15 Bahan Ramuan Pelangsing Alami yang Aman Dikonsumsi

(0)
29 Aug 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ramuan pelangsing dari jahe, cabai, dan lada dinilai bisa turunkan berat badanRamuan pelangsing bisa dibuat dari rempah seperti jahe, cabai merah, dan lada hitam
Di antara banyaknya metode diet yang bisa Anda coba, mengonsumsi bahan-bahan yang biasa dijadikan ramuan pelangsing alami bisa jadi salah satu pilihan. Mulai dari rempah hingga buah, bahan-bahan tersebut dinilai aman untuk membantu menurunkan berat badan.Namun perlu diingat bahwa saat mengonsumsi ramuan pelangsing alami, Anda tetap perlu mewaspadai efek samping yang mungkin terjadi, seperti alergi. Selain itu, mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga secara teratur juga tetap penting dilakukan.

Bahan ramuan pelangsing alami yang sering digunakan

Selain menjalani gaya hidup sehat, Anda bisa mengonsumsi bahan-bahan di bawah ini atau mengolahnya sebagai ramuan pelangsing alami untuk menurunkan berat badan.
Ramuan pelangsing alami adalah cabai
Cabai merah bisa dijadikan sebagai ramuan pelangsing alami

1. Cabai merah

Senyawa capsaisin yang ada di dalam cabai merah, dianggap bisa membantu meningkatkan metabolisme di tubuh, sehingga jumlah kalori yang dibakar per hari bisa semakin banyak.Capsaisin juga bisa membantu menekan nafsu makan, membuatnya ideal dijadikan campuran ramuan pelangsing alami.

2. Jahe

Jahe cocok dijadikan makanan ataupun minuman untuk diet, karena rempah yang satu ini bisa meningkatkan metabolisme dan membuat pembakaran lemak di tubuh jadi lebih efektif.Jahe juga akan mengurangi nafsu makan dan mengurangi penyerapan lemak di tubuh.

3. Lada hitam

Lada hitam mengandung piperin, yang terbukti efektif menurunkan berat badan. Kandungan ini bisa menghambat pembentukan sel-sel lemak berlebih di tubuh. Namun penelitian ini masih terbatas pada hewan, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi efektivitasnya pada manusia.
Kunyi bisa dijadikan ramuan pelangsing alami
Kunyit sebagai bahan ramuan pelangsing alami, aman digunakan

4. Kunyit

Selain sebagai bumbu masakan, kunyit juga bisa membantu Anda mendapatkan berat badan ideal yang diinginkan.
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang dengan kelebihan berat badan yang mengonsumsi kunyit dua kali sehari selama satu bulan, berhasil menurunkan lemak di perut dan bobot tubuhnya hingga 5%.

5. Kayu manis

Mengonsumsi kayu manis bisa mengurangi kadar gula darah. Saat kadar gula darah menurun, maka nafsu makan Anda juga dapat berkurang.

6. Ginseng

Sejak zaman dahulu kala, ginseng sudah sering dijadikan sebagai campuran ramuan pelangsing. Manfaat ini didapatkan dari kemampuannya mencegah penyerapan lemak berlebih di tubuh.
Ramuan pelangsing alami salah satunya jintan
Jintan dapat bantu turunkan berat badan

7. Jintan

Saat Anda mengonsumsi jintan, kandungan nutrisi yang ada di dalamnya akan membantu mengurangi berat badan sekaligus kadar lemak di tubuh. Maka dari itu rempah ini sering dimasukkan ke dalam ramuan pelangsing. 

8. Kapulaga

Jika dimasukkan ke dalam ramuan atau jamu pelangsing, kapulaga bisa membantu mengurangi kadar lemak di tubuh, terutama perut. Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk memastikannya.

9. Oregano

Rempah yang sering ditambahkan ke dalam hidangan pasta maupun masakan Italia lainnya ini rupanya juga bisa membantu program diet Anda.Oregano mengandung carvacrol yang dinilai bisa membantu proses metabolisme lemak di tubuh. Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk memastikannya.
Kopi hijau sebagai ramuan pelangsing alami
Ekstrak kopi hijau bisa turunkan berat badan secara alami

10. Ekstrak kopi hijau

Mencampurkan ekstrak kopi hijau ke dalam ramuan pelangsing Anda, dinilai efektif untuk menurunkan berat badan. Namun, individu yang tidak bisa mengonsumsi kafein, sebaiknya menghindari bahan yang satu ini.Pada beberapa orang, kafein dalam kopi hijau bisa menimbulkan efek samping berupa sakit perut, kesulitan tidur, dan irama jantung tak beraturan.

11. Rumput laut

Beberapa jenis rumput laut juga dianggap efektif menurunkan berat badan. Rumput laut jenis fucus vesiculosuse misalnya, mengandung iodine yang bisa menstimulai kelenjar tiroid sehingga berat badan bisa turun.Selain itu, rumput laut cokelat jenis Undaria pinnatifida juga dinilai baik untuk dijadikan ramuan pelangsing. Sebab, jenis ini mengandung bahan-bahan yang akan mengatur metabolisme lemak di tubuh dengan baik.

12. Teh hijau

Teh hijau sudah sering masuk sebagai bahan dalam ramuan pelangsing alami. Tak hanya secara alami, kemampuan teh ini juga sudah diakui secara ilmiah.Teh hijau dianggap efektif mendukung penurunan berat badan karena kandungan katekin yang dimilikinya. Katekin terbukti efektif untuk menekan nafsu makan dan melancarkan metabolisme lemak di tubuh.
Kacang kedelai sebagai bahan ramuan pelangsing alami
Kacan kedelai efektif untuk bantu capai berat badan ideal

13. Kacang kedelai

Memasukkan kacang kedelai ke dalam ramuan pelangsing Anda juga dinilai efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Sebab berdasarkan penelitian, kacang ini bisa mencegah penumpukan lemak secara berlebihan dalam tubuh.

14. Nanas

Mengonsumsi satu buah nanas per hari, dinilai bisa membantu menurunkan berat badan dengan cukup signifikan. Hal ini bisa terjadi karena enzim bromealin dalam nanas dapat memperlancar pencernaan protein dan lemak di tubuh.

15. Teh oolong

Teh oolong cocok dijadikan minuman untuk diet karena memiliki kemampuan untuk mengurangi penyerapan lemak di tubuh. Meski begitu, minuman ini juga bisa menimbulkan efek samping berupa gangguan pencernaan.

Catatan dari SehatQ

Mengonsumsi ramuan pelangsing sebagai salah satu langkah untuk menurunkan berat badan memang tidak ada salahnya, selama yang diminum adalah bahan-bahan alami yang sehat.Namun Anda perlu ingat bahwa penurunan berat badan yang paling baik adalah yang terjadi bertahap. Mengonsumsi jamu atau ramuan pelangsing juga sebaiknya tidak dijadikan satu-satunya jalan, melainkan hanya sebagai pendamping dari gaya hidup sehat.
tips dietmakanan dietherbalbuah dan sayuran
Science Direct. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1110093114000179
Diakses pada 14 Agustus 2020
WebMD. https://www.webmd.com/vitamins-and-supplements/herbal-remedies#1
Diakses pada 14 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/weight-loss-herbs
Diakses pada 14 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait