Kenali Bahan Scrub Wajah Alami yang Mampu Angkat Sel Kulit Mati

(0)
15 Jan 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Scrub wajah alami dapat dibuat dari bahan-bahan alami seperti kopiBubuk kopi adalah salah satu contoh scrub wajah alami
Scrub dikenal sejak dulu sebagai bahan yang digunakan untuk mengangkat sel kulit mati (eksfoliasi), sehingga wajah tidak akan kusam. Selain menggunakan produk kecantikan yang mengandung scrub, Anda juga dapat menggunakan scrub wajah alami yang bisa Anda buat sendiri di rumah.Meski eksfoliasi dapat menghilangkan kusam, proses ini mungkin tidak cocok dilakukan pada beberapa orang. Pasalnya, jika tidak dilakukan dengan benar, eksfoliasi justru akan menyebabkan kerusakan kulit yang lebih parah, misalnya kulit menjadi kemerahan dan muncul jerawat (breakouts).Eksfoliasi bisa dilakukan di rumah. Tetapi, pastikan Anda menggunakan produk yang aman dan tidak merusak kulit, termasuk bila Anda memilih menggunakan scrub wajah alami.

Persiapan sebelum membuat scrub wajah alami

Selain menyenangkan, membuat scrub wajah alami juga membebaskan Anda dalam mencampur bahan-bahan yang cocok dengan kondisi kulit wajah. Namun sebelum melirik bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai scrub wajah alami ini, Anda terlebih dahulu harus mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu:
  • Bahan scrub alami, misalnya kopi, bubuk gula merah, atau garam laut
  • Minyak dasar untuk melarutkan butiran scrub, misalnya minyak kelapa, minyak jojoba, minyak biji anggur, minyak almond, atau minyak zaitun
  • Minyak esensial (opsional).
Anda juga dapat menambahkan bahan lain yang bermanfaat untuk kulit, misalnya teh hijau dan madu. Ketika mencampur, pastikan konsistensi scrub wajah alami buatan Anda tidak terlalu kental, namun juga jangan terlalu encer karena akan sulit diaplikasikan pada wajah.

Scrub wajah alami yang populer digunakan

Setelah Anda memastikan bahan scrub wajah alami yang akan digunakan, kini saatnya mencampur semuanya dalam mangkok aduk. Berikut beberapa cara membuat scrub wajah alami dengan bahan-bahan yang populer digunakan oleh para beauty blogger.
  • Kopi

Bubuk kopi sangat kaya akan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan melawan tanda-tanda penuaan dini. Selain itu, kopi juga akan meninggalkan aroma yang menenangkan di wajah Anda setelah sel-sel kulit mati terangkat.Meski demikian, scrub wajah alami yang terbuat dari bubuk kopi tidak bisa membersihkan wajah dari jerawat. Pasalnya, scrub hanya akan membersihkan lapisan kulit yang paling luar, sedangkan jerawat terbentuk di dalam pori-pori.Jika Anda tetap ingin membuat scrub kopi, Anda dapat mencampurnya dengan air hangat dan minyak kelapa. Pastikan konsistensi scrub Anda sudah tepat sebelum mengaplikasikannya ke wajah.
  • Garam laut

Garam laut juga merupakan bahan yang populer digunakan sebagai scrub wajah alami. Pastikan Anda tidak menggunakan garam dengan tekstur yang kasar sehingga tidak melukai wajah.Garam dikenal mengandung antibakteri yang bermanfaat bagi beberapa jenis kulit tertentu. Namun, Anda sebaiknya tidak menggunakan scrub dari garam jika sedang memiliki luka terbuka pada wajah karena akan terasa perih.Untuk membuat scrub garam laut, Anda dapat mencampurkan setengah cangkir garam laut dengan setengah cangkir minyak dasar sesuai pilihan. Karena scrub ini tidak berbau, Anda dapat menambahkan minyak esensial agar meninggalkan efek yang menenangkan setelah digunakan.
  • Gula merah

Tekstur gula merah yang tidak terlalu kasar dibanding gula pasir dianggap cocok digunakan sebagai scrub wajah alami. Kekurangannya, pemakaian scrub gula ini dapat menimbulkan lengket di kulit setelah pemakaian sehingga Anda wajib membilas wajah sampai bersih seusai melakukan eksfoliasi di rumah.Untuk membuat scrub gula merah, Anda dapat mencampur setengah cangkir gula merah dengan setengah cangkir minyak dasar pilihan Anda. Bila ingin aroma yang menenangkan, tambahkan 1-2 tetes minyak esensial dalam campuran scrub tersebut.Menurut American Academy of Dermatology, selain dapat membuat kulit terlihat lebih cerah dengan terangkatnya sel-sel kulit mati, menggunakan scrub juga mampu mengstimulasi produksi kolagen agar kulit tetap kencang dan berseri.Scrub wajah alami bisa digunakan dalam satu minggu sekali. Pastikan untuk tidak menggosoknya ke wajah. Jangan lanjutkan pemakaian bila muncul tanda-tanda alergi atau iritasi.Selain menggunakan scrub wajah alami, Anda juga dapat menggunakan produk scrub yang dijual bebas. Namun bila ingin lebih aman, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit sebelum Anda menggunakan produk tertentu ke wajah Anda.
perawatan kulitmasker wajahperawatan wajah
AAD. https://www.aad.org/skin-care-secrets/safely-exfoliate-at-home
Diakses pada 14 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/skin/diy-body-scrub
Diakses pada 14 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/sugar-scrub-for-face
Diakses pada 14 Januari 2020
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/coffee-grounds-for-the-skin-and-face-4126110
Diakses pada 14 Januari 2020
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/routine/safely-exfoliate-at-home
Diakses pada 26 Maret 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait