Self talk positif sangat bermanfaat bagi kesehatan mental Anda

Ketika Anda berbicara dengan diri Anda sendiri, inilah yang disebut dengan self talk. Biasanya dialog dengan diri sendiri ini dipengaruhi oleh pikiran bawah sadar Anda dan umumnya mengungkapkan pikiran, kepercayaan, pertanyaan, dan ide-ide.

Bagaimana isi self talk dalam pikiran Anda akan mengungkapkan juga seberapa optimis Anda dalam menjalani kehidupan. Jika Anda adalah orang yang optimis, self talk dalam pikiran Anda pastilah berisi hal-hal yang penuh harapan dan sikap positif.

Namun jika Anda termasuk orang yang pesimis, self talk yang Anda lakukan pastilah berisi sesuatu yang menyedihkan dan mencakup hal-hal negatif lainnya.

Oleh karena itu, jika Anda menyadari bahwa isi self talk yang biasa dilakukan lebih banyak negatifnya daripada positifnya, sebaiknya segeralah belajar untuk mengubah itu.

Bahaya dari self talk negatif bagi diri sendiri

Self talk negatif dapat membuat seseorang menjadi minder dan kurang percaya diri
Sering melakukan self talk negatif rentan membuat Anda menjadi depresi

Sering mengatakan hal negatif terhadap diri sendiri memiliki dampak sebagai berikut:

  • Pemikiran Anda menjadi terbatas

Misalnya Anda sudah mencap bahwa Anda tidak bisa melakukan sesuatu. Semakin sering Anda mendengar ungkapan tersebut, tanpa sadar Anda akan semakin memercayai ungkapan tersebut benar.

  • Perfeksionis

Anda menjadi punya pemikiran bahwa sekedar “bagus” saja tidaklah cukup. Sesuatu harus dilakukan dengan “sempurna” karena kesempurnaan dapat dicapai.

  • Perasaan depresi

Self talk negatif yang tidak segera dicegah dapat membuat seseorang menjadi depresi.

  • Muncul tantangan dalam membina hubungan dengan orang lain

Tanpa disadari, self talk negatif dapat membuat Anda memiliki kebiasaan yang sebenarnya bisa mengganggu orang lain. Misalnya Anda jadi minder dan kurang percaya diri.

Mengapa penting untuk memiliki self talk positif?

Self talk positif dapat mengurangi dampak negatif dari stres dan kecemasan
Dengan memiliki self talk positif, Anda akan merasa sehat secara fisik

Mungkin banyak orang yang berpikir bahwa dengan memiliki harta benda yang diinginkan dapat membuat seseorang merasa bahagia. Namun para peneliti mengungkap bahwa hanyalah 10% kebahagiaan yang dapat diukur dari materi.

90% lainnya, tak lain dan tak bukan adalah berasal dari cara pandang Anda terhadap kehidupan. Tanpa disadari, cara Anda memandang kehidupan berawal dari self talk seperti apa yang biasa Anda lakukan – entah itu positif ataupun negatif.

Beberapa manfaat lainnya dari self talk positif antara lain yaitu:

  • Menjadi penyemangat dalam kehidupan.
  • Memiliki kepuasan hidup yang lebih besar.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Mengurangi rasa sakit.
  • Kesehatan kardiovaskular menjadi lebih baik.
  • Merasa sehat secara fisik.
  • Mengurangi risiko kematian.
  • Mengurangi stres dan penderitaan.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki self talk positif terbukti mampu menyelesaikan masalah sendiri, berpikir secara berbeda, dan memiliki keterampilan dalam mengatasi kesulitan atau menghadapi tantangan. Hal inilah yang seharusnya dimiliki semua orang agar dapat mengurangi dampak negatif dari stres dan kecemasan.

Bagaimana cara mengetahui apakah saya lebih sering memiliki self talk positif atau negatif?

Mungkin Anda merasa bingung apakah self talk yang sering Anda miliki sebagian besar berisi kata-kata positif atau negatif. Berikut adalah beberapa bentuk umum dari self talk negatif:

1. Menyaring segala hal positif

Ini terjadi ketika Anda hanya menonjolkan aspek negatif dari suatu situasi dan tidak menunjukkan sisi positifnya.

2. Cenderung menyalahkan diri sendiri

Jika ada suatu hal buruk yang terjadi, Anda langsung menyalahkan diri sendiri. Padahal belum tentu Anda yang menyebabkan peristiwa buruk tersebut terjadi.

3. Menganggap hidup penuh kesialan

Ketika Anda mengalami satu kejadian yang kurang menyenangkan, maka Anda merasa sisa hari Anda akan buruk dan penuh kesialan.

4. Selalu ingin segala sesuatu berjalan sempurna

Bagi Anda, hanya ada istilah baik atau buruk dalam sebuah penilaian. Tidak ada yang sedang-sedang saja. Anda merasa bahwa harus menjadi sempurna atau tidak berhasil sama sekali.

Tips untuk melatih diri memiliki self talk positif

Melatih diri untuk self talk positif dapat membuat hidup seseorang lebih damai dan tidak mudah stres
Walaupun Anda sedang terjebak dalam situasi yang sulit, jangan lupa untuk tertawa

Jika Anda menyadari bahwa Anda lebih sering melakukan self talk negatif daripada self talk positif, ayo coba ikuti beberapa cara mudah berikut ini agar Anda dapat selalu memiliki self talk positif.

  • Identifikasi bagian mana yang ingin Anda ubah. Anda perlu mengetahui terlebih dahulu hal-hal negatif apa yang sering Anda pikirkan, apakah itu berhubungan dengan pekerjaan Anda, hubungan dengan pasangan, atau yang lainnya. Kemudian Anda dapat mulai mengubah cara pandang dengan lebih positif.
  • Temukan sisi lucu dari segala sesuatu. Terbukalah untuk humor, walaupun Anda sedang berada dalam situasi sulit sekalipun. Jangan ragu untuk menertawakan hidup Anda sendiri, karena Anda dapat mengurangi stres dengan tertawa.
  • Praktikkan gaya hidup sehat. Melakukan olahraga itu penting dan dapat memengaruhi suasana hati menjadi positif dan mengurangi stres. Anda juga dapat mempelajari teknik untuk mengelola stres.
  • Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang memiliki sifat positif. Pastikan orang-orang yang berada di sekitar Anda adalah orang-orang yang suportif dan dapat memberi saran atau umpan balik yang bermanfaat untuk Anda. Orang-orang yang bersifat negatif dapat membuat Anda bertambah stres dan membuat Anda menjadi ragu untuk dapat mengelola stres dengan cara yang sehat.
  • Praktikkan self talk Coba ingat-ingat satu aturan sederhana ini dalam pikiran Anda: Jangan katakan sesuatu pada diri Anda sendiri apa yang tidak akan Anda katakan kepada orang lain. Selalu ingat juga akan apa saja hal-hal yang Anda syukuri dalam hidup.

Dengan membiasakan diri untuk self talk positif, Anda akan memiliki kedamaian dalam hidup dan tidak mudah stres. Selamat mencoba!

Healthline. https://www.healthline.com/health/positive-self-talk Diakses pada 6 September 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/stress-management/in-depth/positive-thinking/art-20043950 Diakses pada 6 September 2019

WebMD. https://www.webmd.com/balance/features/positive-self-talk#1 Diakses pada 6 September 2019

Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/negative-self-talk-and-how-it-affects-us-4161304 Diakses pada 7 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed