Bagaimana menghentikan Kebiasaan Anak Main Gadget?

Membatasi anak agar tidak bermain gadget secara berlebihan itu penting
Batasi anak agar ia tidak main gadget secara berlebihan

Zaman sekarang bukanlah hal yang aneh melihat anak main gadget. Faktanya, gadget seperti smartphone, sudah menjadi salah satu bagian dari kehidupan orang dewasa maupun anak-anak.

Gadget dapat menjadi salah satu sarana edukasi anak, tetapi bila digunakan secara berlebih dengan tujuan yang salah, maka teknologi bisa berdampak negatif untuk anak.

Anak main gadget sebenarnya tidak masalah, tetapi bila bermain gadget membuatnya tidak mempedulikan hal lainnya, maka Anda perlu mengurangi waktu anak bermain gadget.

Menurut WHO, bayi dan anak dibawah usia 2 tahun sama sekali tidak boleh melakukan screen time, screen time adalah kegiatan menonton gadget maupun TV. Untuk anak berusia 2-4 tahun hanya boleh screen time selama 1 jam sehari.

Cara mengurangi waktu anak main gadget

Jika Anda merasa Si Kecil sudah ketagihan bermain HP dan Anda bingung cara mengurangi waktu penggunaanya, coba Berikut adalah beberapa tips berikut.

  • Jadi teladan

Jika orangtua ingin anak berhenti bermain gadget, maka orangtua perlu memperlihatkan contoh yang baik. Anda juga tidak boleh terus-menerus terlihat memegang dan mengatur waktu luang bersama keluarga.

Anak akan menyadari bahwa ada kalanya waktu untuk bermain dan ada pula waktu untuk melakukan aktivitas lainnya. Secara perlahan, Si Kecil akan memahami kapan waktu yang tepat untuk bermain.

  • Edukasi teknologi

Orangtua sangat perlu untuk mengajarkan anak mengenai kelebihan dan kekurangan, serta memberitahukan dampak negatif dari bermain gadget secara berlebih.

Namun, sebelum Anda mengajarkan anak tentang teknologi, orangtua juga perlu memahami secara benar mengenai teknologi dan dampaknya terhadap kehidupan.

  • Jangan berikan gadget personal

Bila anak ingin bermain HP jangan berikan benda tersebut sebagai kepunyaan dari anak. Hal ini untuk memudahkan orangtua mengatur waktu bermain dan membatasi situs yang dapat diakses oleh anak dengan parental control.

  • Membuat kata sandi

Akan lebih baik jika gadget yang akan diberikan ke anak diperlengkapi dengan kata sandi atau password untuk mencegah anak dapat mengakses gadget dengan mudah dan mengurangi kemungkinan anak menggunakannya untuk bermain.

  • Buat jadwal yang tetap

Buat jadwal kapan anak bisa bermain gadget. Ini akan membuatn anak menyadari bahwa ada waktu tertentu di mana ia boleh menggunakan ponsel Anda untuk bermain.

  • Beritahukan waktu yang tersisa

Beritahukan kepada anak bahwa waktu bermain akan habis sekitar 10 menit sebelum waktu bermain gadget yang dimiliki habis. Memperingatkan sebelum waktunya habis dapat mencegah kemarahan anak saat waktu bermainnya selesai.

  • Buat aktivitas lainnya

Terkadang, anak main gadget karena merasa bosan dan stres dengan jadwal sehari-harinya, karenanya orangtua dapat mengurangi waktu anak main gadget dengan beraktivitas bersama dengannya, seperti bermain ular tangga, berolahraga bersama, dan sebagainya.

Jika tidak memungkinkan, Anda dapat mendorong anak untuk beraktivitas atau bersosialisasi dengan saudara atau teman sebayanya.

  • Hindari gadget masuk ke kamar tidur

Larang anak untuk membawa ponsel Anda ke kamar tidur untuk menghindari Si Kecil begadang karena keasyikan bermain.

  • Jangan biarkan anak main gadget sendirian

Saat anak ingin bermain gadget, sebaiknya alihkan dengan beraktivitas bersama anak di ruangan yang sama untuk bisa memantau apa yang dilakukan Si Kecil dan mencegahnya membawa gadget di kamar tidur.

  • Tetapkan daerah tertentu yang bebas gadget

Orangtua perlu menetapkan daerah-daerah tertentu di rumah yang “bebas gadget” untuk keluarga. Misalnya, anak dan orangtua tidak boleh main gadget di ruang makan dan kamar tidur.

  • Ambil gadget

Langkah terakhir jika anak tidak mendengarkan Anda adalah mengambil ponsel tersebut. Orangtua perlu menekankan bahwa dirinya yang memiliki kendali atas gadget tersebut. Namun, jangan membentak atau memarahi anak, tetapi beritahukan bahwa waktunya sudah habis dan Si Kecil harus mengikuti peraturan yang ditetapkan.

Catatan dari SehatQ

Tips-tips di atas tidak mudah untuk dilakukan dan orangtua bisa saja menghadapi kemarahan dan rengekan pemberontakan dari buah hati. Namun, pada akhirnya Anda perlu untuk membatasi waktu anak main gadget agar anak tidak selalu terpaku dan terikat dengan gadget.

Apabila orangtua mengalami kesulitan dalam mengatur anak atau kewalahan menyuruh anak berhenti bermain gadget, tidak ada salahnya untuk berdiskusi dengan psikiater atau psikolog anak.

LiveScience. https://www.livescience.com/39202-curb-kids-mobile-tech-addiction.html
Diakses pada 26 Desember 2019

Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/tips-for-limiting-electronics-and-screen-time-for-kids-1094870
Diakses pada 26 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed