Alami Badan Gatal-Gatal Tanpa Sebab? Mungkin Ini Pemicunya


Badan gatal-gatal tanpa sebab mungkin dialami oleh beberapa orang. Walaupun muncul tanpa sebab, sebenarnya ada hal-hal yang menjadi penyebab gatal pada kulit tubuh yang Anda alami, seperti alergi, konsumsi obat-obatan, hingga penyakit sistemik dalam tubuh.

(0)
21 Aug 2019|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Badan gatal-gatal tanpa sebab sering terjadi bisa jadi ada faktor pemicunyaBadan gatal-gatal tanpa sebab bisa jadi karena reaksi alergi yang muncul
Badan gatal-gatal tanpa sebab mungkin dialami oleh beberapa orang. Apakah Anda salah satu orang yang pernah mengalaminya? Badan gatal tanpa sebab memang kerap muncul tanpa disadari. Walaupun dianggap muncul tanpa sebab, sebenarnya ada hal-hal yang menjadi penyebab gatal di seluruh tubuh yang Anda alami, tetapi tidak disadari. 

Kenapa badan gatal-gatal tanpa sebab?

Saat rasa gatal muncul walaupun tanpa riwayat alergi dan tidak sedang ada banyak nyamuk di lingkungan sekitar, Anda mungkin merasa bingung mencari penyebabnya. Tak ayal jika kondisi badan gatal tanpa sebab terasa menjengkelkan.Badan gatal tanpa sebab mungkin tidak menunjukkan gejala apa pun pada permukaan kulit. Bahkan, umumnya badan gatal tanpa sebab bukan menandakan kondisi serius dan tidak membutuhkan penanganan medis, sebaiknya Anda tetap perlu waspada bila ini terjadi tanpa sebab yang jelas.Pada beberapa kasus, misalnya, gatal-gatal pada kulit tubuh menunjukkan perubahan, seperti kulit mengelupas, kulit bersisik, ruam, bentol-bentol, bintik kemerahan, hingga muncul lenting cairan. Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa dari gejala tersebut, maka itu berarti sebenarnya ada penyebab medis di balik badan gatal-gatal yang dialami. 

Adakah penyebab gatal-gatal di seluruh tubuh yang perlu diwaspadai?

Ada sejumlah kondisi yang memicu gatal-gatal di seluruh tubuh, tetapi mungkin tidak disadari, seperti:

1. Alergi

badan gatal-gatal tanpa sebab karena alergi
Reaksi alergi bisa terjadi ketika kulit terpapar zat alergen tertentu
Penyebab gatal-gatal tanpa sebab bisa jadi karena reaksi alergiDermatitis kontak alias alergi merupakan reaksi kulit ketika terpapar suatu zat alergen tertentu. Misalnya, paparan bahan kimia dari produk skincare atau kosmetik, makanan, serbuk sari, udara dingin, bulu binatang, hingga paparan sinar matahari. Alergi biasanya menimbulkan badan gatal-gatal disertai dengan bintik merah dan bengkak pada kulit.

2. Gigitan serangga

Ukuran kecil dan pergerakannya yang cepat membuat gigitan serangga sering kali tidak Anda sadari sehingga dianggap sebagai penyebab badan gatal-gatal bentol tanpa sebab. Gigitan serangga, seperti nyamuk, biasanya hanya menyebabkan gatal-gatal di salah satu area kulit tubuh.Namun, jika yang menjadi biang kerok gatal tanpa sebab adalah kutu kasur, umumnya rasa gatal akan terasa di seluruh tubuh.

3. Eksim

Eksim atau dermatitis atopik sebenarnya lebih sering terjadi pada anak-anak. Namun, orang dewasa dan lansia juga dapat mengalaminya. Penyebab gatal-gatal di seluruh tubuh yang disebabkan oleh eksim, biasanya berwarna merah dan kering. 

4. Konsumsi obat-obatan tertentu

Konsumsi obat-obatan tertentu bisa pula jadi penyebab badan gatal-gatal tanpa sebab
Beberapa jenis obat bisa bikin gatal tanpa sebab
Konsumsi obat-obatan tertentu mungkin juga jadi penyebab badan gatal-gatal tanpa sebab. Ya, ada beberapa jenis obat-obatan yang bisa menimbulkan gatal pada kulit. Namun, badan gatal-gatal yang disebabkan oleh obat, biasanya tidak disertai ruam kemerahan. Kondisi ini umumnya akan hilang apabila konsumsi obat dihentikan.Beberapa obat yang dapat memicu timbulnya gatal-gatal di seluruh tubuh, antara lain:
  • Statin
  • Niacin
  • Obat penurun tekanan darah, seperti amlodipin
  • Obat pengencer darah
  • Obat diabetes
  • Obat anti malaria
  • Antibiotik

5. Gangguan saraf

Penyebab badan gatal-gatal tanpa sebab berikutnya adalah gangguan saraf. Kerusakan saraf bisa diakibatkan oleh penyakit tertentu atau cedera akibat benturan.Gatal akibat gangguan saraf, umumnya hanya terjadi di satu area, dan tidak menimbulkan ruam kemerahan sehingga kerap dianggap sebagai badan gatal tanpa sebab.Beberapa penyakit yang bisa menyebabkan kerusakan saraf, di antaranya herpes zoster, stroke, dan multiple sclerosis.

6. Kondisi psikologis

Depresi bisa menimbulkan badan gatal-gatal tanpa sebab
Saat stres, badan gatal-gatal tanpa sebab bisa terjadi
Kondisi psikologis bisa menimbulkan badan gatal-gatal tanpa sebab. Pasalnya, secara fisik, Anda mungkin akan terlihat baik-baik saja. Beberapa gangguan mental yang dapat menyebabkan kulit tubuh gatal-gatal tanpa sebab, yakni depresi, gangguan kecemasan, obsessive-compulsive disorder (OCD). 

7. Penyakit sistemik dalam tubuh

Badan gatal-gatal tanpa sebab yang jelas namun berlangsung lama dapat menandakan adanya penyakit lain, seperti:
  • Kelainan darah
  • Diabetes
  • Penyakit ginjal
  • Penyakit hati
  • HIV
  • Kelenjar tiroid hiperaktif

8. Kanker kulit

Pada kasus yang jarang terjadi, badan gatal-gatal tanpa sebab karena Anda tidak menyadarinya, bisa saja karena kondisi kanker kulit.Salah satu tanda kanker kulit yang dapat dikenali adalah munculnya bercak hitam di kulit. Bercak tersebut terkadang juga disertai dengan rasa gatal tanpa sebab.

Bagaimana cara menghilangkan kulit tubuh gatal-gatal tanpa sebab?

Meski badan gatal-gatal tanpa sebab kerap kali tidak disadari, sebenarnya ada penyebab tubuh gatal-gatal secara medis di baliknya. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab badan gatal-gatal tanpa sebab yang tengah Anda alami. Anda juga bisa menerapkan berbagai cara menghilangkan badan gatal-gatal di rumah dengan langkah berikut ini.

1. Oleskan lotion atau krim pelembap

Cara menghilangkan badan gatal-gatal tanpa sebab bisa dengan mengoleskan lotion atau krim pelembap. Anda bisa mengoleskan pelembap sesaat setelah mandi atau ketika kulit terasa kering. 

2. Gunakan krim resep dokter

Jika Anda mencurigai tubuh gatal-gatal tanpa sebab akibat kondisi penyakit kulit serius, seperti eksim atau dermatitis, maka segera konsultasikan dengan dokter spesialis kulit. Dokter mungkin akan meresepkan krim khusus yang mengandung kortikosteroid.

3. Obat antihistamin oles

Penggunaan salep antihistamin bisa jadi cara menghilangkan tubuh gatal-gatal. Antihistamin bisa membantu meredakan gatal pada kulit yang disebabkan oleh gigitan serangga.Untuk mencegah gigitan serangga, Anda juga dapat menggunakan lotion antinyamuk.

4. Penggunaan obat-obatan tertentu

Jika tubuh gatal-gatal tanpa sebab akibat penyakit sistemik tertentu, Anda bisa mengobatinya dengan pilihan obat sesuai dengan pengobatan penyakit yang dialami. Misalnya, tubuh gatal-gatal karena kerusakan saraf, maka dapat diobati dengan pemberian obat saraf, seperti gabapentin dan pregabalin.

5. Hentikan konsumsi obat pemicu gatal

Tubuh gatal-gatal tanpa sebab akibat konsumsi obat pemicu gatal bisa diatasi dengan menghentikan konsumsi obat tersebut. Namun, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menghentikannya.

Cara mencegah badan gatal-gatal muncul lagi di kemudian hari

Untuk mencegah tubuh gatal-gatal tanpa sebab di kemudian hari, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti:
  • Rutin menggunakan krim dan lotion pelembap untuk mencegah kulit kering
  • Memakai tabir surya untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari
  • Saat mandi, gunakan sabun yang berbahan ringan agar kulit tidak iritasi
  • Jangan mandi menggunakan air panas, gunakan air suam-suam kuku atau air hangat
  • Hindari menggunakan pakaian yang berbahan gatal, seperti wol dan bahan sintetis
  • Jaga kelembapan di dalam ruangan, seperti memasang humidifier di rumah
  • Jika kulit terasa gatal, jangan digaruk. Sebaliknya, kompres kulit yang gatal dengan handuk dingin atau es batu

Kapan gatal tanpa sebab perlu dikonsultasikan ke dokter spesialis kulit? 

Anda perlu waspada bila kulit gatal tanpa sebab yang dialami, terjadi terus-menerus.Terlebih, jika badan gatal-gatal bentol tanpa sebab disertai pula dengan kulit mengelupas, kulit bersisik, ruam, bentol-bentol, bintik kemerahan, hingga muncul lenting cairan. Begitu pula apabila disertai dengan keluhan medis lainnya. Jadi, selalu konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis penyebab pasti dan penanganannya yang tepat. Anda pun dapat berkonsultasi langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk menanyakan kulit gatal-gatal tanpa sebab yang dialami.Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
gatalkulit keringgigitan nyamukpruritusgigitan serangga
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/311473.php
Diakses pada 20 Agustus 2019
Healthline. https://www.medicalnewstoday.com/articles/311473.php
Diakses pada 20 Agustus 2019
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/diseases/itchy-skin/skin-itches-uncontrollably
Diakses pada 20 Agustus 2019
WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/guide/skin-conditions-pruritus
Diakses pada 20 Agustus 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait