8 Obat Kurap Alami Paling Ampuh yang Mudah Ditemukan di Rumah


Obat kurap alami mungkin bisa membantu meredakan gejala kurap yang timbul. Lidah buaya, cuka apel, hingga bawang putih adalah beberapa obat alami kurap ampuh yang bisa digunakan

0,0
01 Jul 2019|Asni Harismi
Bawang putih termasuk obat kurap alami yang diduga bisa mengobatinyaBawang putih termasuk bahan alami yang diduga bisa mengatasi kurap
Obat untuk menyembuhkan kurap (kadas) memang mudah didapat di apotek terdekat. Namun, tahukah Anda bahwa penyakit kurap bisa diobati menggunakan obat kurap alami yang mudah ditemukan di sekitar Anda? 
Kurap adalah salah satu jenis infeksi kulit. Penyebabnya adalah jamur yang dikenal dengan dermatofita. Kulit yang terinfeksi menjadi ruam merah, bersisik, dan terasa sangat gatal merupakan beberapa gejala kurap. Penyakit kurap atau kadas ini bisa terjadi pada bagian tubuh mana pun, baik pada kulit tubuh, kulit kepala, hingga kuku. Bahkan, jamur penyebab kadas juga dapat tumbuh subur di kaki yang lembap. Kondisi ini biasanya dikenal pula dengan istilah kutu air. Siapa saja dapat terkena kurap. Sebab, penyakit kulit ini sangat mudah menular melalui kontak langsung dari satu orang ke orang lainnya,

Pilihan obat kurap alami paling ampuh dan cara menggunakannya

Meski dapat disembuhkan dengan salep kurap antijamur, Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami sebagai cara mengobati kurap paling ampuh untuk mengatasinya. Kendati demikian, perlu diketahui bahwa obat alami kadas di bawah ini mungkin masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan keampuhannya dalam mengobati kurap. Jadi, alangkah baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna mengetahui cocok tidaknya menggunakan bahan-bahan alami di bawah ini sebagai obat kadas yang ampuh. Adapun obat kurap alami yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit kulit ini adalah sebagai berikut. 

1. Lidah buaya

Obat kurap alami adalah lidah buaya
Oleskan lidah buaya langsung dari tanamannya
Salah satu obat kurap alami paling ampuh yang dapat digunakan adalah lidah buaya. Ya, lidah buaya memang sudah lama digunakan sebagai salah satu bahan alami untuk untuk mengatasi penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur dan bakteri, tak terkecuali kurap. Tanaman dengan nama latin Aloe vera ini diyakini sebagai zat antiseptik. Bahkan, sebuah penelitian yang dimuat dalam Indian Journal of Dermatology mengungkapkan bahwa manfaat lidah buaya untuk kulit antara lain bertindak sebagai antijamur, antibakteri, dan antivirus. Cara kerja lidah buaya sebagai obat alami kadas adalah dengan cara menenangkan rasa gatal, peradangan, dan tidak nyaman sebagai akibat dari gejala kurap yang muncul. Anda bisa mengoleskan tanaman lidah buaya langsung dari tanamannya ke area kulit yang terinfeksi sebanyak 3-4 kali dalam sehari. 

2. Minyak kelapa

Obat kurap alami paling ampuh berikutnya adalah minyak kelapa. Beberapa hasil studi yang dimuat dalam Natural Medicine Journal mengungkapkan bahwa minyak kelapa merupakan pengobatan alami paling ampuh untuk mengobati infeksi kulit akibat jamur yang bersifat ringan hingga sedang. Minyak kelapa diyakini mengandung sejumlah asam lemak yang bertujuan untuk membunuh sel jamur dengan merusak membran selnya. Untuk menggunakannya, hangatkan minyak kelapa terlebih dahulu sampai teksturnya lebih cair. Kemudian, oleskan minyak kelapa pada permukaan kulit yang terinfeksi kurap sebanyak 3 kali sehari guna memberi efek maksimal. Anda pun bisa mengoleskan minyak kelapa pada kulit kepala jika terdapat kurap di kulit kepala

3. Cuka apel

Cuka apel adalah salah satu contoh obat kurap alami
Cuka apel memiliki zat antijamur
Cuka apel juga menjadi salah satu obat alami untuk mengobati kadas. Ini karena cuka apel memiliki zat antijamur yang dapat dijadikan sebagai obat alami kurap.Anda bisa mengoleskan cuka apel, tanpa melarutkannya dengan air, langsung ke permukaan kulit yang terinfeksi kurap menggunakan kapas.Lakukan langkah ini sebanyak 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.  

4. Kunyit

Obat kurap alami lainnya adalah kunyit. Kunyit dikenal sebagai salah satu jenis rempah yang memiliki sifat antiradang. Bahkan, sejumlah studi yang dipublikasikan dalam Biomed Research International menyebut kunyit memiliki zat antimikroba yang bisa membunuh kuman. Untuk mendapatkan manfaat kunyit tersebut, campurkan sedikit kunyit yang sudah dihaluskan dengan minyak kelapa. Kemudian, aduk merata sampai menjadi pasta masker. Lalu, oleskan pada area kulit yang terkena kurap. Diamkan selama beberapa menit atau sampai mengering. Bilas kulit dengan air sampai bersih. 

5. Tea tree oil

Obat kurap alami adalah tea tree oil
Larutkan tea tree oil dengan minyak kelapa
Tahukah Anda bahwa salah satu manfaat tea tree oil adalah menjadi obat kurap alami? Tea tree oil dipercaya sebagai zat antibakteri dan antijamur yang mampu mengobati berbagai penyakit kulit, termasuk kurap. Anda bisa menggunakan tea tree oil yang sudah dilarutkan dengan cara mencampurkan 12 tetes minyak esensial dan sedikit minyak pembawa (carrier oil), seperti minyak kelapa. Setelah diaduk sampai merata, oleskan tea tree oil yang sudah dilarutkan 3 kali sehari ke area kulit yang terkena. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, mungkin dapat menggunakan tea tree oil secara langsung ke permukaan kulit tanpa melarutkannya dengan minyak pembawa. 

6. Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu bahan alami untuk menghilangkan kurap yang dapat Anda temukan dengan mudah di rumah. Memang, belum ada hasil studi yang membahas mengenai keampuhan bawang putih sebagai cara mengobati kurap.Akan tetapi, beberapa hasil studi membuktikan keefektifannya dalam membasmi berbagai infeksi jamur, seperti jamur Candida, Torulopsis, Trichophyton, dan Cryptococcus.Cara menggunakan bawang putih sebagai obat kurap alami adalah dengan menghaluskan beberapa siungnya. Kemudian, campurkan dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. Oleskan campuran tersebut pada area kulit yang terkena kurap, lalu tutup menggunakan kain kasa. Diamkan selama 2 jam, lalu bilas sampai bersih menggunakan air. Lakukan langkah ini 2 kali sehari sampai gejalanya mereda. Jika obat alami untuk kadas di atas menimbulkan rasa perih, kemerahan, atau pembengkakan saat pemakaian, segera bilas kulit sampai bersih dan hentikan penggunaannya. 

7. Minyak sereh

Minyak sereh juga terbukti sebagai obat kurap alami paling ampuh. Minyak sereh diyakini dapat menghambat aktivitas beberapa jenis jamur, termasuk jamur penyebab kurap. Cara menggunakan minyak sereh untuk menghilangkan kurap secara alami adalah dengan mencampurnya beberapa tetes dengan minyak carrierLalu, oleskan pada kulit yang terinfeksi kurap menggunakan kapas sebanyak 2 kali sehari. 

8. Minyak oregano

Minyak esensial oregano juga disebut-sebut dapat dijadikan sebagai obat kadas alami. Anda bisa menggunakan obat alami kurap ini dengan mencampurkannya dengan minyak pembawa terlebih dahulu. Oleskan pada area kulit yang terinfeksi kurap sebanyak 3 kali dalam sehari. Meski demikian, beberapa hasil riset yang dimuat dalam National Library of Medicine baru membuktikan minyak oregano mampu menghambat pertumbuhan jenis jamur Candida albicansMaka, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut penggunaan minyak oregano sebagai obat alami untuk kurap. Baca Juga: Kenali Lebih Jauh Penyebab Kurap dan Cara MencegahnyaSebelum menggunakan berbagai obat kurap alami paling ampuh di atas, pastikan Anda sudah membersihkan dan mengeringkan area kulit yang terdapat kurap. Menjaga kebersihan dan memastikan kulit tetap kering mampu menghambat perkembangan jamur penyebab kurap dalam tubuh Anda.

Kapan harus memeriksakan diri ke dokter?

Anda perlu memeriksakan diri ke dokter kulit apabila obat kurap alami tidak cukup ampuh untuk meredakan gejala penyakit kulit yang dialami dalam kurun waktu dua minggu.Anda disarankan segera menemui dokter apabila mengalami kurap dengan area infeksi yang lebar, timbul rasa gatal yang tidak tertahankan, bahkan sampai sangat mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas.  Selain melakukan pemeriksaan fisik, dokter mungkin akan mengambil sampel kulit yang diduga terinfeksi kurap. Sampel kulit tersebut akan diperiksa di bawah mikroskop guna mengetahui jenis jamur penyebabnya.
Obat kurap alami harus dikonsultasikan ke dokter
Dokter mungkin akan mengambil sampel kulit yang terdapat kurap
Meski Anda bisa membeli obat kurap oles di apotek, dokter biasanya akan meresepkan obat kurap paling ampuh, seperti salep, losion, atau bedak, yang mengandung clotrimazole atau miconazoleJika kondisi kurap tergolong parah, dokter mungkin akan meresepkan obat antijamur oral sebagai cara mengobati kurap paling ampuh yang harus Anda minum.Secara umum, penyakit kulit kurap akan membaik dalam kurun waktu dua sampai empat minggu. Tak hanya untuk membasmi pertumbuhan jamur penyebab kurap, obat kurap paling ampuh yang diresepkan dokter juga bertujuan untuk menurunkan kemungkinan infeksi jamur kambuh.Apabila Anda masih punya pertanyaan seputar obat kurap alami, konsultasikan dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, download sekarang melalui App Store dan Google Play.
penyakit kulitkurapinfeksi jamur
WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/what-you-should-know-about-ringworm#1
Diakses pada 16 Juni 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320911.php
Diakses pada 16 Juni 2019
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/diseases/contagious-skin-diseases/ringworm#treatment
Diakses pada 16 Juni 2019
Indian Journal of Dermatology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2763764/
Diakses pada 24 Desember 2020
Natural Medicine Journal. https://www.naturalmedicinejournal.com/journal/2014-05/treatment-dermal-infections-topical-coconut-oil
Diakses pada 24 Desember 2020
Biomed Research International. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4022204/
Diakses pada 24 Desember 2020
Innovative Food Science & Emerging Technologies. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S1466856407000045
Diakses pada 24 Desember 2020
National Library of Medicine. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/11855736/
Diakses pada 24 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-ringworm#when-to-see-your-doctor
Diakses pada 24 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait