Kunci kebahagiaan dimulai dari Anda sendiri
Kunci kebahagiaan adalah memilih untuk bahagia

Siapa yang tidak mau bahagia? Semua orang mencari arti dari kebahagiaan atau kunci kebahagiaan dalam hidup mereka. Sebenarnya, dasar dari kunci kebahagiaan adalah memutuskan untuk bahagia.

Tanpa disadari, Anda hanya bergantung pada lingkungan luar untuk membuat Anda bahagia. Namun, Anda tidak perlu pesimis, karena menjadi bahagia merupakan suatu kemampuan yang bisa dilatih.

Apa kunci kebahagiaan dalam hidup?

Menerapkan kunci kebahagiaan adalah proses yang berkelanjutan dan perlu selalu dilatih tiap harinya. Anda tidak dapat mengharapkan bahwa diri Anda sewaktu-waktu akan menjadi bahagia. Berikut adalah beberapa ‘kunci kebahagiaan’ yang bisa dicoba.

  • Memilih untuk menjadi bahagia

Kunci kebahagiaan tidak jauh dari Anda, karena menjadi bahagia adalah pilihan hidup. Kunci kebahagiaan tidak selalu bersumber dari luar, seperti menang undian, menjadi kaya, dan sebagainya.

Kadang kala, Anda merasa tidak pantas mendapatkan kebahagiaan itu dan secara tidak disadari melakukan perilaku-perilaku yang justru membuat Anda tidak bahagia. Ungkapkan kepada diri Anda bahwa mulai sekarang Anda ingin bahagia!

  • Lawan perasaan dan pemikiran negatif

Secara tidak sadar, pemikiran dan perasaan negatif bisa terngiang-ngiang dalam hati dan pikiran serta membuat Anda tidak bahagia. Menyadari dan memberantas pola negatif ini adalah salah satu kunci kebahagiaan.

Saat perasaan dan pemikiran negatif tersebut muncul, tantang perasaan dan pemikiran negatif dengan menanyakan kepada diri sendiri apakah hal-hal tersebut memang benar adanya. Cara lainnya adalah dengan menghentikan memikirkan dan merasakan hal-hal negatif yang dialami.

  • Atasi stres

Stres pasti selalu ada dalam kehidupan, tetapi jangan biarkan stres membuat Anda menjadi kurang bahagia. Tanggulangi stres dengan melakukan hal-hal yang membuat rileks, seperti meditasi, yoga, melakukan hobi, dan sebagainya.

  • Luangkan waktu untuk refleksi diri

Jangan hanya terikat dengan pekerjaan Anda, berikan waktu luang untuk diri sendiri atau me time. Gunakan saat me time untuk memikirkan berbagai hal yang sudah terjadi dalam hidup Anda dan bagaimana Anda bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.

  • Bersyukur

Menyadari dan mengungkapkan rasa syukur merupakan salah satu kunci kebahagiaan. Masalah pasti terjadi tiap harinya, tetapi dengan mensyukuri apa yang dimiliki membuat Anda sadar bahwa hidup tidak seburuk yang dibayangkan dan Anda masih memiliki banyak hal yang bisa membuat diri bahagia.

  • Menulis jurnal sehari-hari

Jurnal atau catatan harian adalah sarana yang dapat digunakan untuk mengetahui apa yang dirasakan dan dipikirkan, serta mengingat kembali hal-hal baik yang terjadi dalam satu hari tersebut. Anda bisa menemukan kunci kebahagiaan melalui hal-hal yang terjadi di sekitar Anda sehari-harinya.

  • Buat catatan kebahagiaan

Serupa dengan jurnal, Anda dapat mencatat atau menuliskan daftar hal-hal baik yang dapat membuat Anda merasa bahagia atau bersyukur. Contohnya, mengingat bahwa seseorang membantu Anda mengangkat barang, dan sebagainya.

  • Memaafkan orang lain

Menyimpan dendam dan amarah dapat mengurangi rasa bahagia yang dimiliki. Memaafkan orang lain memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, tetapi menyimpan dendam tidak akan membuat orang yang telah menyakiti Anda merasa dirugikan.

Merasa marah terhadap orang lain malah hanya membuat Anda menjadi tidak bahagia. Cobalah untuk memaafkan orang lain dengan berempati terhadap kesalahan yang telah ia buat dan berkomitmen untuk memaafkan orang tersebut secara perlahan.

  • Sering tersenyum

Meskipun terasa kecil, tetapi sering tersenyum dapat membantu tubuh melepaskan hormon dopamin yang membuat Anda merasa bahagia. Saat Anda merasa sedih, cobalah untuk tersenyum. Anda juga bisa menerapkan kebiasaan tersenyum di depan cermin tiap paginya.

  • Menerapkan pola hidup sehat

Tubuh dan mental tidak bekerja secara terpisah melainkan saling berkaitan antar satu sama lainnya. Fisik yang kurang prima dapat mempengaruhi suasana hati Anda, karenanya konsumsilah makanan yang bergizi dan bernutrisi, istirahat yang cukup, dan berolahraga secara teratur.

  • Berikan pujian

Hal sederhana lainnya selain sering tersenyum adalah memberikan pujian kepada orang-orang sekitar Anda. Memberikan pujian dan menolong orang lain memicu rasa kepuasaan yang membuat Anda merasa bahagia.

  • Cari aktivitas yang bermakna

Mencari sesuatu yang bermakna dalam hidup adalah kunci kebahagiaan lainnya. Anda dapat mencari aktivitas yang bermakna dalam hidup dan menyenangkan untuk Anda, contohnya, menjadi sukarelawan bencana alam, membuat puisi, dan sebagainya.

  • Jalin hubungan erat dengan sahabat dan keluarga

Anda tidak perlu memiliki banyak teman untuk menjadi bahagia. Kunci kebahagiaan adalah memiliki hubungan yang berarti dengan orang lain. Berkumpul dengan sahabat dan keluarga dapat menjadi tempat berbagi, penyemangat dan pendukung Anda di saat-saat sulit.

  • Pergi ke tempat yang menyenangkan

Sebenarnya, Anda tidak perlu berpergian atau mencari tempat baru, tetapi Anda bisa pergi ke tempat yang membuat Anda merasa senang dan tenang. Anda dapat makan di restoran dekat rumah atau mungkin kembali ke tempat asal, dan sebagainya.

Tips-tips di atas bukanlah kunci kebahagiaan yang instan. Oleh karena itu bila Anda tetap mengalami rasa sedih yang berkepanjangan atau merasa stres dan tidak bahagia tiap harinya, cobalah untuk berdiskusi dengan psikiater, psikolog, atau konselor.

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-be-happy#overview
Diakses pada 17 Desember 2019

WebMD. https://www.webmd.com/mental-health/features/choosing-to-be-happy#1
Diakses pada 17 Desember 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed