Ayah dan Bunda, Ajak Si Kecil Bermain Jenis-Jenis Permainan Bayi Ini

Terdapat bermacam-macam permainan bayi yang bisa dilakukan bersama Si Kecil
Menirukan celoteh bayi merupakan salah satu permainan bayi yang menyenangkan

Bayi akan merasa senang ketika diajak bermain. Orangtua dapat menciptakan berbagai permainan yang menarik dan mudah dilakukan bersama bayi. Bermain juga merupakan cara bayi untuk belajar.

Keterampilan dan perkembangan bayi pun dapat meningkat dengan melakukan permainan. Selain itu, permainan juga dapat membantu bayi berkomunikasi dan memahami dunia di sekitarnya. Lantas, apa saja permainan bayi yang baik untuk dilakukan?

Beragam jenis permainan bayi

Waktu terbaik mengajak bayi bermain adalah ketika dirinya aktif, dan menunjukkan tanda-tanda ingin bermain, seperti tertarik mengamati Anda atau orang lain, tersenyum, dan mencoba meraih orang di sekitarnya. Sementara itu, jangan mengajak bayi bermain atau berhentilah bermain jika ia menangis, gumoh, dan memalingkan wajah.

Dalam menciptakan kedekatan dengan bayi dan membuatnya bersenang-senang, Anda dapat mencoba berbagai jenis permainan bayi. Beberapa permainan bayi yang bisa dilakukan bersama buah hati Anda, di antaranya:

  • Cilukba

Salah satu permainan bayi yang populer dan tak lekang oleh waktu adalah cilukba. Anda juga dapat melakukannya dengan mudah. Cukup sembunyikan wajah Anda di belakang tangan, tahan selama beberapa detik. Kemudian, buka dan katakan cilukba pada bayi.

Ini akan membuat bayi terhibur dan terkesima karena melihat wajah Anda yang hilang dan muncul kembali. Ketika bayi mulai memahami permainan ini, mereka mungkin akan mencoba menemukan Anda dengan menggapai tangan Anda saat bersembunyi.

  • Pok ame ame

Siapa yang tidak tahu permainan pok ame ame? Permainan bertepuk tangan sambil bernyanyi ini merupakan cara yang baik untuk membantu bayi mengembangkan sejumlah keterampilan penting. Ritme dan pengulangan nada ketika bernyanyi akan membantu bayi meningkatkan keterampilan bahasa. 

Rasa sentuhan ketika Anda membuatnya bertepuk tangan lembut juga dapat membantu merangsang indra sentuhannya. Ketika bayi bertambah besar, ia akan mencoba meniru gerakan Anda. Hal ini membantunya mengembangkan keterampilan motorik dan koordinasi tangan serta mata.

  • Menyanyikan lagu

Bayi akan merasa senang jika orangtua bernyanyi untuknya. Hal ini akan membantu memperdalam ikatan Anda bersamanya. Selain itu, menyanyikan lagu ketika memandikan bayi atau berjalan-jalan di taman dapat membantu bayi membangun kosakata. Jangan mengubah kalimat pada lagu menjadi cadel, ucapkan dengan kosakata yang benar agar bayi mempelajari  kata baru.

  • Menirukan bayi

Ketika bayi berceloteh da-da, ba-ba, cobalah menirukan suaranya. Ini akan membantu bayi mengembangkan keterampilan berbicaranya. Begitu pula ketika bayi tersenyum, ikutlah tersenyum sambil menatap wajahnya. Hal ini dapat membantu kepercayaan diri bayi berkembang karena melihat Anda bersenang-senang dan menikmati kebersamaan dengannya.

  • Mengenali bagian tubuh

Ini merupakan permainan bayi yang menyenangkan dan sederhana. Anda dapat bertanya pada bayi di mana letak hidung, pipi, rambut, atau anggota tubuh lain dengan suara dan ekspresi yang lucu. Selanjutnya, sentuhlah bagian tubuh yang Anda tanyakan pada bayi dengan lembut dan katakan “Di sini!”. Tersenyum dan tertawalah bersama bayi.

Permainan ini dapat mengembangkan keterampilan bahasa bayi. Selain itu, melakukannya secara berulang dengan anggota tubuh yang berbeda dapat membantu bayi mulai mempelajari arti kata yang berbeda.

  • Memainkan bola

Permainan lain bersama bayi yang bisa Anda lakukan, yaitu memainkan bola. Pilihlah bola yang tidak keras, bertekstur dan berwarna cerah untuk menarik perhatian bayi. Selanjutnya, cobalah berikan bola pada bayi Anda dan lihat apa yang akan ia lakukan.

Anda dapat menunjukkan padanya berbagai cara memainkan bola, seperti memindahkannya dari tangan satu ke tangan yang lain, menggelindingkannya dengan pelan atau memasukkannya ke dalam wadah. Permainan ini dapat melatih ketangkasannya, dan membantu pergerakan ototnya.

Tips aman bagi bayi untuk bermain

Bermain bersama bayi tentu menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi orangtua. Namun, saat mengajaknya bermain Anda juga harus memerhatikan keamanan bayi. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika bermain bersama bayi, yaitu:

  • Jauhkan benda tajam dan benda lain yang berpotensi membahayakan dari jangkauan bayi.
  • Jangan mencoba melompatkan bayi ke udara karena dapat menyebabkan Shaken baby syndrome yang dapat menyebabkan kebutaan dan kerusakan otak permanen.
  • Pastikan bayi tidak dapat menarik lampu atau benda listrik lain di sekitarnya.
  • Jauhkan bayi dari taplak meja karena bayi dapat menariknya dan dikhawatirkan akan tertimpa benda yang ada di atas meja.
  • Pastikan area bermain nyaman dan aman. Tempat yang nyaman dan aman dapat membuat bayi merasa bebas ketika bermain sehingga baik untuk perkembangannya.
  • Selama bermain, perhatikan apa pun yang dilakukan bayi dan jangan sampai lengah.
  • Tidak perlu menaruh boneka dan bantal di sekitar kasur bayi, karena justru dapat menyebabkan gangguan pernapasan bayi dari bulu-bulu boneka dan bantal.
  • Ingatlah untuk tidak meninggalkan bayi sendirian jika Anda ingin buang air di sela-sela waktu bermain. Sebaiknya, panggil anggota keluarga lain untuk membantu menjaga bayi sebentar.

Melakukan berbagai hal tersebut dapat membuat permainan bayi tak hanya menyenangkan, namun juga aman. Selamat mencoba!

WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/10-fun-baby-games-babys-first-year#1
Diakses pada 08 November 2019

Web MD. https://www.webmd.com/parenting/guide/baby-safety#1
Diakses pada 08 November 2019

What to Expect. https://www.whattoexpect.com/first-year/playtime-tips/baby-play-safety-tips.aspx
Diakses pada 08 November 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed