Mengenal Ayahuasca, Tanaman Pemicu Halusinasi yang Punya Manfaat dan Risiko Berbahaya


Ayahuasca merupakan obat tradisional dari Amazon yang bisa memunculkan halusinasi bagi penggunanya. Obat ini membawa banyak manfaat sekaligus efek samping yang berbahaya untuk kesehatan

0,0
08 Aug 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
ayahuasca obat tradisionalAyahuasca sering digunakan untuk membangun halusinasi
Pengobatan dengan menggunakan ayahuasca semakin populer karena punya beragam manfaat untuk kesehatan. Penggunaannya bisa memengaruhi kerja otak hingga memberikan efek psikedelik. Biarpun kabarnya ayahuasca memiliki banyak manfaat, tanaman ini juga punya efek samping yang bisa merugikan. Simak penjelasannya di bawah ini untuk mengetahui fakta-fakta seputar pengobatan ayahuasca.

Mengenal ayahuasca

Ayahuasca merupakan minuman yang dibuat dari daun tanaman Psychotria viridis dan batang pohon Banisteriopsis caapi. Namun, ada yang mengatakan bahwa ada tambahan bahan lain dalam ramuan tersebut. Minuman yang berasal dari wilayah Amazon ini dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk upacara adat. Namun, dalam perkembangannya diketahui bahwa minuman ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Orang-orang yang menggunakannya seperti dibawa ke alam mimpi atau semacam halusinasi yang sangat jelas.Halusinasi yang muncul ini terjadi karena tanaman ini mengandung N-dimethyltryptamine (DMT) alami. Kandungan ini akan memengaruhi sistem saraf pusat yang membuat kesadaran berubah. Nantinya memberikan efek pada tubuh yang menyangkut kesadaran.Pada masyarakat adat, penggunaan ayahuasca ini perlu didampingi oleh mereka yang sudah dipercaya. Masyarakat luar yang ingin menggunakan obat ini perlu mengikuti pola makan yang disarankan. Mereka dilarang merokok, mengonsumsi alkohol, kafein, obat-obatan terlarang, dan disarankan hanya mengonsumsi sayur dan buah. Cara ini diklaim untuk membersihkan diri dari racun yang ada di dalam tubuh.

Manfaat ayahuasca untuk kesehatan

Banyak penelitian yang memberikan klaim atas manfaat dari penggunaan ayahuasca. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari obat tradisional ini:

1. Menjaga kesehatan otak

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ayahuasca memiliki antioksidan yang tinggi. Selain itu, kandungannya pun mampu meredakan stres. Pengobatan ini dipercaya mampu menjaga saraf dan mengurangi peradangan. Biarpun begitu, manfaat ini masih butuh penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

2. Menenangkan

Penelitian lain juga melihat adanya manfaat ayahuasca pada tingkat kesadaran dalam berpikir. Mengonsumsi ayahuasca satu kali seminggu selama empat minggu berturut-turut dapat mengurangi stres pada seseorang. Penggunaannya pun diyakini mampu membuat orang lebih tenang dalam menerima keadaan.

3. Mengendalikan emosi

Pengobatan ini juga cocok untuk orang yang sulit mengendalikan emosinya. Ayahuasca mampu mengatur suasana hati dengan mengurangi stres serta mencegah depresi. Kandungan dalam obat tradisional ini  memiliki efek antidepresan yang dapat bertahan hingga beberapa minggu. Ayahuasca juga dapat mengobati gangguan kecemasan berlebih akibat banyak faktor.

4. Mengobati stres pascatrauma

Trauma akan bersarang lama di ingatan seseorang dan mungkin akan menimbulkan stres berlebih. Ayahuasca dapat berperan untuk memprogram ulang rasa stres pascatrauma ini dan menghilangkan rasa takut yang muncul. Namun, perlu penelitian lebih lanjut untuk melihat keamanan penggunaannya pada orang yang memiliki trauma.

5. Menghilangkan kecanduan

Ayahuasca juga punya manfaat untuk menurunkan gangguan dari zat yang berbahaya untuk tubuh. Sebuah penelitian menyebutkan, terapi menggunakan ayahuasca mampu menurunkan ketergantungan pada alkohol, tembakau, dan kokain.

6. Menghilangkan Keinginan untuk bunuh diri

Banyak penyebab yang membuat seseorang memiliki niat untuk bunuh diri. Hal ini sering terjadi akibat depresi atau tekanan lain dalam kehidupan. Dalam sebuah studi, ditemukan bahwa ayahuasca mampu menurunkan kecenderungan seseorang ingin bunuh diri. Namun, studi lanjutan tetap dibutuhkan untuk memperkuat pernyataan tersebut.

Efek samping ayahuasca

Biarpun memiliki banyak manfaat, ayahuasca juga punya efek samping yang cukup serius. Berikut efek samping yang mungkin muncul:
  • Kecemasan berlebih
  • Paranoid
  • Diare
  • Mual
  • Muntah
  • Peningkatan detak jantung
  • Peningkatan tekanan darah
Dalam beberapa kasus, penggunaan ayahuasca juga bisa menyebabkan kematian. Pasalnya, ayahuasca akan bereaksi dengan banyak obat dan kondisi medis dari penggunanya.

Catatan dari SehatQ

Ayahuasca menambah pilihan pengobatan tradisional yang memiliki banyak manfaat. Kandungannya mampu menurunkan kadar stres dan mencegah ketergantungan obat-obatan. Sayangnya, penggunaannya tetap memiliki risiko dari efek samping yang mungkin muncul. Penggunaan yang berlebihan bahkan bisa menyebabkan kematian.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar ayahuasca dan manfaatnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan mentaltanaman obat
Healthline https://www.healthline.com/nutrition/ayahuasca
Diakses pada 24 Juli 2021
Adf https://adf.org.au/drug-facts/ayahuasca/
Diakses pada 24 Juli 2021
Medical News Today https://www.medicalnewstoday.com/articles/ayahuasca
Diakses pada 24 Juli 2021
Addiction Center https://www.addictioncenter.com/drugs/hallucinogens/ayahuasca/
Diakses pada 24 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait