Bagaimana Cara Bergaul agar Disenangi Orang?


Cara bergaul agar disenangi orang adalah dengan memiliki sikap ramah dan terbuka. Dengan begitu, orang lain juga akan sama-sama terbuka terhadap Anda.

0,0
29 Sep 2021|Annisa Nur Indah
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara bergaul agar disenangi orang adalah dengan memiliki sikap ramah dan terbukaBerapa pun usia Anda, tidak ada kata terlambat untuk terhubung dengan teman baru
Semakin tua usia, semakin sulit mencari teman baru. Berbeda dengan masa-masa sekolah dasar, ketika bergaul dan berteman sangatlah mudah. Semakin dewasa, kita semakin memiliki filter untuk berteman. Banyak pertimbangan ketika berkenalan dengan seseorang apalagi di sisi karakter yang mungkin tidak cocok untuk kita. Namun, sebagai makhluk sosial kita tetap membutuhkan sosialisasi. Untuk itu, mengetahui cara bergaul agar disenangi orang penting untuk Anda.

Cara bergaul agar disenangi orang

Penelitian menunjukkan bahwa teman penting bagi kesejahteraan psikologis kita. Berbeda dari hubungan romantis yang bisa putus begitu saja, lebih sulit untuk memutuskan hubungan persahabatan atau pertemanan. Teman yang baik juga bisa menghilangkan stres, memberikan kenyamanan, serta mencegah kesepian dan keterasingan. Persahabatan dan pertemanan juga memiliki dampak pada kesehatan fisik. Kurangnya hubungan sosial menimbulkan risiko yang sama besarnya dengan merokok, minum alkohol terlalu banyak, atau menjalani gaya hidup yang tidak aktif. Akan tetapi, pertemanan tidak terjadi begitu saja. Perlu proses, momen, dan pertemuan yang cukup sering dalam membangun koneksi yang berkualitas. Berapa pun usia Anda, tidak ada kata terlambat untuk terhubung dengan teman baru atau bahkan berteman kembali dengan kenalan lama. Berikut ini cara bergaul agar disenangi orang:

1. Terima ajakan dari orang lain

Keterbukaan adalah kunci untuk bergaul dan disenangi orang. Ketika Anda menerima undangan untuk arisan, makan malam, atau sekadar minum kopi dengan kenalan baru, mereka juga akan menerima Anda sebagai teman.

2. Ambil inisiatif duluan

Daripada menunggu undangan dari kenalan baru, Anda bisa ambil inisiatif terlebih dulu. Ajak kenalan Anda untuk ngopi, makan, atau meminta bantuan kecil.

3. Mulai percakapan

Cara bergaul agar disenangi orang adalah dengan memulai percakapan, apalagi ketika Anda berada di lingkungan baru. Bertanya tentang hal-hal kecil akan membuat lingkungan Anda tahu bahwa Anda antusias berada di sekitar mereka. 

4. Tunjukkan antusiasme

Menunjukkan antusiasme bisa dengan mengajukan pertanyaan yang tepat dan menjadi pendengar yang baik. Kedua hal tersebut adalah cara agar disukai banyak teman. Ajukan pertanyaan terbuka dan minta teman baru Anda menceritakan lebih banyak lagi tentang dirinya.

5. Senyum

Bahasa tubuh Anda juga menunjukkan sebuah pesan. Oleh karena itu, agar disenangi orang lain, jaga kontak mata sambil tersenyum. Senyum, akan menciptakan efek positif. Mereka akan merasa lebih nyaman dan tertarik dengan percakapan tersebut.

6. Bagikan cerita Anda

Saat Anda bertemu kenalan baru, cobalah berbagi hal-hal kecil tetapi lebih pribadi tentang diri Anda. Jika Anda terbuka dengan cerita itu, mereka juga akan terbuka kepada Anda. Tapi jangan berlebihan saat membagikannya, ya.

7. Lakukan kebaikan kecil

Kebaikan kecil seringkali mengarah pada keintiman dan koneksi. Tidak harus kebaikan besar, hanya sedikit tindakan biasanya akan menciptakan dampak positif. Misalnya, tawarkan bantuan untuk membawa barang saat melihat teman baru Anda terlihat kesulitan.

Cara memulai pertemanan

Banyak orang menyerah mencari teman karena berasumsi bahwa tidak ada orang baik di luar sana. Masalahnya, bukan karena kurangnya kesempatan berteman, tapi ketidakmampuan untuk mengerahkan upaya untuk menemukannya. Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai pertemanan.
  • Manfaatkan akun media sosial Anda

Tujuan dari media sosial adalah menghubungkan orang. Teman kuliah, SMA, SMP, bahkan teman SD bisa Anda hubungi lewat media sosial. Secara teknis memang Anda sudah berteman dengan mereka, tapi sudah lama tak bertemu. Manfaatkan media sosial untuk bertemu kembali dengan teman-teman Anda, mungkin saja ada koneksi baru yang bisa Anda jadikan pertemanan sejati.
  • Berteman dengan tetangga dekat

Banyak orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki teman potensial yang tinggal di sebelah rumah atau seberang jalan. Buka kemungkinan untuk berteman dengan cara yang sudah disebutkan di atas.
  • Berteman dengan rekan kerja

Anda bisa saja menghabiskan sebagian besar waktu dengan rekan kerja. Meskipun berada di lingkungan profesional, Anda makin mengenal satu sama lain karena bertemu setiap hari. Anda bisa ajak rekan kerja Anda untuk bertemu saat tidak melakukan pekerjaan. Misalnya, makan malam bersama, ngopi, atau sekadar jalan-jalan di mal bersama.
  • Jadi sukarelawan

Menjadi sukarelawan adalah cara yang bagus untuk meningkatkan rasa syukur dan bertemu teman baru. Teman yang bertemu di acara sukarelawan bisa jadi satu frekuensi karena menyukai topik yang sama.
  • Bergabung dalam komunitas

Komunitas sepeda, membaca, teater, apa komunitas apa pun adalah cara yang baik untuk memulai pertemanan. Terlebih lagi Anda akan mengenal satu sama lain pada tingkat yang lebih dalam. Misalnya, Anda bergabung dalam klub buku. Setidaknya Anda punya bahan pembicaraan yang sama mengenai buku.Jika Anda memiliki pertanyaan tentang kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
persahabatanmenjalin hubungan
Help Guide. https://www.helpguide.org/articles/relationships-communication/making-good-friends.htm
Diakses pada 15 September 2021.
WebMD. https://www.webmd.com/balance/features/how-to-make-new-friends
Diakses pada 15 September 2021.
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/how-to-make-friends-as-an-adult-4769076#have-the-right-mindset-to-make-new-friends
Diakses pada 15 September 2021.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait