11 Cara Mengatasi Kulit Tangan Kering Sesuai Penyebabnya


Kulit tangan kering bisa terjadi pada siapa saja, baik itu laki-laki maupun perempuan. Kondisi ini dapat mengganggu penampilan karena teksturnya yang kasar.

(0)
02 Jan 2020|Anita Djie
Pelembap untuk kulit tangan kering sangat penting digunakanGunakan pelembap untuk mengatasi kulit tangan kering
Kulit kering bisa terjadi pada area tubuh mana saja, termasuk kulit tangan. Kulit tangan kering adalah kondisi kulit yang umum terjadi dan tidak membahayakan. Namun, tangan kering tentu bisa membuat risih dan merusak penampilan.Nah, kini Anda tidak perlu pusing jika mengalami telapak tangan kering. Pasalnya, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit tangan kering dengan mudah tanpa perawatan dari dokter.

Cara mengatasi kulit tangan kering

Kulit tangan kering dapat disebabkan karena kurangnya kelembaban pada kulit serta bisa diakibatkan oleh cuaca yang kering, obat-obatan tertentu, kondisi medis tertentu, atau mencuci tangan terlalu sering.Apa pun penyebabnya, berikut adalah beberapa cara mengatasi kulit tangan kering yang bisa Anda lakukan di rumah guna menjaga kelembapan kulit. 

1. Oleskan lidah buaya

Kulit tangan kering bisa diatasi dengan mengoleskan lidah buaya
Lidah buaya merupakan pelembap kulit alami
Salah satu cara mengatasi kulit tangan kering adalah dengan mengoleskan lidah buaya. Ya, manfaat lidah buaya tidak hanya dapat dikonsumsi, melainkan juga bisa menjadi pelembap kulit alami.Lidah buaya merupakan bahan alami yang baik dan aman untuk kulit serta mengandung antibiotik dan antiradang alami.

2. Gunakan pelembap

Bila tidak ada lidah buaya, Anda dapat mengoleskan pelembap setelah cuci tangan sebagai cara mengatasi kulit tangan kering. Anda bisa membeli produk dengan kandungan minyak kelapa, gliserin, minyak jojoba, cocoa butter, atau aloe vera. Jika kulit tangan sangat kering, Anda bisa mengoleskan pelembap setiap hari guna menjaga kelembapan kulit. Krim pelembap dapat membantu mengembalikan kelembapan kulit yang hilang.

3. Gunakan sabun cuci tangan nonalkohol dan mengandung pelembap

Mencuci tangan dengan sabun secara berlebih dapat menjadi penyebab kulit tangan kering. Hal ini karena senyawa dalam sabun mampu membuat kulit lebih kering.Maka dari itu, penting untuk menggunakan sabun cuci tangan nonalkohol dan mengandung pelembap saat cuci tangan agar telapak tangan kering dapat dihindari. 

4. Lindungi kulit tangan dari sinar matahari

Sinar matahari dapat membuat tangan kering. Oleh karena itu, Anda bisa mencegah kulit semakin kering dengan menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Selalu gunakan tabir surya atau sunscreen guna melindungi kulit saat beraktivitas di bawah terik matahari.

5. Pakai sarung tangan

Jika Anda sering mencuci piring atau pakaian, tak ada salahnya untuk menggunakan sarung tangan guna menghindari paparan senyawa kimia yang berasal dari sabun cuci.

6. Rendam oatmeal

Cara alami mengatasi kulit kering pada tangan dan kaki adalah dengan merendamnya ke dalam campuran air, oatmeal, dan minyak zaitun. Berendam dalam air yang ditambahkan oatmeal mentah atau sudah dimasak mampu meremajakan kulit dan meredakan gejala kulit tangan kering.

7. Kelupas kulit mati

Mengelupas kulit mati tidak hanya untuk menghilangkan kulit pecah-pecah, melainkan juga sebagai cara mengatasi kulit kering pada tangan. Anda dapat menggunakan batu apung atau campuran minyak zaitun dengan 1-2 sendok makan gula pasir guna mengangkat kulit mati.

8. Hindari penggunaan air dryer panas

Apakah Anda sering menggunakan air dryer untuk mengeringkan tangan sehabis mencuci tangan? Kebiasaan ini ternyata menjadi penyebab kulit tangan kering. Alih-alih menggunakan air dryer panas, Anda bisa mengakalinya dengan memakai handuk bersih untuk mengeringkan tangan.

9. Gunakan humidifier

Humidifier bisa digunakan sebagai cara mengatasi kulit tangan kering
Penggunaan humidifier bisa melindungi kulit yang kering
Cara mengatasi kulit kering pada tangan berikutnya adalah melalui penggunaan humidifier Manfaat humidifier adalah untuk menjaga kelembapan ruangan sehingga mampu melindungi kulit semakin mengering. Terutama bagi orang yang bertempat tinggal di kawasan yang kering atau dingin.

10. Pakai krim hidrokortison

Para penderita dermatitis cenderung rentan mengalami kulit tangan kering. Kondisi ini bisa diatasi dengan mengoleskan krim hidrokortison yang dapat membantu melembapkan dan mengurangi iritasi. Akan tetapi, ingat agar penggunaannya tidak boleh terus-menerus. Gunakan krim hidrokortison hanya saat gejala dermatitis menyerang. 

11. Kurangi stres

Pada orang dengan kondisi medis tertentu, seperti eksim, stres mampu memicu timbulnya gejala penyakit kulit yang diderita. Bagi penderita kondisi kulit tertentu, Anda perlu mengendalikan stres dengan baik untuk mencegah kambuhnya penyakit yang dialami.

Penyebab kulit tangan kering bisa terjadi

Adapun beberapa penyebab kulit tangan kering bisa terjadi adalah sebagai berikut. 

1. Perubahan cuaca

Salah satu penyebab kulit tangan kering adalah perubahan cuaca, terutama saat hawa dingin melanda. Minimnya kelembapan udara saat cuaca dingin bisa membuat kulit mengering.Sebuah studi yang dimuat dalam International Journal of Dermatology membuktikan bahwa saat kulit terpapar dengan cuaca dingin maka kulit terasa kering tak bisa terhindarkan.

2. Lingkungan tempat bekerja

Lingkungan tempat bekerja juga menjadi penyebab kulit tangan kering. Misalnya, orang-orang yang pekerjaannya rentan menyentuh bahan kimia atau zat iritan bersifat keras. Kondisi ini dapat mengakibatkan tangan kering tak terhindarkan. 

3. Kondisi medis tertentu

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, beberapa kondisi medis tertentu dapat menjadi penyebab kulit kering.Misalnya, orang yang mengalami gangguan autoimun, seperti diabetes atau lupus, lantaran memiliki sirkulasi darah pada tangan yang cenderung kurang. Akibatnya, memiliki kulit yang rentan mengalami iritasi. Selain itu, orang dengan eksim atau psoriasis juga rentan mengalami peradangan pada kulit sehingga kulit kering hingga mengelupas tak dapat dihindari. 

Catatan dari SehatQ

Kulit tangan kering umumnya masih bisa diatasi secara mudah dengan menerapkan berbagai cara mengatasi kulit kering pada tangan.Namun, jika Anda mengalami kulit tangan kering yang terlalu sering atau tidak kunjung membaik, segera konsultasikan ke dokter kulit untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.Anda pun dapat berkonsultasi dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ guna mengetahui lebih lanjut seputar telapak tangan kering.Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan kulitkulit dan kecantikanmasalah kulitkulit kering
Healthline. https://www.healthline.com/health/dry-hands
Diakses pada 01 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321212.php#11-home-remedies
Diakses pada 01 Januari 2020
International Journal of Dermatology. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1111/ijd.13436
Diakses pada 12 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait