Bayi 8 Bulan Sudah Bisa Merangkak, Ini Perkembangan yang Tak Boleh Terlewatkan


Tumbuh kembang bayi 8 bulan yang meliputi perkembangan fisik, kognitif hingga emosi semakin menakjubkan di setiap harinya, mulai dari sudah bisa merangkak hingga berceloteh.

(0)
30 Sep 2019|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Sudah bisa duduk tanpa disokong adalah salah satu tumbuh kembang bayi 8 bulan yang bisa dicapaiPerkembangan bayi 8 bulan sangatlah pesat dari sisi motorik, kognitif, hingga emosi
Ayah dan bunda, bayi 8 bulan, selain sudah bisa bereaksi secara emosional, juga sudah mulai duduk tanpa sokongan dan menggerakkan kaki naik turun saat berdiri. Tidak hanya itu, perkembangan dari segi fisik dan motorik pun berlangsung dengan sangat cepat.Setiap harinya, ada saja kejutan-kejutan yang ia berikan sebagai bukti dirinya sudah berkembang dan siap memulai petualangan baru dengan Anda. Meski setiap bayi bisa berbeda, namun secara umum, ada milestone yang bisa menjadi tolok ukur perkembangan buah hati Anda. Penasaran apa saja perkembangan bayi usia 8 bulan? Berikut ulasan selengkapnya.

Perkembangan bayi 8 bulan secara fisik

Perkembangan fisik bayi usia 8 bulan salah satunya dapat dilihat dari ukuran tubuhnya. Menurut grafik pertumbuhan yang dikeluarkan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) berdasarkan rekomendasi WHO, berikut ini ukuran tubuh rata-rata untuk bayi berusia 8 bulan.

1. Untuk bayi laki-laki

Untuk bayi laki-laki, berikut ini pertumbuhan rata-rata yang bisa dicapai di usia 8 bulan.
  • Berat badan: 8,6 kg
  • Panjang badan: 70,5 cm
  • Lingkar kepala: 44,5 cm
  • Indeks massa tubuh: 17,3 kg/m²

2. Untuk bayi perempuan

Bag bayi perempuan, berikut ini pertumbuhan rata-rata yang bisa dicapai di usia 8 bulan.
  • Berat badan: 8 kg
  • Panjang badan: 69 cm
  • Lingkar kepala: 43,5 cm
  • Indeks massa tubuh: 16,8 kg/m²
Karena ukuran di atas adalah ukuran normal rata-rata, maka apabila Si Kecil berada sedikit di atas atau di bawah ukuran ini, Anda tidak perlu terlalu khawatir.Umumnya berat badan bayi baik laki-laki maupun perempuan akan terus bertambah seiring dengan pertambahan usia mereka. Panjang dan bobot mereka mungkin akan lebih besar dari tinggi dan bobot bayi saat usia 7 bulan.Dikutip dari Kemenkes, penambahan tinggi dan berat badan bayi umur 2-8  bulan rata-ratanya adalah 2,1 kg untuk bayi laki-laki dan 2 kg untuk bayi perempuan. Konsultasikan lebih jauh dengan dokter spesialis anak, apabila Si Kecil memiliki ukuran yang jauh lebih besar atau lebih kecil dari ukuran rata-rata.

Perkembangan bayi umur 8 bulan secara motorik

Bayi usia 8 bulan, tenaganya sudah mulai bertambah. Otot-otot bayi juga sudah lebih kuat dan kemampuan motoriknya semakin meningkat. Di usianya yang memasuki 8 bulan, ia sudah bisa berdiri menahan berat badannya dan berdiri sambil berpegangan dengan kursi atau meja.Pada usia ini juga umumnya bayi sudah mulai merangkak. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir apabila buah hati Anda belum bisa melakukan hal yang sama. Pasalnya, beberapa bayi membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk belajar merangkak dan beberapa lainnya bahkan dapat langsung berjalan, tanpa melewati proses merangkak.Selain itu, ada beberapa kemampuan lain yang akan dimiliki bayi saat usia 8 bulan, di antaranya:
  • Mengambil benda dan Memindahkannya dari tangan yang satu ke tangan ke tangan yang lain
  • Berguling dari depan ke belakang, maupun sebaliknya
  • Duduk tanpa sokongan
  • Menggerakkan kaki naik turun, saat sedang dalam posisi berdiri
  • Dapat bergerak mundur
  • Menyendokkan benda menggunakan tangan terbuka
  • Mengambil barang dengan hanya menggunakan jari telunjuk dan jempol (seperti menyubit)
  • Menumpuk mainan, seperti blok-blok
Kawal kemampuan motorik bayi dengan selalu mengajak mereka bermain. Berikan mainan bayi yang lembut dengan tekstur yang berbeda untuk merangsang kemampuan motorik mereka. Awasi juga penggunaan benda keras atau berbahaya seperti kursi dan meja yang mereka gunakan agar tidak memicu cedera yang tidak diinginkan. 

Perkembangan bayi 8 bulan secara kognitif

Perkembangan kognitif bayi usia 8 bulan, dapat dilihat dari minatnya yang sudah mulai senang mengeksplor dan mengenal barang-barang baru. Si Kecil akan mulai tertarik untuk belajar banyak hal secara cepat.Di usia ini, bayi akan mulai belajar mengenai konsep sebab dan akibat. Sehingga, Anda mungkin akan melihatnya mulai senang melempar sendok ke lantai saat sedang makan, untuk melihat konsekuensi yang akan terjadi.Bayi juga akan mulai mengenali posisi benda di kamarnya, atau di rumah, sehingga saat benda tersebut berpindah tempat, ia akan mencarinya. Si Kecil juga sudah mulai memiliki benda favoritnya, seperti boneka atau selimut kesayangan.Perkembangan bahasa bayi juga sudah lebih baik. Kata-kata seperti “mamama” atau “bababa” akan mulai keluar dari mulutnya. Bayi juga sudah mulai mengerti kata “tidak”. saat “bayi berbicara”, bayi juga mulai akan menggunakan gerakan tangan.Selain itu, beberapa hal di bawah ini juga dapat dilihat sebagai bagian perkembangan bayi 8 bulan secara kognitif.
  • Merespon ketika diajak berbicara dan membalas dengan mengeluarkan suara-suara.
  • Mengenali wajah-wajah familiar.
  • Suka melihat cermin.
  • Merespon ketika dipanggil namanya.
  • Belajar mengenai dunia dan lingkungan sekitarnya melalui sentuhan dan indra perasa.
  • Dapat melihat objek yang diinginkan dari sebrang ruangan
  • Mengerti kata-kata dasar yang sering diucapkan.
Untuk meningkatkan perkembangan kognitif bayi, Anda bisa mulai meningkatkan intensitas komunikasi dengan si Kecil. Ajak mereka bicara dan berikan mainan aneka warna. Sejumlah hal tersebut dapat membuat bayi mengenal lebih banyak kata sekaligus merangsang kemampuan kognitifnya. 

Perkembangan bayi umur 8 bulan secara emosional

Di usia ini, emosi atau perasaan bayi akan semakin terlihat. Bayi akan mulai bisa mengeksperikan apa yang ia rasakan. Ia mungkin akan bertepuk tangan ketika merasa senang, atau mencoba mencium atau melambaikan tangan orangtua maupun keluarga lain yang ia temui.Bayi juga akan mulai belajar perasaan orang lain dan mencoba menirunya. Ia juga akan mulai menunjukan empati. Sebagai contoh, saat Si Kecil melihat bayi lain menangis, ia mungkin akan mulai ikut menangis.Pada usia 8 bulan, bayi juga mulai dapat merasa malu saat bertemu dengan orang asing, atau menangis ketika Anda menitipkannya ke pengasuh saat akan bekerja. Ini adalah awal dimulainya separation anxiety.Di saat yang bersamaan, ia juga akan belajar, bahwa saat Anda menitipkannya ke pengasuh, bukan berarti Anda tidak akan kembali lagi untuk menjemputnya.

Perkembangan bayi usia 8 bulan bisa berbeda-beda

Anda perlu ingat bahwa tidak semua bayi berkembang dengan tempo yang sama. Setiap bayi, adalah individu unik yang dapat berkembang dengan caranya sendiri-sendiri.Sehingga, Anda tidak perlu terlalu khawatir apabila Si Kecil dirasa belum memenuhi semua daftar perkembangan bayi 8 bulan seperti di atas. Perbedaan perkembangan bayi juga dapat terjadi pada bayi yang lahir prematur.Pada bayi yang lahir prematur, perkembangannya mungkin akan dirasa lebih lambat jika dibandingkan dengan bayi seusianya. Karena itu, untuk bayi prematur, dokter umumnya akan memberikan dua acuan umur untuk melihat perkembangannya, yaitu usia kronologis dan usia koreksi.
  • Usia kronologis. Usia kronologis adalah usia sesuai tanggal kelahirannya, yang lebih cepat dari hari perkiraan lahir (HPL).
  • Usia koreksi. Usia koreksi adalah usia yang dihitung dari HPL bayi.
Memantau perkembangan bayi 8 bulang yang lahir prematur, tidak didasarkan pada usia kronologisnya, melainkan dari usia koreksinya.Untuk membantu bayi mencapai perkembangan yang sama dengan bayi usia 8 bulan lainnya, Anda juga bisa memberikan stimulasi rutin. Stimulasi akan merangsang otak bayi untuk terus berkembang, sehingga ia bisa mencapai milestone sesuai usianya.Contoh stimulasi yang bisa diberikan orangtua antara lain:
  • Terus mengajaknya berbicara dengan bahasa yang baik
  • Membacakan dongeng
  • Membantunya merasakan tekstur-tekstur dan rasa-rasa baru
  • Memancing kemampuan berjalan dengan titah atau memegang kedua tangan bayi saat ia mulai belajar berdiri atau bergerak dengan kakinya

Tumbuh kembang bayi 8 bulan yang harus diperhatikan

Meski perkembangan setiap bayi bisa berbeda, namun Anda juga perlu mengenali tanda-tanda gangguan tumbuh kembang bayi 8 bulan. Dengan begitu, Anda dapat segera berkonsultasi dengan dokter, seputar kondisi Si Buah Hati.Konsultasikan dengan dokter, apabila pada usia 8 bulan, anak mengalami kondisi seperti di bawah ini.
  • Tidak berusaha menggapai atau mengambil barang-barang yang ada di dekatnya
  • Tidak merespons perhatian yang Anda berikan
  • Terlihat tidak merespons suara.
  • Tidak dapat memasukkan sesuatu, seperti mainan atau boneka ke mulut
  • Tidak dapat menghasilkan suara
  • Tidak dapat berbalik atau berguling sendiri
  • Tidak pernah tertawa atau mengeluarkan suara senang lainnya
  • Tubuhnya terlihat kaku, tidak mudah bergerak, termasuk di bagian kepala
  • Berat badannya tidak kunjung bertambah
Usia 8 bulan masih masuk dalam 1.000 hari pertama kehidupan Si Kecil. Sehingga pada usia ini, perkembangannya akan berlangsung dengan pesat. Sebagai orangtua, Anda perlu terus mengawasi perkembangan bayi usia 8 bulan, karena masa-masa ini perubahan akan terjadi dengan sangat cepat dan tentunya tidak dapat diulang.
tumbuh kembang bayitinggi bayiberat badan bayibayiperkembangan bayi
WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-8-month-old#1
Diakses pada 30 September 2019
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/your-8-month-old-baby-development-and-milestones-4173159
Diakses pada 30 September 2019
Baby Centre. https://www.babycentre.co.uk/a725/your-eight-month-olds-development
Diakses pada 30 September 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/8-month-milestones#1
Diakses pada 30 September 2019
Ikatan Dokter Anak Indonesia. http://www.idai.or.id/professional-resources/growth-chart/kurva-pertumbuhan-who
Diakses pada 30 September 2019
Kemenkes. http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__2_Th_2020_ttg_Standar_Antropometri_Anak.pdf Diakses pada 16 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait