Cara Minum Pil KB yang Benar Agar Efektif Cegah Kehamilan


Terutama untuk pemula, penting untuk memerhatikan cara minum pil KB agar tidak hamil. Perhatikan aturan cara menggunakan pil KB berdasarkan jenisnya, seperti pil KB progestin atau kombinasi.

0,0
09 Dec 2019|Anita Djie
Cara minum pil KB yang benar harus dilakukan agar efektif cegah kehamilanCara minum pil kb tidak sesulit yang dibayangkan
Bagi Anda yang tidak berencana memiliki momongan, alat kontrasepsi seperti pil KB bisa menjadi pilihan yang tepat. Penggunaan pil KB adalah salah satu metode kontrasepsi yang cukup populer di masyarakat, dan Anda bahkan bisa membelinya langsung di apotek.Namun, sudah tahukah Anda bagaimana aturan cara minum pil KB yang benar agar tidak hamil? Anda diperbolehkan untuk minum pil KB di hari pertama atau kelima ketika datang bulan atau minggu pertama setelah haid selesai. Selain itu, cara minum pil KB yang benar perlu menyesuaikan aturan minum berdasarkan jenis pil KB yang Anda pilih.

Metode cara minum pil KB agar tidak hamil 

Cara menggunakan pil kontrasepsi tergantung dari jenis pil KB yang dipilih untuk dikonsumsi. Namun, saat pertama kali ingin menggunakan pil KB, Anda bisa menerapkan salah satu dari metode cara minum pil kb agar tidak hamil di bawah ini, terlepas dari jenis pil KB yang akan dikonsumsi:
  • Metode ‘hari pertama’, Anda bisa memulai konsumsi pil KB pertama pada hari pertama menstruasi dan efek mencegah kehamilan akan langsung bisa dirasakan.
  • Metode ‘hari Minggu’, Pil KB pertama diminum saat hari Minggu pertama setelah menstruasi. Anda masih perlu menggunakan alat kontrasepsi lainnya, seperti kondom, selama tujuh hari saat ingin berhubungan intim.
  • Metode ‘memulai dengan cepat’, Anda langsung meminum pil aktif pertama pada hari apapun. Berbeda dengan metode ‘hari pertama’, Anda masih perlu menggunakan alat kontrasepsi lain, seperti kondom, saat ingin berhubungan seksual selama tujuh hari.
  • Metode ‘hari kelima’, Anda dapat mengonsumsi pil KB pertama saat hari kelima menstruasi.
Baca juga: 7 Alat Kontrasepsi untuk Ibu Menyusui, Ketahui Tingkat Efektivitasnya

Cara minum pil KB yang benar sesuai jenis

Saat mengonsumsi pil KB yang pertama, Anda tidak perlu memperhatikan jenis pil KB yang dikonsumsi. Namun untuk jadwal konsumsi berikutnya, cara minum haruslah berdasarkan aturan pakai dari jenis pil KB yang dipilih. Pasalnya, cara kerja setiap jenis pil KB berbeda-beda.Dikutip dari Planned Parenthood, secara garis besar ada dua macam pil KB, yaitu pil KB kombinasi dan pil KB progestin. Biasanya pil KB kombinasi dijual dalam bentuk paket 21 hari, 28 hari, dan 91 hari.

1. Cara minum pil KB Progestin (POP/mini pill)

Cara minum pil mini adalah satu pil tiap hari pada waktu yang sama dengan toleransi keterlambatan tiga jam. Sebagai contoh bila Anda meminum pil KB progestin pada pukul 1, keesokan hari dan seterusnya Anda harus minum pil KB di waktu yang sama atau maksimal sebelum jam empat.Pil KB progestin dijual dalam bentuk paket 28 hari. Anda harus meminum pil KB progestin setiap hari selama 28 hari atau empat minggu berturut-turut.Saat mengonsumsi pil KB progestin, Anda bisa tidak menstruasi atau mengalami menstruasi yang tidak teratur.

2. Cara minum pil KB kombinasi 21 hari

Pil KB kombinasi juga harus dikonsumsi satu pil tiap hari. Jika Anda memilih pil KB kombinasi yang berisi 21 pil, Anda bisa meminum satu pil tiap hari selama 21 hari atau tiga minggu berturut-turut. Anda tidak perlu minum pada waktu yang sama tiap harinya. Pada minggu keempat, Anda tidak perlu mengonsumsi pil KB lagi karena ini adalah waktu menstruasi Anda. Setelah minggu keempat, barulah Anda bisa mengonsumsi pil KB kombinasi lanjutan.Baca juga: Efek Minum Pil KB Tidak Teratur dan Cara Mengatasinya

3. Cara minum pil KB kombinasi 28 hari

Cara pakai pil KB kombinasi paket 28 hari hampir sama dengan aturan minum pil KB kombinasi paket 21 hari.Anda hanya perlu mengonsumsi satu pil tiap harinya selama 28 hari atau empat minggu berturut-turut. Pada hari ke-29, Anda bisa melanjutkan konsumsi pil KB Anda.Pada pil KB kombinasi paket 28 hari, terdapat pil kosong yang tidak mengandung hormon (plasebo) untuk diminum pada hari terakhir.Pil KB bebas hormon ini berlaku sebagai pengingat untuk menerapkan kebiasaan minum pil KB tiap hari dan untuk melanjutkan paket pil KB yang baru secara tepat waktu.

4. Cara minum pil KB kombinasi 91 hari

Cara menggunakan pil KB paket 91 hari tidak jauh berbeda dengan cara minum pil KB kombinasi paket 28 hari.Anda harus mengonsumsi pil KB kombinasi paket 91 hari setiap hari. Saat mengonsumsi pil KB kombinasi paket 91 hari, Anda hanya akan menstruasi tiap tiga bulan sekaliSerupa dengan pil KB kombinasi paket 28 hari, pil KB kombinasi paket 91 hari juga memiliki pil KB bebas hormon yang merupakan pil di minggu terakhir.Sebagai cara agar tidak lupa minum pil KB, Anda dapat menuliskan jadwal pada memo, pasang alarm, ataupun menandai pengingat di kalender.Pengingat jadwal minum penting agar pil KB efektif dan Anda tidak kebobolan hamil, terutama jika yang dikonsumsi adalah pil KB jenis progestin.

Kapan waktu yang tepat minum pil KB?

Pil KB boleh diminum kapan saja selama 7 hari siklus menstruasi Anda. Adapun aturan minumnya disesuaikan dengan jenis masing-masing pil KB yang dikonsumsi. Kemudian berapa lama jarak minum pil KB sebelum berhubungan seks? Pada dasarnya, penggunaan pil KB juga tidak dipengaruhi oleh kapan ingin berhubungan seksual.Metode kontrasepsi bukanlah cara instan untuk memberikan perlindungan dari kehamilan saat berhubungan seksual. Jika Anda baru pertama kali menggunakan pil KB, dianjurkan untuk menggunakan kondom hingga 7 hari pertama guna mendapatkan perlindungan ekstra.Kerja pil KB untuk mencegah kehamilan juga bergantung pada jenis pil dan waktu mulai minum yang diterapkan. Baca juga: Pil KB Darurat, Amankah Dikonsumsi untuk Cegah Kehamilan?

Apa yang terjadi jika saya lupa meminum pil KB?

Bagaimana jika lupa minum pil KB 1 hari? Hal ini dapat meningkatkan peluang hamil, terutama jika terlambat meminumnya lebih dari 24 jam.Apabila Anda lupa minum pil KB, cara penanganannya akan sangat bergantung dari berapa lama Anda lupa mengonsumsi pil KB.Jika durasi waktu lupa minum pil kurang dari 48 jam, Anda masih bisa mengonsumsi pil yang lupa dikonsumsi dan tetap mengikuti jadwal yang sudah ditetapkan.Namun apabila sudah lewat lebih dari 48 jam, segera konsumsi pil yang paling terakhir dilupakan dan buang pil lain yang Anda lupa minum sebelum pil terakhir tadi. Setelahnya, ikuti jadwal Anda seperti biasa dan gunakan alat kontrasepsi lain bila ingin berhubungan seksual selama tujuh hari.Jika Anda melupakan satu minggu terakhir dari jadwal pil KB Anda, maka selesaikan pil yang mengandung hormon dan buang pil yang tidak mengandung hormon dalam paket pil KB. Lanjutkan dengan paket pil KB baru keesokan harinya.Bila Anda tidak bisa segera mengonsumsi paket pil KB yang baru, gunakan alat kontrasepsi lain sampai Anda sudah bisa mengonsumsi pil KB mengandung hormon selama tujuh hari.Konsultasikan ke dokter jika Anda masih kurang memahami aturan cara minum pil KB untuk pemula dan pil KB jenis apa yang sesuai untuk Anda. Jika Anda ingin berkonsultasi langsung, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
kesehatan wanitapenggunaan kbkontrasepsi
Planned Parenthood. https://www.plannedparenthood.org/learn/birth-control/birth-control-pill/how-do-i-use-the-birth-control-pill
Diakses pada 6 Desember 2019
Healthlink BC. healthlinkbc.ca/health-topics/tn10330
Diakses pada 6 Desember 2019
WebMD. https://www.webmd.com/sex/birth-control/how-to-take-birth-control-pills#1
Diakses pada 6 Desember 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait