Mengenal Scaling Gigi, Pembersihan Karang pada Gigi yang Membandel


Pembersihan karang gigi yang paling efektif adalah dengan metode scaling gigi. Cara membersihkan karang gigi paling efektif adalah harus dilakukan pada dokter gigi. Adapun cara alami membersihkan karang pada gigi seperti dengan baking soda masih membutuhkan penelitian lebih lanjut,

0,0
24 Jul 2019|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara membersihkan karang gigi paling efektif adalah dengan scaling gigiScaling menggunakan alat ultrasonic scaler merupakan metode pembersihan karang gigi paling efektif
Sudah rajin sikat gigi, tapi mulut masih bau? Coba cek bagian belakang gigi serta sela-selanya. Jika karang gigi terlihat menumpuk, maka bisa jadi itulah biang keroknya. Inilah yang akan terjadi jika Anda tidak rutin melakukan pembersihan karang gigi atau scaling gigi.Karang gigi adalah tumpukan plak dan mineral di dalam rongga mulut yang keras dan berwarna putih kekuningan hingga hijau kehitaman. Karena konsistensinya yang keras, karang gigi tidak bisa dihilangkan dengan sikat gigi. Sehingga, cara menghilangkan karang gigi yang paling efektif adalah dengan scaling gigi. Karang gigi yang dibiarkan menumpuk akan menimbulkan berbagai gangguan di rongga mulut seperti bau mulut, infeksi gusi, hingga membuat gigi menjadi goyang. Pada beberapa orang, karang gigi lebih mudah terbentuk sehingga perlu lebih sering dibersihkan.

Bagaimana karang gigi bisa terbentuk dan apa dampaknya untuk kesehatan?

Karang gigi dapat menyebabkan nyeri pada gusi
Jika karang gigi tidak dibersihkan, maka akan menyebabkan radang gusi
Karang gigi bisa terbentuk akibat penumpukan plak gigi. Plak gigi adalah suatu lapisan yang terbentuk di gigi setelah Anda makan atau minum. Plak gigi mengandung bakteri yang apabila tidak rutin dibersihkan akan mengakibatkan gigi berlubang dan radang gusi.Plak gigi yang menumpuk, lama-kelamaan akan mengeras menjadi karang gigi. Karang gigi tidak bisa dibersihkan dengan sikat gigi. Jika dibiarkan menumpuk, karang gigi berisiko menimbulkan kondisi di bawah ini.
  • Bau mulut
  • Gusi bengkak
  • Gusi mudah berdarah
  • Gusi terasa nyeri
  • Gusi menjadi longgar sehingga akar gigi terbuka dan terasa nyeri
  • Tulang penyangga gigi turun
  • Gigi goyang
  • Gigi copot dengan sendirinya
Baca juga: Penyebab Karang Gigi dan Bahayanya Jika Didiamkan

Bagaimana cara membersihkan karang gigi dengan scaling?

Scaling gigi dapat membantu membersihkan karang gigi
Scaling gigi adalah prosedur pembersihan karang gigi paling efektif
Scaling gigi adalah cara membersihkan karang gigi yang paling efektif. Prosedur pembersihan karang gigi ini dilakukan menggunakan alat yang dinamakan ultrasonic scaler.Sesuai namanya, alat tersebut menggunakan getaran ultrasonic untuk merontokkan karang gigi yang menempel di gigi dan gusi. Selama melakukan cara membersihkan karang gigi dilakukan, Anda mungkin akan merasa sedikit ngilu. Namun umumnya, pasien dapat melewatinya dengan baik.Berapa lama pembersihan karang gigi dilakukan? Waktu untuk scaling gigi bisa berbeda-beda pada setiap pasien, bergantung pada kondisi kesehatan mulutnya. Dokter gigi akan membersihkan seluruh permukaan gigi beserta sela-sela antara gigi dan gusi.Dokter gigi juga akan membersihkan noda-noda cokelat atau kehitaman yang timbul akibat kebiasaan merokok atau mengonsumsi minuman, seperti teh dan kopi.Setelah rongga mulut dinyatakan bersih dari karang gigi, dokter kemudian akan menyikat gigi menggunakan sikat khusus agar mulut terasa lebih segar.Anda mungkin akan merasakan sedikit ngilu beberapa hari setelah scaling gigi dilakukan. Sebab, permukaan gigi yang sebelumnya tertutup karang gigi menjadi terbuka, sehingga lebih peka terhadap rangsangan nyeri seperti minuman dingin atau angin. Namun, rasa nyeri akibat cara membersihkan karang gigi tersebut akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari.

Seberapa sering scaling gigi harus dilakukan?

Idealnya, scaling gigi seperti di atas dilakukan setidaknya setiap enam bulan sekali. Namun, apabila sebelum enam bulan, karang gigi sudah terbentuk, Anda tetap disarankan agar datang ke dokter gigi untuk membersihkannya.Beberapa kondisi juga membuat karang gigi di rongga mulut lebih mudah terbentuk. Sehingga, Anda perlu lebih sering melakukan pembersihan karang gigi. Kondisi-kondisi tersebut di antaranya:
  • Penyakit gusi
  • Mulut kering akibat konsumsi obat dan proses penuaan
  • Sulit bergerak sehingga tidak bisa menyikat gigi secara teratur
  • Tingginya tingkat keasaman (pH) rongga mulut, sehingga rongga mulut bersifat basa.

Berapa biaya pembersihan karang gigi?

Prosedur pembersihan karang gigi disebut sebagai scaling. Scaling gigi, hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi dan tidak bisa dilakukan sendiri di rumah, terlepas dari banyak produk yang mengklaim sebaliknya.Tiap dokter gigi dan fasilitas kesehatan biasanya memiliki patokan sendiri untuk menentukan biaya membersihkan karang gigi. Sebab, ada beberapa faktor yang memengaruhi tinggi atau rendahnya biaya prosedur ini, seperti:Rentang biaya scaling gigi, umumnya dimulai dari Rp 200.000-300.000, untuk kasus yang paling ringan. Namun, ada beberapa klinik atau fasilitas kesehatan yang menawarkan perawatan dengan harga lebih murah, atau malah lebih tinggi.Umumnya, lokasi fasilitas kesehatan serta peralatan yang digunakan juga akan berpengaruh pada tinggi rendahnya biaya membersihkan karang gigi.Untuk kasus yang sedang, biaya scaling gigi umumnya berada di angka sekitar Rp 400.000-600.000 rupiah. Lagi-lagi, biaya ini bisa saja lebih rendah atau lebih tinggi pada beberapa fasilitas kesehatan tertentu.Sementara itu untuk kasus yang berat, biaya prosedur ini tentu akan lebih mahal jika dibandingkan dengan kasus yang ringan dan sedang.Dibandingkan dengan klinik swasta atau fasilitas kesehatan lainnya, Puskemas umumnya memiliki rentang biaya membersihkan karang gigi yang lebih murah.Saat ini, sudah banyak fasilitas kesehatan yang menawarkan harga promosi, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu banyak untuk menjalani prosedur scaling gigi.

Adakah cara alami untuk membersihkan karang gigi?

Cara paling efektif untuk membersihkan karang pada gigi adalah dengan scaling. Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga gigi tetap bersih dan mengatasi karang gigi dengan bahan alami, seperti:
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C
  • Berkumur dengan obat kumur (mouthwash)
  • Berkumur dengan minyak kelapa
  • Menyikat gigi dengan baking soda
  • Sikat gigi minimal dua kali sehari
  • Menggunakan benang gigi untuk membersihkan plak penyebab karang gigi
Namun, perlu diingat bahwa sebenarnya tidak ada cara alami menghilangkan karang gigi yang benar-benar efektif. Sebab, karang gigi konsistensinya keras sehingga tidak bisa dibersihkan menggunakan sikat gigi. Karang gigi juga seringkali muncul di lokasi-lokasi yang sulit dijangkau sikat gigi, seperti di sela-sela gigi atau bahkan di bawah permukaan gusi.Meski saat ini banyak produk yang ditawarkan sebagai cara alami menghilangkan karang gigi, namun belum ada penelitian yang bisa mendukung khasiat bahan dari produk tersebut.

Cara mencegah terbentuknya karang gigi

Sikat gigi secara teratur dapat mencegah karang gigi
Cara menggosok gigi yang benar bisa mencegah karang gigi terbentuk
Untuk mencegah terbentuknya karang gigi, beberapa cara berikut ini bisa Anda lakukan.

1. Sikat gigi secara teratur

Sikatlah gigi minimal 2 kali sehari, sesudah sarapan dan sebelum tidur. Perhatikan juga cara menyikat gigi yang benar. Rutin menyikat gigi namun dengan cara yang salah, tetap akan menimbulkan berbagai gangguan di rongga mulut.Cara sikat gigi yang benar adalah dari arah gusi ke gigi. Jangan sikat gigi dengan arah menyamping. Gunakan sikat gigi berbulu lembut, agar sikat tidak melukai jaringan lunak rongga mulut seperti gusi.

2. Pilih pasta gigi yang mengandung fluoride

Fluoride akan membantu mencegah terjadinya kerusakan pada enamel (lapisan terluar gigi). Sehingga, bisa mencegah gigi berlubang yang menjadi faktor risiko terbentuknya karang gigi.Selain itu, pasta gigi yang mengandung triclosan juga akan membantu melawan bakteri pembentuk plak gigi.

3. Bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi

Sikat gigi tidak bisa menjangkau sela-sela gigi yang sempit. Sehingga, alat yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan area tersebut adalah benang gigi.Menggunakan benang gigi akan membantu menyingkirkan plak atau sisa makanan yang ada di sela-sela gigi, sehingga mencegah terbentuknya karang gigi di area tersebut.

4. Konsumsi makanan bergizi dan hindari merokok

Makanan manis merupakan makanan kesukaan bakteri pembentuk plak yang menjadi cikal bakal karang gigi. Sehingga, Anda perlu mengurangi konsumsi makanan yang manis dan lengket, agar bakteri tersebut tidak terbentuk.Karang gigi juga akan lebih mudah terbentuk pada rongga mulut perokok. Bahkan, karang gigi pada perokok juga akan disertai dengan noda-noda berwarna cokelat kehitaman di gigi yang tentu akan mengganggu estetika.Baca juga: Penyebab Karang Gigi Lepas Sendiri dan Cara Ampuh Menghilangkannya

Pesan dari SehatQ

Melakukan scaling gigi secara teratur akan memberikan dampak positif secara jangka panjang dan membuat gigi dan gusi menjadi lebih sehat. Jika tidak ingin malu saat tersenyum, sudah saatnya mulai lebih memperhatikan kondisi rongga mulut Anda.Anda bisa membersihkan karang gigi di dokter gigi. Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter, chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
kesehatan gigiradang gusigigi berlubanggusi berdarah
Healthline. https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/teeth-scaling
Diakses pada 23 Juli 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/tartar-removal
Diakses pada 23 Juli 2019
WebMD. https://www.webmd.com/oral-health/guide/tartar-dental-calculus-overview#1
Diakses pada 23 Juli 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait