Anda bisa menggunakan cuka apel untuk menghilangkan ketombe secara permanen.
Cuka apel menjadi salah satu bahan alami untuk menghilangkan ketombe secara permanen.

Ketombe ditandai dengan munculnya serpihan berwarna putih yang berasal dari kulit kepala dan disertai rasa gatal. Persoalan ketombe diderita oleh hampir 50% dari populasi di seluruh dunia. Mungkin Anda salah satunya, dan sedang mencari cara mengatasi ketombe yang ampuh.

Selain gatal, kebanyakan penderita ketombe merasa malu dan tidak percaya diri, sehingga kondisi ini dapat memengaruhi aktivitas kesehariannya.

[[artikel-terkait]]

Gunakan bahan alami sebagai cara mengatasi ketombe

Walaupun ketombe dapat muncul kembali secara berulang, bahan-bahan alami ini bisa Anda gunakan untuk mengatasi ketombe.

1. Tea tree oil

Tea tree oil dipercaya mengandung bahan antibakteri dan antiperadangan, untuk membantu mengurangi keluhan pada ketombe. Bahkan tea tree oil dianggap mampu melawan jamur penyebab ketombe, serta dermatitis seboroik secara efektif.

Penelitian di Australia menyebutkan, bahwa shampo dengan kandungan tea tree oil 5% mampu memperbaiki keluhan akibat ketombe sebesar 41%. Namun harus diperhatikan, penggunaan tea tree oil sebagai cara mengatasi ketombe, juga berisiko menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit yang sensitif.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa mampu melembapkan kulit kepala, sehingga menghambat pembentukan ketombe. Kandungan yang dimiliki minyak kelapa menunjukkan efek antijamur, tapi efek spesifiknya sebagai cara mengatasi ketombe, masih belum jelas.

3. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan bahan alami yang juga dipercaya memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Sifat tersebut tentu akan sangat membantu melindungi kulit kepala dari ketombe.

Keluhan akibat ketombe juga dapat dikurangi dengan adanya sifat antiperadangan pada lidah buaya.

4. Cuka apel

Cuka apel yang bersifat asam, dapat mempercepat regenerasi kulit mati pada kulit kepala. Fungsi lain dari cuka apel adalah menyeimbangkan pH kulit, sehingga perkembangan jamur penyebab ketombe dapat ditekan.

5. Aspirin

Kandungan asam salisilat dalam aspirin memiliki efek yang sangat baik terhadap peradangan. Oleh karenanya, asam salisilat sering kita temui sebagai salah satu bahan dalam shampo, yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi ketombe.

Untuk menggunakannya, cukup tambahkan 2 tablet aspirin yang dihaluskan pada shampo yang akan Anda gunakan.

6. Omega-3

Asam lemak omega-3 ternyata cukup vital bagi kesehatan kulit. Kekurangan omega-3 dapat menyebabkan terjadinya ketombe. Omega-3 berfungsi untuk mengurangi peradangan dan iritasi pada ketombe. Anda bisa memperoleh omega-3 dari ikan salmon dan makarel.

7. Probiotik

Konsumsi probiotik yang cukup, diharapkan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, untuk melawan infeksi jamur penyebab ketombe dengan baik. Saat ini banyak probiotik dalam bentuk kemasan dengan dosis sesuai kebutuhan Anda, yang bisa dimanfaatkan sebagai cara mengatasi ketombe.

8. Soda kue

Bahan yang dapat dengan mudah ditemukan pada dapur rumah Anda, ini dipercaya mampu mengangkat dan menghilangkan sel kulit mati, selain mengurangi sisik ketombe serta rasa gatal.

Penggunaannya akan efektif bila diaplikasikan langsung saat kondisi rambut basah dan memijat lembut kulit kepala selama satu-dua menit. Kemudian lanjutkan dengan tahapan keramas.

Hindari juga stres sebagai cara mengatasi ketombe

Stres memiliki dampak yang cukup besar pada kehidupan dan kesehatan. Meskipun tidak secara langsung menyebabkan ketombe, stres dapat memperparah keluhan yang dirasakan berupa rasa kering dan gatal pada ketombe.

Stres yang berlarut-larut, dapat menyebabkan penekanan sistem kekebalan tubuh, sehingga kekuatan tubuh untuk melawan infeksi yang mengakibatkan ketombe berkurang. Anda disarankan melakukan yoga, meditasi, dan menggunakan aromaterapi.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/ways-to-treat-dandruff#section10
Diakses pada 23 April 2019

Borda LJ, Wikramanayake TC. Seborrheic Dermatitis and Dandruff: A Comprehensive. Review. Journal of clinical and investigative dermatology. 2015;3(2).

Satchell AC, Saurajen A, Bell C, Barnetson RS. Treatment of dandruff with 5% tea tree oil shampoo. J Am Acad Dermatol. 2002;47(6):852-5.

Artikel Terkait

Banner Telemed