7 Bahan Alami Ini Ternyata Bisa Mengobati Penyakit Kulit Kurap

(0)
01 Jul 2019|Asni Harismi
Bawang putih termasuk bahan alami yang diduga bisa mengatasi kurap.Bawang putih termasuk bahan alami yang diduga bisa mengatasi kurap.
Anda mungkin sudah tidak asing dengan penyakit kulit kurap atau bahkan pernah mengalaminya. Obat untuk menyembuhkan kurap pun mudah didapat di apotek-apotek terdekat. Namun tahukah Anda bahwa kurap bisa diobati dengan berbagai bahan alami yang mudah didapat di sekitar Anda?Kurap adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur. Kulit yang terinfeksi menjadi kemerahan, bersisik, dan sangat gatal. Siapapun bisa terkena kurap karena penyakit kulit ini sangat mudah menular melalui kontak langsung dari satu orang ke orang lainnya.[[artikel-terkait]]Penyakit kurap pun bisa terjadi di bagian tubuh manapun, baik pada kulit, kulit kepala, hingga kuku. Jamur penyebabnya juga bisa tumbuh subur di kaki Anda yang lembap. Kondisi ini biasanya dikenal juga dengan istilah kutu air.Secara umum, kurap bisa disembuhkan dengan obat antijamur. Namun Anda juga dapat menggunakan obat kurap alami yang diyakini mampu untuk mengobati kurap.

6 Bahan alami untuk atasi penyakit kulit kurap 

Minyak tea tree dapat membantu mengatasi kurap
Terdapat sejumlah obat kurap alami yang dipercaya manjur untuk menyembuhkan kurap. Apa sajakah jenisnya?

1. Lidah buaya

Tanaman ini mengandung zat antiseptik. Kandungan inilah yang dikatakan bisa memberikan manfaat sebagai antijamur. Selain itu, efek dingin dari gel lidah buaya juga mampu meredakan rasa gatal akibat kurap. Anda bisa mengoleskannya sebanyak empat kali sehari pada bagian yang terkena kurap.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa disinyalir berguna dalam mengobati infeksi kulit, termasuk kurap. Mengoleskan minyak ini sebanyak tiga kali sehari ke bagian tubuh yang terkena penyakit kulit kurap dapat memberi efek maksimal.

3. Cuka apel

Cairan ini terbukti bisa membunuh jamur Candida serta meringankan gejala infeksi jamur lainnya, termasuk kurap. Aplikasikan cuka apel dengan memakai kapas ke bagian kulit yang mengalami kurap sebanyak tiga kali sehari.

4. Kunyit

Tanaman berdaging oranye ini memiliki zat antimikroba yang bisa membunuh kuman. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa memarut kunyit dan mencampurnya dengan minyak kelapa. Kemudian oleskan adonan tersebut pada bagian yang terkena kurap. Anda juga bisa menjadikan kunyit sebagai minuman (jamu).

5. Tea tree oil

Minyak esensial ini sering digunakan sebagai pereda gejala dari berbagai penyakit kulit. Campurkan tea tree oil dengan minyak kelapa, lalu Anda dapat mengoleskan minyak di kulit yang mengalami infeksi jamur minimal dua kali sehari.

6. Bawang putih

Bahan pangan ini terbukti efektif untuk mengatasi jamur, seperti Candida, Torulopsis, Tricophyton, dan Cryptococcus. Inilah yang membuatnya juga diyakini bisa mengatasi kurap.Cara menggunakannya juga sederhana. Anda cukup menghaluskan dan mencampurnya dengan minyak zaitun atau minyak kelapa. Kemudian oleskan adonan tersebut ke area kulit yang terkena kurap.Anda bisa mengoleskannya sebanyak dua kali sehari. Tapi hentikan pemakaian bila kulit Anda mengalami kemerahan, bengkak, dan terasa nyeri.

7. Minyak Sereh

Minyak sereh telah terbukti mengurangi beberapa aktivitas beberapa jenis jamur, termasuk untuk mengobati kurap. Dalam menggunakan minyak sereh untuk kurap, Anda dapat mencampurkannya dengan minyak carrier (minyak dasar atau minyak nabati). Lalu, oleskan pada kulit yang terinfeksi kurap dua kali sehari menggunakan bola kapas. Hindari kontak langsung minyak dengan mata karena dapat menyebabkan iritasi.Pastikan Anda membersihkan dan mengeringkan area kurap sebelum diolesi obat kurap alami tersebut. Menjaga kebersihan dan memastikan kulit tetap kering akan menghambat perkembangan jamur yang memicu penyebaran penyakit kurap di tubuh Anda.Meski begitu, ada satu hal yang perlu Anda ingat. Penggunaan bahan-bahan alami tersebut untuk mengatasi kurap masih dibutuhkan penelitian lebih luas agar hasilnya lebih akurat. Jika ragu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter lebih dulu.

Perlukah Anda ke dokter jika mengidap penyakit kulit kurap?

Konsultasilah ke dokter kulit jika kurap menyebar
Jika kurap Anda tidak sembuh dalam dua minggu setelah menjalani pengobatan di rumah atau dengan bahan alami, berkonsultasilah ke dokter kulit dengan segera. Anda juga bisa langsung menemui dokter apabila memiliki kurap dengan area infeksi yang lebar, gatal tidak tertahankan, atau sangat mengganggu kenyamanan Anda.Selain melakukan pemeriksaan fisik, dokter juga bisa mengambil sampel kulit yang diduga terinfeksi kurap. Sampel ini akan diperiksa di bawah mikroskop guna mengetahui jenis jamur penyebabnya.Setelah itu, dokter akan meresepkan obat oles, seperti salep, losion, atau bedak, yang mengandung clotrimazole atau miconazole. Jika kondisi kurap termasuk parah, dokter juga mungkin akan meresepkan obat antijamur yang harus Anda minum.Secara umum, penyakit kulit kurap akan membaik dalam kurun waktu dua sampai empat minggu. Selain untuk memberantas jamur, obat yang diberikan juga berfungsi menurunkan kemungkinan infeksi jamur kambuh.
penyakit kulitkurap
WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/what-you-should-know-about-ringworm#1
Diakses pada 16 Juni 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320911.php
Diakses pada 16 Juni 2019
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/diseases/contagious-skin-diseases/ringworm#treatment
Diakses pada 16 Juni 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait