logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

9 Sayur untuk Anak dan Berbagai Resepnya yang Bisa Dicoba

open-summary

Sayur untuk anak yang mudah diolah sangatlah beragam, mulai dari wortel, brokoli, bayam, hingga ubi. Misalnya brokoli, yang bisa digoreng renyah atau ubi ala french fries.


close-summary

4.2

(5)

3 Sep 2021

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

sayur untuk anak yang sehat dan lezat

Brokoli menjadi salah satu sayur untuk anak yang baik untuk tumbuh kembangnya.

Table of Content

  • 9 sayur untuk anak beserta olahan lezatnya
  • Menu sayur untuk anak yang lezat
  • Menu makanan sehat untuk anak dalam 1 minggu

Sayur untuk anak memiliki peran penting untuk mengoptimalkan perkembangan dan kesehatan tubuhnya. Meski begitu, meminta anak supaya mau memakan sayur menjadi salah satu tantangan terbesar yang mungkin dihadapi Anda sebagai orangtua. Ditambah lagi, si kecil biasanya belum familiar dengan rasa dan tekstur sayur yang diberikan.

Advertisement

Akan tetapi, orangtua perlu mencari solusi agar anak mau makan sayur. Sebab, sayur mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk tumbuh kembangnya.

Berikut adalah berbagai sayur untuk anak yang dapat diolah menjadi makanan lezat agar si kecil mau memakannya.

9 sayur untuk anak beserta olahan lezatnya

Sayuran dapat memenuhi kebutuhan energi, vitamin, antioksidan, serat, dan cairan anak. Sayuran juga dinilai mampu menjaga anak dari penyakit kronis, seperti penyakit jantung, stroke, hingga kanker, saat beranjak dewasa.

Maka dari itu, kenali berbagai sayur untuk anak beserta olahan lezatnya berikut ini.

1. Wortel

Wortel adalah sayur untuk anak yang kaya nutrisi. Selain rasanya manis dan tinggi akan serat, sayur ini juga mengandung vitamin A dan beta karoten yang baik untuk penglihatan, serta mampu mendukung pertumbuhan sel tubuh.

Tidak hanya itu, sayur berwarna jingga ini dinilai dapat menjaga kesehatan jantung, paru-paru, serta ginjal. Kandungan beta karotennya bahkan dinilai mampu melindungi tubuh anak dari radikal bebas.

Agar anak mau membuka mulutnya saat disuguhkan wortel, Anda dapat mengolahnya menjadi sayur sup sehingga teksturnya halus dan lembut.

2. Bayam

Bayam termasuk salah satu sayur untuk balita yang kaya manfaat. Sayur berwarna hijau yang rasanya lezat ini mengandung vitamin K dan berbagai nutrisi lainnya yang mampu meningkatkan sistem imun dan menjaga tubuh anak dari penyakit.

Ada banyak olahan bayam untuk anak, salah satunya pasta keju bayam. Untuk membuatnya, Anda bisa merebus pasta, lalu menumisnya dengan keju dan bayam sekaligus.

Warna hijau dari bayam dapat membuat pasta semakin menarik di mata anak sehingga ia mau memakannya.

3. Ubi

Sayur untuk anak 1 tahun yang dapat dicoba adalah ubi. Anak-anak umumnya menyukai sayur ini karena rasanya manis.

Selain itu, sayur sehat untuk anak ini juga mengandung kalium, vitamin C, serat, dan beta karoten yang diklaim dapat memerangi radikal bebas di dalam tubuh.

Terdapat berbagai macam olahan sayur untuk anak yang terbuat dari ubi. Misalnya, kamu dapat merebus dan menumbuknya hingga halus layaknya mashed potato.

4. Brokoli

no caption
Brokoli adalah sayur untuk anak yang menyehatkan

Sayur untuk anak 2 tahun yang dapat dicoba selanjutnya adalah brokoli. Sayuran ini mengandung vitamin C, beta karoten, asam folat, zat besi, kalium, hingga serat yang baik untuk si kecil. Tidak heran kalau brokoli sering dijukuli sebagai superfood.

Namun ingat, sebaiknya Anda jangan merebus brokoli sebelum menyajikannya. Merebusnya terlebih dahulu malah mengurangi kadar vitamin C brokoli hingga setengahnya. Cobalah untuk mengukusnya untuk menjaga kadar nutrisinya.

Olahan sayur untuk anak dari brokoli cukup beragam. Kamu dapat memotong atau menumbuknya hingga bertekstur halus, lalu mencampurkannya dengan sayur yang rasanya manis seperti ubi.

5. Jagung

Jagung adalah sayur untuk anak 1 tahun yang menyehatkan. Sayur ini mengandung berbagai mineral dan vitamin yang baik untuk perkembangan buah hati Anda. Ditambah lagi, bijinya mengandung vitamin B kompleks yang bisa mendukung perkembangan saraf dan otak.

Olahan sayur untuk anak dari jagung cukup mudah dibuat. Anda hanya memerlukan satu buah jagung, air secukupnya, dan air susu ibu (ASI). Campur semuanya untuk memasak puree jagung.

6. Kacang polong

Kacang polong juga termasuk sayur buat anak yang menyehatkan. Rasanya yang manis dipercaya mudah diterima oleh lidah anak.

Sayur untuk anak 1 tahun ini mengandung serat, protein, vitamin A, C, K, dan berbagai vitamin B yang baik untuk kesehatan si kecil.

Olahan sayur untuk anak yang terbuat dari kacang polong dapat dikombinasikan dengan mac & cheese.

Anda hanya perlu memasak pasta dengan keju, lalu tuangkan kacang polong. Rasa gurih dari mac & cheese dapat membuat anak mau memakan kacang polong.

7. Tomat