Ini Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi dan Mencegahnya Datang Kembali


Cara menghilangkan cegukan pada bayi cukup banyak dan mudah dilakukan, salah satunya seperti membuat bayi sendawa, mengelus punggungnya, dan beberapa cara lainnya.

(0)
24 Jan 2020|Anita Djie
Cara menghilangkan cegukan pada bayi dapat dilakukan dengan mengelus punggungnyaCara menghilangkan cegukan pada bayi bisa dengan mengelus punggungnya
Ada banyak cara menghilangkan cegukan pada bayi yang bisa diterapkan orangtua, seperti salah satunya yang paling umum adalah membuat bayi bersendawa. Kenali juga bagaimana cara mencegah bayi cegukan agar si Kecil tidak mengalami cegukan terus menerus.Jangan salah, tidak hanya orang dewasa saja yang bisa cegukan, tetapi bayi baru lahir juga bisa mengalami cegukan tiba-tiba. Cegukan pada bayi adalah hal yang normal. Bahkan, sebenarnya bayi tidak akan merasa terganggu dengan hal tersebut.Namun, terkadang orangtua mulai merasa khawatir atau merasa cegukan pada bayi mulai mengganggu. Bagi para orangtua yang gusar, Anda dapat mencoba menghilangkan cegukan pada bayi melalui tips-tips di bawah ini agar tidak perlu khawatir lagi.

Cara menghilangkan cegukan pada bayi

Cegukan pada bayi memiliki penyebab yang sama dengan cegukan pada orang dewasa, yakni kontraksi dari otot diafragma yang dengan cepat menutup pita suara.Kontraksi pada diafragma biasanya terjadi pada bayi saat sedang makan terlalu cepat atau banyak dan saat menelan terlalu banyak udara.Berikut adalah beberapa cara menghilangkan cegukan pada bayi yang dapat diterapkan untuk menghilangkan cegukan Si Kecil.

1. Mengelus punggung bayi

Saat bayi mengalami cegukan, orangtua dapat mencoba mengelus atau menggoyangkan bayi ke depan dan belakang secara perlahan untuk membantu Si Kecil lebih rileks dan dapat menghentikan kejang di diafragma yang memicu cegukan pada bayi.

2. Buat bayi sendawa

Saat sedang memberikan susu kepada bayi, Anda bisa berhenti sejenak untuk membuatnya bersendawa. Membuat bayi bersendawa dapat mengeluarkan gas berlebih dari perut bayi yang bisa memicu cegukan.Sebaiknya buat bayi bersendawa tiap sang ibu mengganti ke payudara satunya atau tiap 59 sampai 88 mililiter susu jika Si Kecil minum melalui botol susu. Orangtua bisa mencoba membuat bayi bersendawa dengan menepuk punggung bayi secara pelan.

3. Gunakan dot

Cara menghilangkan cegukan yang paling mudah adalah salah satunya dengan memperhatikan dot atau botol susu yang digunakan bayi. Tidak perlu melirik terlalu jauh, Anda bisa menggunakan dot yang selalu diemut oleh buah hati untuk melemaskan diafragma dan membantu mengurangi cegukan pada bayi.

4. Ubah posisi bayi

Cara menghilangkan cegukan pada bayi selanjutnya adalah dengan mengubah posisi bayi saat menyusui. Siapa sangka, posisi buah hati dapat menjadi asal muasal pemicu bayi cegukan.Posisi tertentu dapat membuat bayi menjadi lebih rentan mengalami cegukan, misalnya posisi saat sedang berbaring atau saat sedang meminum ASI, dan sebagainya.Baca juga: 6 Posisi Menyusui yang Benar dan Nyaman untuk Ibu dan Buah Hati

5. Periksa botol susu atau dot

Terkadang penyebab seringnya cegukan terjadi bisa berasal dari botol susu atau dot bayi. Beberapa botol susu atau dot dapat membuat udara terperangkap lebih banyak dan memicu cegukan.Untuk mengatasi penyebab cegukan karena botol susu, Anda bisa memilih dot atau botol susu yang dirancang untuk meminimalisir masuknya udara lebih banyak.

6. Biarkan berhenti dengan sendirinya

Terkadang Anda tidak perlu melakukan apa karena cegukan pada bayi dapat berhenti dengan sendirinya. Orangtua bisa membiarkan cegukan pada bayi bila cegukan tidak mengganggu Si Kecil.Saat bayi cegukan, jangan memberikan jamu atau ramuan herbal tertentu tanpa berkonsultasi dengan dokter. Orangtua juga tidak boleh menarik lidah bayi, meminumkan air ke bayi dalam keadaan terbalik ataupun mengagetkan bayi.Baca juga: Apa Sebenarnya Penyebab Cegukan?

Cara mencegah bayi cegukan

Selain memperhatikan cara mengatasi cegukan pada bayi, Anda juga bisa mencegah bayi cegukan dengan melakukan hal-hal seperti berikut:
  • Pastikan mulut bayi sudah benar menempel pada puting ibu.
  • Saat menggunakan botol susu, posisikan botol susu lebih miring sekitar 45 derajat agar susu memenuhi mulut botol udara tidak masuk ke dalam botol.
  • Tenangkan bayi sebelum memberikannya susu.
  • Berikan susu kepada bayi sebelum bayi menjadi terlalu lapar.
  • Memberikan susu kepada bayi atau memberinya makan dalam porsi yang sedikit namun dengan frekuensi yang lebih banyak.
  • Hindari melakukan aktivitas yang memerlukan banyak gerakan atau energi setelah bayi sudah minum susu.
  • Biarkan bayi duduk tegak selama 20 sampai 30 menit seusai minum susu.
Konsultasikan bayi ke dokter bila cegukan tidak kunjung hilang, sering terjadi, atau muncul secara terus-menerus. Anda juga perlu memeriksakan Si Kecil jika sendawa sering muncul saat bayi berusia di bawah 12 bulan.
bayi & menyusuitips parentingibu dan anak
Healthline. https://www.healthline.com/health/childrens-health/newborn-hiccups
Diakses pada 23 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321932.php#when-to-see-a-doctor
Diakses pada 23 Januari 2020
Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/how-to-get-rid-of-infant-hiccups-4160825
Diakses pada 23 Januari 2020
Baby Centre. https://www.babycentre.co.uk/x1048439/how-can-i-get-rid-of-my-newborn-babys-hiccups
Diakses pada 28 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait