Pentingnya Merawat Kulit Wajah Sesuai Jenis Kulit, Bagaimana Caranya?

Punya jenis kulit wajah yang berbeda, maka berbeda juga cara merawatnya
Beda jenis kulit wajah, beda juga cara merawatnya

Pentingnya merawat kulit wajah dapat membantu Anda dalam memilih metode perawatan kulit sehari-hari yang tepat. Namun, beberapa dari Anda mungkin sulit dalam mengetahui dengan pasti apa jenis kulit Anda.

Pada dasarnya, kesehatan kulit wajah bergantung pada beberapa faktor. Di antaranya kandungan air pada kulit yang akan memengaruhi elastisitas kulit, kandungan minyak yang memengaruhi kelembutan dan nutrisi kulit, serta tingkat sensitivitas kulit terhadap zat tertentu.

Maka dari itu, simak informasi mengenai jenis kulit wajah dan cara perawatannya sehari-hari yang tepat berikut ini.

Mengenali jenis kulit wajah dan cara perawatannya yang tepat

Beda jenis kulit wajah maka berbeda pula metode perawatan kulit yang dilakukan. Berikut adalah cara merawat wajah sesuai lima jenis kulit wajah yang dianjurkan.

1. Kulit wajah normal

Beruntung bagi Anda yang memiliki jenis kulit wajah normal. Pasalnya, jenis kulit wajah ini cenderung memiliki jumlah kandungan air dan minyak yang seimbang. Akibatnya, kulit Anda menjadi tidak terlalu kering, tetapi juga tidak terlalu berminyak.

Jenis kulit wajah ini umumnya jarang memiliki masalah kulit atau bisa dibilang mempunyai kulit yang sehat, tidak terlalu sensitif, pori-pori wajah hampir tidak terlihat, dan kulit tampak cerah.

Kulit wajah normal sebenarnya tidak terlalu banyak membutuhkan perawatan kulit. Akan tetapi, penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan kulitnya. 

Selain menggunakan sabun pembersih dan pelembap, pemilik kulit wajah normal perlu menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF 30 guna mencegah keriput dan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

2. Kulit wajah berminyak

Jenis kulit wajah berminyak umumnya disebabkan oleh produksi sebum dari kelenjar minyak yang berlebih. Anda mungkin akan mengenali kulit Anda berminyak melalui produksi kelenjar minyak berlebih pada area T-zone (dahi, hidung, dan dahi).

Beberapa faktor dapat memengaruhi tingginya produksi sebum pada kulit wajah seseorang, seperti stres, faktor kelembapan, dan perubahan hormon.

Jenis kulit wajah ini juga cenderung memiliki pori-pori wajah yang besar, kulit terlihat berkilau tetapi tampak kusam, dan memiliki komedo, noda hitam, hingga jerawat.

Perawatan tipe kulit wajah berminyak sehari-hari, meliputi:

  • Rutin membersihkan wajah dua kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari. Jangan menggosok wajah selama membersihkannya.
  • Membersihkan kulit wajah menggunakan sabun pembersih dengan kandungan yang ringan. Jika produk pembersih umum tidak dapat mengurangi minyak di wajah, Anda bisa memilih produk pembersih dengan kandungan benzoil peroksida, asam salisilat, asam glikolat, atau asam beta hidroksi.
  • Gunakan pelembap dengan kandungan bebas minyak.
  • Gunakan sunscreen atau tabir surya dengan kandungan bebas minyak. Mengoleskan sunscreen dengan tekstur gel atau berbahan dasar air dapat mengurangi kadar minyak di wajah Anda.
  • Pilih produk perawatan wajah dan kosmetik yang berlabel noncomedogenic. Ini berarti produk tersebut tidak akan menyumbat pori-pori wajah yang menyebabkan jerawat.
  • Jika Anda memiliki jerawat, hindari menyentuh dan memencetnya.

Pentingnya merawat kulit wajah berminyak dengan langkah-langkah di atas dapat mencegah Anda dari masalah kulit kusam, komedo, noda hitam, hingga berjerawat. 

3. Kulit wajah kering

Jenis kulit wajah kering hanya memiliki sedikit kelembapan di lapisan kulit terluar. Pada tipe kulit wajah kering, pori-pori dan garis-garis kulit wajah akan terlihat dengan jelas. Selain itu, kulit kering cenderung kasar, bersisik, kemerahan, dan terasa gatal.

Adapun beberapa faktor yang dapat menyebabkan kulit semakin kering, yaitu faktor genetik, penuaan, perubahan hormon, cuaca (terlalu dingin atau terlalu panas), aktivitas di luar ruangan, mandi dengan air hangat, penggunaan sabun dengan kandungan keras, hingga obat-obatan.

Maka dari itu, penting untuk merawat kulit wajah kering sehari-hari dengan langkah sebagai berikut:

  • Membersihkan kulit wajah menggunakan sabun pembersih wajah dengan kandungan yang lembut.
  • Hindari mencuci muka dengan air hangat terlalu lama.
  • Oleskan pelembap secara rutin untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Ulang langkah ini beberapa kali dalam sehari.

4. Kulit wajah kombinasi

Jenis kulit wajah ini merupakan kombinasi antara tipe kulit wajah kering atau normal di beberapa daerah, termasuk pipi. Sementara, area wajah lainnya akan berminyak, terutama di T-zone.

Kulit wajah kombinasi memiliki pori-pori yang besar, komedo, serta tampak berkilau di bagian wajah berminyak. Jenis kulit wajah ini dapat dihasilkan dari faktor genetik, pubertas, atau saat kelenjar minyak memproduksi lebih banyak sebum.

Salah satu pentingnya merawat kulit wajah kombinasi adalah menggunakan sabun pembersih dan pelembap dengan kandungan ringan untuk area wajah yang kering.

Kemudian, produk perawatan antijerawat dengan kandungan benzoil peroksida mungkin dibutuhkan untuk area T wajah.

5. Kulit wajah sensitif

Tipe kulit wajah sensitif memiliki ciri-ciri kemerahan, gatal, kering, dan sensasi seperti terbakar. Jika Anda memiliki jenis kulit wajah ini, cari tahu apa yang menyebabkan kulit menjadi sensitif.

Ada beberapa penyebab yang membuat kulit wajah Anda menjadi sensitif, termasuk kesalahan dalam menggunakan produk perawatan kulit tertentu.

Merawat wajah yang tepat untuk kulit wajah sensitif, di antaranya:

  • Hindari menggunakan sabun pembersih yang mengandung wewangian dan alkohol.
  • Gunakan pelembap secara rutin untuk menjaga kelembapan kulit agar tidak kering.
  • Pastikan menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30.

Pentingnya merawat kulit wajah sensitif dapat mencegah Anda dari kulit yang memerah, gatal, dan kering. 

Catatan dari SehatQ

Tidak semua orang memiliki jenis kulit wajah yang sama, tetapi yang penting adalah bagaimana merawat kulit wajah Anda sehingga penggunaan produk perawatan kulit akan lebih tepat. Selain itu, pentingnya merawat kulit wajah juga perlu didukung dengan minum air mineral yang cukup agar kulit tetap terhidrasi dengan baik. 

Namun, jika Anda masih merasa tidak yakin dengan jenis kulit wajah Anda dan cenderung bermasalah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis kulit. Dengan demikian, dokter akan merekomendasikan perawatan yang tepat sesuai jenis kulit wajah Anda.

Web Md. https://www.webmd.com/beauty/whats-your-skin-type#1-2
Diakses pada 26 November 2019

Web Md. https://www.webmd.com/beauty/sensitive-skin-20-questions#2-6
Diakses pada 26 November 2019

Web Md. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/features/oily-skin#1
Diakses pada 26 November 2019

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/skin-and-beauty/whats-my-skin-type.aspx
Diakses pada 26 November 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-skin/symptoms-causes/syc-20353885
Diakses pada 26 November 2019

Artikel Terkait