Bagaimana Cara Kerja Bakteri Yogurt

(0)
15 Oct 2020|Azelia Trifiana
Bakteri memiliki peran penting dalam pembuatan yogurtBakteri adalah mikroba yang berperan penting dalam pembuatan yogurt
Popularitas yogurt sebagai makanan sehat tak lepas dari adanya bakteri yogurt, salah satunya Lactobacillus acidophilus. Ini adalah jenis bakteri baik yang secara alami juga ada dalam tubuh.Umumnya, bakteri L. acidophilus terdapat di usus, mulut, dan vagina. Bakteri ini bukan penyebab penyakit, justru sebaliknya memproduksi vitamin K dan laktase. Enzim laktase ini membantu pemecahan gula dalam produk susu.

Peran bakteri yogurt

yoghurt
Jenis bakteri yang digunakan akan menghasilkan jenis yogurt yang berbeda
Bakteri yogurt adalah jenis mikroba yang sama sekali tidak berbahaya. Bakteri inilah yang dapat mengubah susu biasa menjadi yogurt yang lezat. Ada beberapa spesies bakteri yang umum digunakan untuk membuat yogurt, di antaranya:
  • Streptococcus thermophilus
  • Lactobacillus bulgaricus
  • Lactobacillus acidophilus
  • Lactobacillus casei
  • Lactobacillus rhamnosus
  • Bifidobacterium animalis
Jenis bakteri yang digunakan untuk proses pembuatan yogurt tercantum dalam kemasannya. Berbeda bakteri, akan berbeda pula jenis yogurt yang dihasilkan.Untuk bisa mengubah susu menjadi yogurt, bakteri-bakteri baik ini berperan melakukan fermentasi. Dalam proses fermentasi ini, gula laktosa dalam susu diubah menjadi asam laktat.Asam laktat inilah yang membuat susu menjadi lebih kental dan terasa asam dan sedikit manis. Semakin tinggi asam laktat, pH akan menurun sehingga konsistensi susu menjadi lebih padat menjadi yogurt.Lebih jauh lagi, jenis susu akan menentukan bagaimana hasil akhir yogurt yang dibuat. Contohnya susu murni untuk membuat yogurt full fat, susu rendah lemak untuk yogurt rendah lemak, serta skim milk untuk yogurt tanpa lemak.Produk olahan susu lain yang bisa dimasukkan dalam komposisi yogurt akan berpengaruh pula terhadap komposisinya. Contohnya krim untuk mengatur kadar lemaknya hingga susu tanpa lemak untuk mengatur kadar kekentalan yogurt.

Tahapan pembuatan yogurt

Tahapan pembuatan yogurt sejak awal hingga bisa dikonsumsi meliputi:

1. Mengatur komposisi susu

Komposisi susu perlu disesuaikan untuk mendapatkan yogurt dengan konsistensi sesuai selera. Terkadang, bisa pula ditambahkan susu bubuk untuk meningkatkan jumlah protein sekaligus mendapatkan tekstur yang diinginkan. Pada tahap ini, semua bahan dicampur sekaligus ditambahkan stabilizer.

2. Pasteurisasi susu

Umumnya, susu dipasteurisasi dalam suhu 85 derajat Celsius selama 30 menit atau 95 derajat Celsius selama 10 menit. Suhu tinggi ini digunakan untuk mengubah protein whey di dalamnya. Dengan demikian, protein akan membentuk gel lebih stabil sehingga cairannya tidak terpecah saat disimpan.Selain itu, suhu tinggi dalam proses ini juga memastikan bakteri dapat tumbuh dengan baik. Yogurt dipasteurisasi sebelum kultur ditambahkan untuk memastikannya tetap aktif.

3. Homogenisasi

Tahap selanjutnya adalah melakukan homogenisasi untuk mencampur seluruh bahan baku. Pada tahap ini, konsistensi yogurt semakin mendekati ekspektasi.

4. Mendinginkan susu

Kemudian, susu akan didinginkan hingga suhu 42 derajat Celsius agar bisa menjadi tempat berkembangnya kultur. Suhu ini akan terus dipertahankan hingga pH menjadi 4,5. Proses ini perlu waktu beberapa jam hingga membentuk tekstur seperti yogurt (gel lembut).

5. Mendinginkan yogurt

Setelah mendapat tekstur yang diinginkan, suhu akan diturunkan hingga 7 derajat Celsius. Tujuannya untuk menghentikan proses fermentasi.Setelah kelima tahap di atas, barulah ditambahkan alternatif lain seperti buah dan rasa. Tahapannya bisa berbeda bergantung pada jenis yogurt yang dibuat. Terakhir, yogurt akan dikemas sesuai selera.

Catatan dari SehatQ

Bakteri yogurt berperan sangat penting dalam proses konversi susu menjadi yogurt. Para pakar meyakini, mengonsumsi bakteri baik akan membantu menjaga keseimbangan bakteri dalam tubuh.Selain itu, konsumsi makanan tinggi probiotik seperti yogurt juga dapat mencegah tumbuhnya jamur berlebihan yang menyebabkan penyakit.
makanan sehatmakanan peningkat kalsiumpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/yogurt-with-lactobacillus-acidophilus
Diakses pada 4 Oktober 2020
American Society for Microbiology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1489325/
Diakses pada 4 Oktober 2020
Scientific American. https://www.scientificamerican.com/article/bring-science-home-yogurt-bacteria/#:~:text=To%20turn%20milk%20into%20yogurt,easier%20for%20us%20to%20digest.
Diakses pada 4 Oktober 2020
Milk Facts. http://milkfacts.info/Milk%20Processing/Yogurt%20Production.htm
Diakses pada 4 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait