Awas, Pergelangan Tangan Terkilir Bisa Buat Anda Naik Meja Operasi

Pergelangan tangan terkilir mungkin tampak sepele, namun sebaiknya tidak dianggap remeh
Pergelangan tangan terkilir mungkin tampak sepele, namun sebaiknya tidak dianggap remeh

Pergelangan tangan terkilir tergolong salah satu cedera yang sering dialami oleh para atlet. Namun pada dasarnya, siapapun bisa merasakan sakitnya cedera ini, misalnya ketika terjatuh dengan tangan terlebih dulu menyentuh lantai sebagai reaksi untuk menyeimbangkan diri.

Keseleo atau terkilir di pergelangan tangan terjadi ketika ligamen yang berada di area ini tertarik hingga robek sebagian atau seluruhnya. Kondisi ini bisa digolongkan sebagai tingkat ringan hingga berat, tergantung kerusakan ligamen yang terjadi akibat terkilir itu sendiri.

Apa gejala pergelangan tangan terkilir?

Di dunia olahraga, atlet yang sering mengalami pergelangan tangan terkilir ialah pemain bola basket, pesenam, serta perenang. Demikian juga olahraga menantang, seperti ski maupun skateboard.

Namun Anda juga bisa mengalami cedera ini ketika mengalami benturan keras pada tangan. Misalnya, terjatuh, kecelakaan, atau dipukul. Kondisi terkilir juga bisa muncul ketika ligamen pergelangan tangan berputar secara tiba-tiba saat Anda membawa beban yang sangat berat.

Ketika pergelangan tangan terkilir, Anda akan mengalami gejala-gejala yang meliputi memar, bengkak, terasa sakit ketika disentuh, kulit yang hangat ketika disentuh, serta terdengar bunyi ‘pop’ atau adanya sensasi sesuatu yang sobek dalam pergelangan tangan.

Apabila mengalami cedera pada pergelangan tangan, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. Langkah ini akan memberikan diagnosis yang tepat mengenai tingkat keparahan cedera serta pengobatan yang sesuai.

Tingkat keparahan pergelangan tangan terkilir

Pergelangan tangan yang terkilir memiliki derajat dan tingkat keparahan yang berbeda-beda pada tiap penderita. Perbedaan ini tergantung dari kondisi ligamen yang robek. Secara umum, terdapat tiga derajat cedera pergelangan tangan:

  • Cedera tingkat 1 - ligamen di pergelangan tangan hanya robek sedikit, sehingga Anda cuma akan merasakan bengkak, memar, dan sakit yang tidak terlalu parah.
  • Cedera tingkat 2 – kerusakan ligamen terjadi lebih parah dari cedera tingat 1. Akibatnya, pergelangan tangan mulai sulit untuk digerakkan karena peradangan yang terjadi tergolong cukup parah.
  • Cedera tingkat 3 - ligamen mengalami robekan secara total. Pergelangan tangan akan mengalami nyeri yang tidak tertahankan dan sama sekali tidak bisa digunakan.

Menangani pergelangan tangan terkilir berdasarkan tingkat keparahannya

Pergelangan tangan yang terkilir sejatinya harus diperiksakan ke dokter. Dengan ini, tingkat keparahannya bisa diketahui dan langkah perawatan pun akan tepat guna.

Secara umum, berikut adalah langkah-langkah penanganan untuk kondisi terkilir pada pergelangan tangan terkilir yang direkomendasikan oleh dokter berdasarkan derajat keparahannya:

 

  • Cedera tingkat 1 dan 2

 

Untuk pengobatan cedera tingkat 1 dan 2, Anda bisa melakukan perawatan mandiri di rumah. Salah satu metode yang bisa Anda lakukan adalah RICE. Berikut penjelasannya:

 

  • Rest: Istirahatkan pergelangan tangan minimal selama 48 jam.

 

  • IceMengompres pergelangan tangan yang terkilir dengan es batu yang dilapisi handuk atau kain untuk meredakan peradangan. Tempelkan kompres selama 20-30 menit dan tiap empat jam sekali. Lakukan langkah ini setiap hari hingga nyeri akibat terkilir hilang.
  • Compress: Bungkus pergelangan tangan terkilir dengan perban atau bebat khusus untuk cedera. Tapi ingat, jangan terlalu kencang karena dapat menghalangi aliran darah.
  • Elevate: Mengangkat pergelangan tangan lebih tinggi dari posisi jantung. Langkah ini bertujuan melancarkan peredaran darah. Anda bisa menyangga tangan dengan bantal

 

 

Selain melakukan metode RICE, Anda juga bisa mengonsumsi obat antiinflamasi non-steroid (OAINS) yang beredar di pasaran. Namun untuk amannya, konsultasikan penggunaan obat ini dengan dokter terlebih dulu. Pasalnya, obat-obatan ini bisa menyebabkan perdarahan  atau memicu reaksi alergi

Gunakan splint atau gips guna menjamin pergelangan tangan terkilir tidak bergerak selama masa pemulihan. Tetapi alat ini sebaiknya hanya digunakan untuk jangka pendek. Penggunaan yang terlalu lama dapat menyebabkan kekakuan pada otot.

Jika nyeri di pergelangan tangan sudah hilang, Anda bisa mulai melakukan latihan ringan untuk mengembalikan kelenturan otot. Usahakan untuk meminta bantuan fisioterapis dalam membantu Anda mengembalikan fungsi pergelangan tangan ini. 

 

  • Cedera tingkat 3

 

Sekalipun cedera pergelangan tangan terasa ringan atau sedang, Anda sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang pasti. Cedera ringan atau sedang yang tidak ditangani dengan benar mungkin saja berubah menjadi cedera berat.

Ketika Anda divonis mengalami cedera ligamen tingkat berat, tidak ada jalan lain kecuali menyembuhkannya dengan jalan operasi.

Operasi penyembuhan untuk pergelangan tangan terkilir yang parah dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama, prosedur menyambungkan kembali ligamen ke tulang. Kedua, prosedur rekonstruksi ligamen yang menggunakan tendon graft.

Setelah operasi selesai, pemulihan Anda belum berakhir. Anda masih harus melakukan serangkaian terapi rehabilitasi dengan tujuan mengembalikan kekuatan serta fungsi pergelangan tangan seperti semula.

Normalnya, ligamen pada pergelangan tangan akan pulih dalam 8-12 minggu. Tetapi untuk sembuh total, Anda mungkin butuh waktu 6-12 bulan. Durasi penyembuhan ini tergantung pada kondisi cedera pergelangan tangan itu sendiri.

Memang, tidak ada cara instan untuk sembuh dari pergelangan tangan terkilir. Sekalipun sudah merasa baikan atau pergelangan tangan tidak sakit lagi, Anda sebaiknya tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat hingga bagian yang cedera sudah sekuat pergelangan tangan yang tidak cedera.

Memaksakan pergelangan tangan terkilir yang belum sembuh benar untuk beraktivitas berat akan membuat kondisi tangan Anda tidak akan pernah kembali seperti semula. Jadi, bersabarlah dan jalani proses pemulihan dengan komitmen penuh.

WebMD. https://www.webmd.com/fitness-exercise/wrist-sprain#1
Diakses pada 26 Juni 2019

American Academy of Orthopaedic Surgeons. https://orthoinfo.aaos.org/en/diseases--conditions/wrist-sprains
Diakses pada 26 Juni 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed