logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
Forum
Olahraga

Cara Mengatasi Pergelangan Tangan Terkilir

open-summary

Penyebab pergelangan tangan bengkak dan sakit bisa dikarenakan terkilir atau keseleo. Jika masih dalam cedera tingkat 1 dan 2, kondisi ini bisa diatasi dengan metode RICE dan penggunaan gips. Namun jika sudah masuk tingkat 3, operasi adalah jalan satu-satunya untuk menyembuhkan tangan terkilir tersebut.


close-summary

Ditinjau secara medis oleh dr. Reni Utari

24 Agt 2023

Pergelangan tangan yang terkilir bisa diobati dengan metode RICE

Pergelangan tangan yang terkilir bisa diobati dengan metode RICE

Table of Content

  • Penyebab pergelangan tangan terkilir
  • Tingkat keparahan pergelangan tangan terkilir
  • Cara menyembuhkan pergelangan tangan terkilir 

Pergelangan tangan terkilir atau keseleo terjadi ketika ligamen di area tersebut tertarik hingga robek sebagian atau seluruhnya. Kondisi ini bisa digolongkan sebagai cedera tangan ringan hingga berat, tergantung pada kerusakan ligamen yang terjadi.

Advertisement

Terkilir pada pergelangan tangan tergolong salah satu cedera yang sering dialami atlet. Namun, semua orang bisa merasakan sakitnya cedera ini, misalnya ketika terjatuh dengan tangan yang menyentuh lantai terlebih dahulu.

Penyebab pergelangan tangan terkilir

no caption
Pergelangan tangan bisa terkilir karena jatuh atau cedera

Penyebab pergelangan tangan terkilir antara lain:

  • Jatuh terutama dengan posisi tangan terulur menahan tubuh 
  • Cedera saat olahraga
  • Trauma seperti kecelakaan mobil

Meski jarang terjadi, penyebab pergelangan tangan keseleo, bengkak, hingga terkilir juga bisa disebabkan oleh beberapa kondisi kesehatan, seperti infeksi, arthritis rheumatoid, hingga artritis psoriasis.

Saat pergelangan tangan terkilir, ada beberapa gejala yang bisa kamu rasakan, antara lain: 

  • Nyeri
  • Memar
  • Bengkak
  • Nyeri tekan
  • Terasa hangat di sekitar pergelangan tangan
  • Terdengar bunyi ‘pop atau adanya sensasi robek di dalam pergelangan tangan

Gejala-gejala juga bisa menandakan kondisi yang lebih serius, seperti ligamen robek atau patah tulang, yang kerap disalahartikan sebagai pergelangan tangan keseleo. 

Jika dibiarkan, masalah ini berpotensi menyebabkan gangguan jangka panjang, seperti kekakuan, nyeri kronis, atau arthritis, yang bisa berakhir di meja bedah.

Tingkat keparahan pergelangan tangan terkilir

Pergelangan tangan yang terkilir memiliki derajat atau tingkat keparahan yang berbeda-beda pada setiap penderitanya. 

Perbedaan ini tergantung pada kondisi ligamen yang robek. Secara umum, berikut adalah tiga tingkatan cedera pergelangan tangan.

  • Cedera tingkat 1 menyebabkan ligamen di pergelangan tangan hanya robek sedikit sehingga kamu hanya merasakan bengkak, memar, dan sakit yang tidak parah.
  • Cedera tingkat 2 menyebabkan kerusakan ligamen yang lebih parah dari cedera tingkat 1. Akibatnya, pergelangan tangan menjadi sulit untuk digerakkan karena peradangan yang terjadi cukup parah.
  • Cedera tingkat 3 menyebabkan ligamen sepenuhnya robek. Nyeri pergelangan tangan terasa tidak tertahankan dan pergelangan tangan sama sekali tidak bisa digunakan.

Cara menyembuhkan pergelangan tangan terkilir 

Menyiapkan kompres es untuk pergelangan tangan yang terkilir
Menyiapkan kompres es untuk pergelangan tangan yang terkilir

Kondisi tangan keseleo dan terkilir memiliki tingkat keparahan yang berbeda. Pengobatan yang diberikan nantinya akan menyesuaikan dengan tingkat cedera tersebut. 

Untuk mengetahui tingkat keparahannya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik maupun penunjang menggunakan rontgen ataupun pemeriksaan radiologi lain seperti CT-Scan dan MRI. 

Berikut adalah cara mengobati keseleo pada pergelangan tangan yang direkomendasikan dokter: 

1. Pengobatan rumahan 

Jika cedera pergelangan tangan masuk pada tingkat 1 dan 2, cara mengobatinya masih bisa dengan perawatan mandiri di rumah. Salah satu cara menyembuhkan tangan terkilir dan keseleo tingkat ringan adalah dengan metode RICE. 

  • Rest: Istirahatkan pergelangan tangan selama minimal 48 jam.
  • Ice: Kompres pergelangan tangan yang terkilir dengan es batu yang dilapisi handuk atau kain untuk meredakan peradangan. Tempelkan selama 20-30 menit dan ganti setiap empat jam sekali. Lakukan langkah ini setiap hari hingga nyeri akibat terkilir hilang.
  • Compression: Bungkus pergelangan tangan terkilir dengan perban atau bebat khusus untuk cedera. Akan tetapi, jangan terlalu kencang karena dapat menghambat aliran darah.
  • Elevation: Mengangkat pergelangan tangan lebih tinggi dari posisi jantung. Langkah ini bertujuan melancarkan peredaran darah. Kamu bisa menyangga tangan dengan bantal

2. Pengobatan tanpa operasi  

Selain melakukan RICE, kamu juga bisa mengonsumsi obat antiradang nonsteroid (OAINS) yang dijual bebas untuk mengatasi nyeri pada pergelangan tangan yang terkilir

Supaya lebih aman, konsultasikan penggunaan obat-obatan ini dengan dokter karena bisa menyebabkan perdarahan atau memicu reaksi alergi

Gunakan splint atau gips untuk menjamin pergelangan tangan yang terkilir tidak bergerak selama masa pemulihan. 

Namun, alat ini sebaiknya hanya digunakan untuk jangka pendek. Penggunaan yang terlalu lama dapat menyebabkan kekakuan pada otot.

Jika nyeri di pergelangan tangan sudah hilang, kamu bisa mulai melakukan latihan ringan untuk mengembalikan kelenturan otot. 

Kamu juga bisa berkunjung ke fisioterapis untuk membantu mengembalikan fungsi pergelangan tangan seperti sedia kala.  

3. Operasi 

Jika sudah sampai tingkat tiga, cara menyembuhkan pergelangan tangan yang terkilir membutuhkan tindakan medis berupa operasi. 

Operasi pergelangan tangan terkilir yang parah dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama, prosedur menyambungkan kembali ligamen ke tulang. Kedua, prosedur rekonstruksi ligamen yang menggunakan tendon graft.

Setelah operasi, kamu masih harus melakukan serangkaian terapi rehabilitasi dengan tujuan mengembalikan kekuatan dan fungsi pergelangan tangan seperti semula.

Normalnya, ligamen pada pergelangan tangan keseleo pulih dalam 8-12 minggu. Namun, kamu mungkin butuh waktu 6-12 bulan untuk sembuh total. 

Waktu pemulihan ini tergantung pada kondisi cedera pergelangan tangan itu sendiri.

Tidak ada cara instan untuk sembuh dari pergelangan tangan terkilir. Sekalipun sudah merasa baikan atau tidak sakit lagi, kamu sebaiknya tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat sampai sembuh total.

Memaksakan pergelangan tangan terkilir yang belum sembuh benar untuk beraktivitas berat dapat membuatnya tidak akan bisa kembali seperti semula. 

Jadi, bersabarlah dan jalani proses pemulihan dengan komitmen.

Advertisement

cederaterkilirnyeri pergelangan tangan

Ditulis oleh Asni Harismi

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq
    FacebookTwitterInstagramYoutubeLinkedin

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Perusahaan

Dukungan

Butuh Bantuan?

Jam operasional:
07:00 - 20:00 WIB

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved