Bagaimana Cara Memilih Toner untuk Kulit Berminyak yang Tepat?

(0)
Toner untuk kulit berminyak sebaiknya mengandung asam salisilat, asam glikolat, dan asam laktatPenggunaan toner untuk kulit berminyak dapat mengendalikan produksi minyak berlebih di wajah
Toner untuk kulit berminyak merupakan salah satu rangkaian produk perawatan kulit atau skincare yang sebaiknya tidak Anda lewatkan begitu saja, terutama bagi pemilik kulit berminyak. Sebab, penggunaan toner untuk kulit berminyak dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih di wajah. Namun, pastikan Anda mengetahui cara memilih toner untuk kulit berminyak yang tepat.

Cara memilih toner untuk kulit berminyak yang tepat

Toner untuk kulit berminyak bisa mengendalikan produksi minyak berlebih
Fungsi toner untuk kulit berminyak adalah mengendalikan minyak berlebih di wajah
Toner adalah produk perawatan kulit wajah atau skincare yang biasanya digunakan setelah wajah dibersihkan dengan sabun pembersih muka atau tepatnya sebelum menggunakan pelembap.Pada dasarnya, fungsi toner wajah bekerja untuk mengangkat sisa-sisa make up dan kotoran yang mungkin masih menempel di wajah dan tidak terangkat sempurna saat mencuci muka.Bagi pemilik kulit berminyak, penggunaan toner sangat dianjurkan. Pasalnya, toner untuk kulit berminyak tidak hanya diformulasikan untuk mengangkat sisa-sisa make up dan kotoran di wajah, melainkan juga mengontrol produksi minyak berlebih yang dihasilkan oleh kelenjar sebaceous (sebasea).Dengan ini, tampilan pori-pori wajah besar yang menjadi ciri khas kulit berminyak dapat dikurangi.Tetapi, agar tidak salah dalam menggunakan toner untuk kulit berminyak, alangkah baiknya Anda mengetahui cara memilih toner untuk kulit berminyak yang tepat terlebih dahulu berikut ini.

1. Pilih toner yang dirancang khusus untuk kulit berminyak

Berbagai produk toner yang dibuat khusus untuk setiap jenis kulit wajah tersedia di pasaran.Jika memiliki kulit berminyak, pastikan Anda tidak boleh sembarangan memilih produk toner yang diformulasikan untuk kulit normal, kering, atau bahkan kulit sensitif. Jadi, penting untuk memilih toner sesuai kulit wajah Anda.Bagi pemilik kulit berminyak, pilihlah toner wajah yang diformulasikan untuk ciri-ciri kulit berminyak, seperti kulit mengkilap, pori-pori wajah besar, hingga kulit berjerawat.Penggunaan toner yang tidak sesuai jenis kulit wajah dapat memperburuk masalah kulit yang dialami.Bagi kulit berminyak, misalnya, memiliki kecenderungan mudah berjerawat akibat produksi minyak berlebih dan pori-pori wajah besar yang rentan mengalami penyumbatan.Nah, jika Anda menggunakan toner wajah yang bukan dirancang khusus untuk kulit berminyak, maka dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat ataupun masalah kulit lainnya.

2. Perhatikan kandungan bahan yang terdapat pada toner untuk kulit berminyak

Salah satu cara memilih toner untuk kulit berminyak yang penting adalah memerhatikan kandungan bahan aktif di dalamnya.Beberapa kandungan bahan aktif yang sebaiknya terdapat dalam produk toner untuk kulit berminyak adalah asam salisilat, asam glikolat, dan asam laktat.Asam salisilat bekerja dengan mengurangi produksi minyak berlebih dan penumpukan sel-sel kulit mati. Asam salisilat juga berperan untuk membersihkan pori-pori kulit wajah sekaligus melawan bakteri penyebab jerawat guna mencegah munculnya jerawat di kemudian hari.Asam glikolat dapat membantu proses pengelupasan sel-sel kulit sehingga membuat wajah tampak lebih cerah. Kemudian, asam laktat berfungsi melembapkan dan melembapkan kulit wajah Anda.Penggunaan toner untuk kulit berminyak yang mengandung ketiga kelompok asam hidroksi alfa (AHA) tersebut juga dapat membantu penyerapan toner jauh hingga ke dalam pori-pori kulit.Dengan ini, pori-pori wajah menjadi lebih bersih dan tidak rentan mengalami penyumbatan.

3. Ada kandungan bahan alami witch hazel

Beberapa jenis kandungan toner untuk kulit berminyak dilengkapi pula dengan bahan-bahan alami. Salah satu kandungan bahan alami dalam produk toner untuk kulit berminyak yang aman digunakan adalah witch hazel.Witch hazel merupakan kandungan toner dari bahan alami yang berfungsi mengecilkan pori-pori dan mengangkat zat-zat dalam produk perawatan kulit atau make up yang rentan menyumbat pori-pori wajah.Witch hazel juga memiliki kandungan tanin yang tinggi dan bersifat sebagai antiradang. Selain itu, sebuah hasil studi menyebutkan bahwa manfaat witch hazel dapat memberikan efek menenangkan pada kulit.

4. Perhatikan kandungan alkoholnya

Beberapa jenis toner untuk kulit berminyak ada yang mengandung alkohol. Umumnya, jenis toner ini dikenal dengan nama astringent. Astringent diformulasikan secara khusus untuk kulit berminyak dan kulit rentan berjerawat.Kendati demikian, tidak semua pemilik kulit berminyak dapat menggunakannya. Sebab, biasanya astringent mengandung kadar alkohol yang cukup tinggi. Beberapa orang mungkin mengalami kulit terasa perih dan gatal setelah menggunakan astringent.Selain itu, penggunaan toner yang mengandung alkohol juga dapat menyebabkan hilangnya minyak alami di wajah hingga meningkatkan produksi sebum di wajah lebih banyak lagi. Termasuk bagi pemilik kulit berminyak sekali pun.Maka dari itu, perhatikan kandungan alkohol yang terkandung di dalamnya sebagai cara memilih toner untuk kulit berminyak selanjutnya. 

5. Hindari kandungan bahan alami berupa minyak kelapa dan minyak mineral

Menggunakan toner untuk kulit berminyak yang terdapat kandungan bahan alami di dalamnya boleh-boleh saja.Namun, hindari kandungan bahan alami, seperti minyak kelapa dan minyak mineral, pada toner untuk kulit berminyak. Pasalnya, kedua bahan tersebut biasanya digunakan untuk mengatasi kulit kering. Jika pemilik kulit kering menggunakan bahan alami satu ini maka dapat memperburuk kondisi kulit berminyak yang Anda alami.

6. Konsultasikan dengan dokter spesialis kulit

Jika Anda masih ragu dan merasa kesulitan memilih toner untuk kulit berminyak yang tepat, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit.Dokter akan memberi rekomendasi cara memilih toner untuk kulit berminyak yang tepat untuk Anda.

Bagaimana cara pakai toner untuk kulit berminyak?

Cara pakai toner untuk kulit berminyak sama dengan jenis kulit wajah lainnya
Tuang toner pada kapas lalu oleskan ke area wajah dan leher
Sebenarnya, cara pakai toner untuk kulit berminyak dan jenis kulit wajah lainnya sama saja. Cara pakai toner tepatnya setelah Anda mencuci muka dan sebelum Anda mengoleskan pelembap.Cara pakai toner, yaitu cukup menuangkan produk pada kapas dan oleskan dengan lembut ke seluruh area wajah dan leher. Beberapa produk toner untuk kulit berminyak mungkin berdesain semprotan botol, Anda pun dapat menyemprotkannya ke seluruh wajah secara merata.Setelah menggunakan toner untuk kulit berminyak, Anda dapat mengoleskan pelembap dan menggunakan produk skincare lain, seperti serum, krim wajah dengan segera walaupun kulit masih terasa basah.Akan tetapi, untuk produk lainnya, seperti obat jerawat, tabir surya, atau retinoid topikal, Anda perlu menunggu beberapa saat hingga kulit benar-benar kering atau produk menyerap sempurna ke dalam pori-pori kulit.Mengoleskan produk selain pelembap pada kulit yang masih basah dengan toner dapat menyebabkan kulit terasa panas, perih, bahkan iritasi. Akibatnya, fungsi kerja produk perawatan kulit Anda pun dapat berkurang.

Catatan dari SehatQ

Toner untuk kulit berminyak tidak hanya berfungsi untuk mengangkat sisa-sisa make up dan kotoran di wajah, melainkan juga mengontrol produksi minyak berlebih yang dihasilkan oleh kelenjar sebasea.Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, sebaiknya pilih toner untuk kulit berminyak yang mengandung asam salisilat, asam glikolat, dan asam laktat.Jika bingung dengan cara memilih toner untuk kulit berminyak, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
perawatan kulitperawatan wajah
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/should-i-use-a-toner-15596
Diakses pada 4 Agustus 2020
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/astringent-vs-toner-4151988
Diakses pada 4 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/skin-care-routine-for-oily-skin-2#tone
Diakses pada 4 Agustus 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321090#treatment
Diakses pada 4 Agustus 2020
Derm Collective. https://dermcollective.com/toners-for-oily-skin/
Diakses pada 4 Agustus 2020
NCBI.  https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4025519/
DIakses pada 4 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait