Bagaimana Cara Menghilangkan Ileran saat Tidur?

(0)
17 Jun 2020|Marco Anthony
Ileran saat tidur bukan hanya mengganggu tapi juga jorokIleran saat tidur dapat mengganggu kenyamanan Anda saat tidur
Tatkala sedang terlelap dalam tidur, Anda tidak menyadari kemunculan genangan di sekitar pipi dan bantal. Barulah saat pagi sudah datang, Anda akhirnya menemukan adanya iler yang tertempel di pipi dan bantal.Ileran merupakan air liur berlebih yang keluar lewat mulut dan biasanya terjadi saat Anda sedang tidur. Ileran memang tidak berbahaya, tetapi cukup mengganggu dan membuat resah, terutama bila Anda tidak tidur sendirian.

Cara menghilangkan ileran saat tidur

Di malam hari, otot yang mengendalikan proses menelan melemas dan membuat air liur mudah tertampung di mulut dan keluar lewat ujung-ujung mulut. Kadang-kala, ileran bisa diakibatkan oleh gangguan tertentu, misalnya stroke, sleep apnea, cerebral palsy, dan GERD.Namun, tidak semua ileran diakibatkan oleh kondisi medis tertentu. Anda bisa mencoba beberapa cara menghilangkan ileran saat tidur di bawah ini terlebih dahulu.
  • Ganti posisi tidur

Cara menghilangkan ileran saat tidur yang pertama kali dapat dicoba adalah mengganti posisi tidur. Tidur dengan punggung berbaring di kasur adalah posisi tidur yang dapat membantu aliran air liur agar tidak keluar dari mulut.
  • Atasi alergi dan gangguan sinus

Jangan salah, alergi dan gangguan sinus yang tidak diatasi dapat memicu peningkatan ludah dan hidung tersumbat. Kedua hal ini dapat membuat Anda terpaksa bernapas melalui mulut dan menimbulkan ileran.Oleh karenanya, jika Anda mengalami alergi atau gangguan sinus, obati masalah tersebut sebagai cara menghilangkan ileran saat tidur.
  • Pakai alat khusus

Alat tertentu yang bisa dipakaikan ke mulut dapat dijadikan cara menghilangkan ileran saat tidur lainnya. Alat ini memiliki bentuk yang serupa dengan pelindung gigi dan membantu mengurangi ileran serta dengkuran.Alat tersebut bekerja dengan membantu memposisikan lidah dan membuat Anda bisa mengatup bibir dengan sempurna.
  • Konsumsi obat yang diberikan dokter

Apabila ileran dipicu oleh gangguan saraf tertentu, maka Anda perlu memeriksakannya ke dokter untuk diberikan obat-obatan tertentu, seperti scopolamine yang berperan untuk menghalangi sinyal saraf ke kelenjar air liur.Obat ini bisa ditemukan berupa tempelan yang diletakkan di belakang telinga. Tempelan tersebut akan menyebarkan senyawa obat ke dalam tubuh selama kurang lebih 72 jam. Obat lain yang bisa diberikan oleh dokter adalah glycopyrrolate.
  • Injeksi botox

Cara menghilangkan ileran saat tidur lain yang dapat dilakukan adalah dengan menjalani injeksi botox. Botox akan disuntik ke dalam kelenjar air liur di sekitar mulut untuk mencegah produksi air liur berlebih.Namun, metode ini tidak permanen karena botox yang dimasukkan ke dalam kelenjar air liur dapat berkurang efektivitasnya dan membuat ileran kembali lagi.
  • Mengikuti terapi berbicara

Saat Anda sering mengalami ileran, dokter dapat merekomendasikan Anda mengikuti terapi berbicara sebagai cara menghilangkan ileran saat tidur. Tujuan dari terapi berbicara adalah untuk menguatkan lidah dan meningkatkan stabilitas rahang.Terapi berbicara membantu Anda untuk bisa menutup bibir dengan sempurna dan membantu meningkatkan kemampuan mengunyah serta mengurangi kemungkinan ileran.
  • Menggunakan mesin CPAP

Jika ileran disebabkan oleh sleep apnea, maka Anda dapat menggunakan mesin CPAP sebagai cara menghilangkan ileran saat tidur akibat sleep apnea.Mesin ini akan membantu Anda untuk mengurangi ileran, tidur lebih nyenyak, dan bernapas dengan benar. Jika Anda masih mengalami ileran selama pemakaian mesin CPAP, diskusikanlah dengan dokter.
  • Bedah

Beberapa kasus ileran membutuhkan bedah untuk mengeluarkan kelenjar air liur yang memproduksi ludah secara berlebih. Biasanya, bedah dilakukan untuk orang-orang yang menderita gangguan saraf tertentu yang berbahaya.

Catatan dari SehatQ

Cara menghilangkan ileran saat tidur yang pertama kali perlu dicoba adalah dengan mengganti posisi tidur. Jika Anda merasa kesulitan atau mengalami gangguan saat mengubah posisi tidur, periksakan ke dokter.Jika ileran terus-menerus muncul atau semakin parah meskipun Anda sudah mencoba mengganti posisi tidur ataupun memakai alat khusus, maka Anda perlu berkonsultasi ke dokter untuk menjalani pemeriksaan.
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-stop-drooling#causes
Diakses pada 22 Maret 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321622#the-best-ways-to-stop-drooling
Diakses pada 22 Maret 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait