logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Penyakit

Cara Mengobati Batuk Berdarah dengan Pengobatan Medis dan Alami

open-summary

Cara mengatasi batuk berdarah biasanya tergantung dari penyebabnya. Antibiotik bisa jadi salah satu obat batuk berdarah yang disebabkan oleh infeksi bakteri.


close-summary

3.69

(84)

3 Jun 2019

| Dina Rahmawati

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Cara mengobati batuk berdarah

Mulai dari obat medis dan alami, ketahui cara mengobati batuk berdarah

Table of Content

  • Berbagai cara mengatasi batuk berdarah
  • Macam-macam obat herbal untuk mengatasi batuk
  • Macam-macam penyebab batuk berdarah
  • Seberapa aman menggunakan obat herbal untuk batuk berdarah?

Batuk berdarah tentu bisa membuat Anda khawatir. Agar tidak berlarut-larut, Anda perlu tahu cara mengatasi batuk berdarah dengan tepat, mulai dari minum obat atau tindakan medis tertentu.

Advertisement

Apalagi, mengingat kondisi ini bisa menjadi awal dari penyakit infeksi serius. Bagaimana cara mengatasi batuk berdarah dengan pengobatan medis? Apakah bisa diobati dengan obat herbal? Simak lengkapnya di sini.

Berbagai cara mengatasi batuk berdarah

Batuk darah atau hemoptisis terjadi karena rusaknya pembuluh darah di saluran pernapasan. Mengutip Cleveland Clinic, penyebab batuk berdarah berkisar dari ringan hingga serius. Itu sebabnya, cara mengatasi batuk berdarah akan tergantung dari penyebab yang mendasarinya.

Maka dari itu, penting bagi dokter mendiagnosis penyebab berdasarkan gejala, agar Anda mendapatkan perawatan serta pengobatan yang tepat.

Berikut adalah beberapa cara mengobati batuk berdarah:

1. Obat batuk berdarah

Apabila penyebab batuk berdarah adalah iritasi tenggorokan ringan karena batuk berlebihan, mengonsumsi obat pelega tenggorokan atau obat batuk yang dijual bebas bisa jadi cara mengatasi yang tepat.

Sementara itu, jika batuk darah disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, seperti pneumonia atau tuberkulosis, dokter akan memberikan antibiotik untuk mengatasinya.

Sebagai contoh, jenis antibiotik untuk mengobati batuk berdarah akibat pneumonia adalah azithromycin, clarithromycin, atau doxycycline. Sementara, untuk dahak berdarah akibat TBC dapat diobati dengan obat anti tuberkulosis, seperti isoniazid, rifampin, etambutol, atau pyrazinamide.

Dokter juga dapat memberikan suntikan kortikosteroid jika batuk berdarah disebabkan peradangan.

2. Embolisasi arteri bronkial

Salah satu prosedur medis untuk mengatasi batuk darah adalah embolisasi arteri bronkial. Embolisasi arteri bronkial merupakan prosedur memasukkan kateter dari kaki menuju pembuluh arteri yang membawa darah menuju paru-paru.

Dokter kemudian menyuntikkan cairan berwarna kontras dan memantau kondisi pembuluh arteri melalui layar monitor untuk menemukan sumber perdarahan. Nantinya, dokter akan menyumbat pembuluh darah arteri yang mengalami perdarahan menggunakan kumparan metal atau zat lain.

3. Bronkoskopi

Dokter bisa menggunakan peralatan endoskopi untuk mengangani beberapa penyebab batuk berdarah. Misalnya, dengan menggelembungkan balon di dalam saluran udara atau jalan napas untuk menghentikan perdarahan.

4. Operasi

Jika sudah dalam tahap mengancam nyawa, pasien batuk berdarah memerlukan operasi. Tujuan dari operasi ini adalah untuk mengangkat salah satu paru-paru. Tindakan medis ini dikenal sebagai pneumonektomi.

Perawatan batuk berdarah atau hemoptisis harus bisa mengatasi penyebab perdarahan. Bahkan, beberapa penderita batuk berdarah dengan darah yang sangat encer, akan memerlukan transfusi darah.

Langkah ini bertujuan untuk mencegah kehilangan darah lebih banyak. Istirahat yang cukup juga dapat mempercepat pemulihan karena pada waktu ini sel-sel jaringan tubuh yang terganggu akan diperbaiki.

Baca Juga

  • Anodontia, Ketika Gigi Anak Tidak Pernah Tumbuh
  • Mengenal Zat Sitotoksik yang Dapat Merusak Sel?
  • Waspadai Ciri-Ciri Mata Iritasi Softlens

Macam-macam obat herbal untuk mengatasi batuk

madu

Tekanan yang kuat saat batuk bisa menyebabkan saluran pernapasan teriritasi sehingga menyebabkan batuk berdarah. Itu sebabnya, menekan atau meringkan batuk jadi salah satu cara untuk meringankan gejala batuk berdarah.

Beberapa bahan alami berikut ini mungkin sudah lama Anda kenal sebagai obat batuk. Sebagai alternatif, Anda bisa mencobanya untuk membantu meringankan batuk yang Anda alami agar tidak sampai menyebabkan dahak berdarah. 

1. Madu

Manfaat madu memang terkenal sebagai obat alami yang ampuh untuk sakit tenggorokan. Tak hanya itu, madu juga dapat meredakan batuk, termasuk batuk berdahak secara lebih efektif, dibanding obat-obatan kimia bebas resep.

Campurkan 2 sendok teh madu dengan air hangat dan lemon. Selanjutnya, minum campuran tersebut. Anda pun dapat mengonsumsi madu secara langsung, dalam takaran yang sewajarnya.

2. Daun peppermint

Daun peppermint memiliki khasiat dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Mentol yang terkandung dalam peppermint dapat menenangkan tenggorokan, dan membantu memecah lendir, sehingga bisa meredakan batuk.

Anda disarankan untuk mengonsumsi teh peppermint atau menghirup uap peppermint. Untuk membuat uap peppermint, Anda tinggal menambahkan 3-4 tetes minyak peppermint ke dalam 150 mililiter air panas, dalam baskom.

Selanjutnya, dekatkan kepala Anda pada air panas tersebut. Tutup seluruh kepala Anda dengan handuk, biarkan Anda menghirup uap peppermint tersebut.

3. Jahe

Jahe dapat meredakan batuk dan asma, karena memiliki sifat anti-inflamasi. Beberapa senyawa anti-inflamasi pada jahe dapat melemaskan membran di saluran pernapasan, sehingga mengurangi batuk.

Anda dapat melakukan pengobatan alami ini dengan menyeduh teh jahe, dan menambahkan 20-40 gram irisan jahe segar ke dalam secangkir air panas. Sebelum diminum, biarkan selama beberapa menit. Anda juga dapat menambahkan perasan lemon atau madu untuk meringankan batuk.

4. Minuman hangat

teh hijau hangat

Jika sedang mengalami batuk, ada baiknya bila Anda tetap mendapatkan asupan cairan dengan cukup. Dengan mengonsumsi minuman hangat yang cukup, Anda bisa lebih mudah mengeluarkan lendir dan terbebas dari sesak napas.

Air hangat, teh hitam, teh hijau tanpa kafeina, maupun teh herbal, bisa menjadi pilihan. Sebab, minuman hangat memang dapat meredakan batuk, sakit tenggorokan, nyeri dada maupun pilek.

5. Air garam

Berkumur dengan campuran garam dan air hangat, dapat membantu mengeluarkan dahak dan lendir. Selain itu, campuran tersebut dapat pula meredakan gejala batuk, tak terkecuali batuk berdarah.

Caranya, masukkan seperempat atau setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat. Lalu, aduk hingga garam larut. Berkumurlah dengan air garam tersebut, dan biarkan selama beberapa saat. Anda dapat mengulanginya beberapa kali sehari, agar batuk cepat reda.

6. Nanas

Ternyata nanas dapat meringankan batuk, karena kandungan bromelain di dalamnya. Enzim pada buah nanas ini, dapat meringankan batuk, sekaligus mengencerkan lendir di tenggorokan.

Tak hanya itu, bromelain juga dapat meringankan sinus, dan alergi yang menyebabkan batuk serta dahak. Anda direkomendasikan mengonsumsi sepotong nanas atau jus nanas segar sebanyak tiga kali sehari.

Anda bisa mencoba bahan-bahan alami tersebut untuk meredakan batuk. Namun, bahan alami hanya bisa meredakan batuk berdahak, bukan batuk berdarah. Sebab hingga saat ini, masih belum ditemukan cara mengobati batuk darah secara alami.

Macam-macam penyebab batuk berdarah

Ada berbagai macam penyebab batuk berdarah, mulai dari iritasi, infeksi, hingga kanker paru-paru. Berbeda dengan muntah darah yang umumnya karena masalah pencernaan, berikut adalah beberapa kemungkinan penyebabnya: 

  • Bronkitis, baik dalam tingkat akut atau kronis
  • Bronkiektasis
  • Kanker paru-paru atau tumor jinak pada paru-paru
  • Penggunaan obat pengencer darah (antikoagulan)
  • Pneumonia
  • Emboli paru
  • Gagal jantung kongestif
  • Edema paru
  • Tuberkulosis
  • Peradangan maupun penyakit autoimun, termasuk penyakit lupus
  • Kelainan anatomi pembuluh darah pada paru-paru
  • Trauma, misalnya akibat kecelakaan

Seberapa aman menggunakan obat herbal untuk batuk berdarah?

Tujuan utama pengobatan batuk berdarah adalah untuk menghentikan perdarahan, kemudian mengobati penyebab yang mendasarinya. Apalagi, kalau perdarahan cukup banyak.

Meski begitu, medical editor SehatQ, dr. Anandika Pawitri menyatakan jarang ada kasus batuk darah yang dapat diobati secara alami.

Artinya, Anda tidak bisa mengandalkan bahan-bahan alami tanpa berkonsultasi dengan dokter sebagai cara mengobati dan mengatasi batuk berdarah.

Seiring dengan perawatan obat medis, Anda bisa bertanya kepada dokter mengenai pengobatan rumahan, seperti mengonsumsi obat alami atau herbal. Sudah cukup banyak penelitian mengenai efektvitas obat herbal dalam mengatasi batuk, tetapi perlu penelitian lanjutan untuk batuk berdarah. Pasalnya, darah yang muncul di dahak adalah tanda adanya luka di saluran pernapasan. Ini tentu berbeda dengan batuk biasa

Jangan pernah menyepelekan batuk berdarah. Sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter, jika mengalaminya. Sebab, belum ada cara alami untuk menyembuhkan batuk tersebut.

Sebaiknya, konsultasikan lagi dengan dokter apa jenis obat medis serta alami yang aman untuk membantu mengobati penyebab batuk berdarah Anda.

Ingin mengetahui lebih banyak mengenai pengobatan untuk mengatasi batuk berdarah? Tanyakan langsung pada dokter di aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ.

Download sekarang di App store dan Google Play

Advertisement

batuk rejanbatuk keringbatuk berdahakbatuk berdarahpenyakitinfeksi saluran pernapasan

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved