukan berarti Anda tidak bisa menetapkan batasan kontak fisik dengan pasangan. Sentuhan fisik yang didapatkan harus tetap membuat Anda merasa aman dan nyaman, bukan sebaliknya. 

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda dapat bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.

Advertisement

percintaanmenjalin hubungan

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved