5 Bahan Alami Ini Dapat Dijadikan Pembersih Komedo yang Ampuh!

Anda bisa langsung mengoleskan air lemon ke kulit wajah sebagai pembersih komedo
Lemon memiliki antibakteri untuk mengatasi komedo tertutup

Komedo tertutup terbentuk saat minyak alami kulit dan sel kulit mati menyumbat pori-pori. Jika sumbatan ini membesar dan terperangkap di bawah permukaan kulit, maka akan tampak sebagai bintil-bintil kecil yang sewarna dengan kulit. Untuk mengatasinya

Jika komedo tertutup dibiarkan, bakteri yang terdapat pada lapisan permukaan luar kulit dapat berkumpul dan berkembang pada sumbatan, sehingga menimbulkan peradangan.

[[artikel-terkait]]

5 Pembersih komedo dari bahan alami dan petunjuk penggunaanya 

Sebelum peradangan komedo tertutup terjadi, beberapa bahan alami dan sederhana berikut ini, dapat anda coba sebagai pembersih komedo.

Selalu gunakan tabir surya dengan SPF minimal 15, saat mengaplikasikan bahan-bahan berikut ini. Sebab, bahan-bahan alami berikut ini menjadikan kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari.

1. Cuka apel

Bahan ini bersifat asam dan dapat mengeringkan serta mengecilkan pori-pori ,membantu mengurangi peradangan, dan memiliki efek antibakteri.

Dua sendok makan cuka apel yang dilarutkan dalam 250 mL air hangat, dapat dioleskan secara langsung pada kulit dan diamkan selama 20 menit.

2. Jus lemon

Sebagai pembersih komedo, lemon memiliki efek antibakteri, dan berfungsi untuk mengeringkan kulit dan menyerap minyak berlebih, serta mengandung anti senyawa antibakteri mengurangi peradangan. Jus lemon dapat langsung diaplikasikan pada kulit wajah tanpa diencerkan.

Namun, anda bisa mengencerkannya dengan air, menggunakan perbandingan yang sama banyak. Oleskan pada kulit wajah dengan kapas atau jari-jari dan diamkan selama 20 menit.

3. Tea tree oil

Tea tree oil dikenal memiliki efek antiperadangan dan antijamur, serta baik sebagai pembersih komedo. Oleh karena itu banyak produk perawatan kulit dalam bentuk pembersih wajah, sabun maupun toner yang memanfaatkan tea tree oil sebagai salah satu bahan komposisinya.

Penggunaannya sangat sederhana. Anda dapat mengaplikasikannya langsung pada kulit menggunakan jari-jari, atau kapas wajah.

Penelitian di Australia menyebutkan bahwa penggunaan gel dan sabun pembersih wajah dengan kandungan tea tree oil selama 12 minggu, secara signifikan mengurangi jumlah jerawat tanpa adanya efek samping.

4. Madu

Madu memiliki kandungan antibakteri yang kuat. Konsistensinya yang lengket dan kental membuat bahan ini bertahan di pori-pori, sehingga penyerapannya lebih baik, sebagai pembersih komedo.

Hangatkan satu sendok makan madu dengan microwave selama 15 menit ,atau hingga terasa cukup hangat bila disentuh. Aplikasikan pada wajah yang telah dibersihkan, dan diamkan selama 15 menit.

5. Witch hazel

Witch hazel merupakan astringent yang berguna untuk mengecilkan pori-pori, sehingga mencegah terjadinya infeksi. Dengan mengecilnya pori-pori, material yang terperangkap dalam pori-pori dapat didorong dan dikeluarkan ke permukaan kulit.

Selain itu, witch hazel juga berfungsi sebagai pembersih komedo, untuk mengurangi peradangan maupun minyak berlebih. Penelitian menyatakan bahwa penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak witch hazel, terbukti menunjukkan hasil yang baik, mulai dari minggu ke-2, 4, dan 6 setelah penggunaannya.

Gunakan bahan alami pembersih komedo ini cukup sekali sehari. Sebab, witch hazel bisa menyebabkan kulit kering dan iritasi.

Selain bahan-bahan di atas, ada beberapa rekomendasi yang dapat anda coba lakukan untuk mencegah timbulnya komedo terbuka, yaitu:

  • Hindari mencuci muka terlalu sering
  • Hindari bahan pembersih, pencuci, dan kosmetik yang mengandung iritan, seperti pewangi dan pewarna
  • Gunakanlah produk perawatan kulit yang bersifat non-komedogenik
  • Mencuci muka dan riasan wajah sebelum tidur
  • Menghindari tempat-tempat dengan tingkat polusi udara yang tinggi, atau membersihkan kulit, setelah terpapar udara berpolusi tinggi
  • Tidak memencet, memijat, atau mencoba mengeluarkan komedo sendiri

Bila telah mencoba berbagai pembersih komedo di atas, tapi masih merasa terganggu dan tidak mengalami perbaikan pada kulit, lakukan konsultasi dengan dokter kulit terdekat, untuk mendapat penanganan profesional.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319437.php
Diakses pada 25 April 2019

Rodan K, Fields K, Falla TJ. Efficacy of a twice-daily, 3-step, over-the-counter skincare regimen for the treatment of acne vulgaris. Clinical, cosmetic and investigational dermatology. 2017;10:3-9.

Malhi HK, Tu J, Riley TV, Kumarasinghe SP, Hammer KA. Tea tree oil gel for mild to moderate acne; a 12 week uncontrolled, open-label phase II pilot study. Australas J Dermatol. 2017;58(3):205-10.

Artikel Terkait

Banner Telemed