Atasi Gatal Alergi dengan 7 Langkah Ini

(0)
24 Jul 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Obat gatal alergi antara lain antihistamin, kortikosteroid dan calaminObat gatal alergi ada banyak jenisnya, Anda harus pilih sesuai kondisi
Jika kulit terasa gatal setelah mengonsumsi atau menyentuh sesuatu, maka ada kemungkinan Anda sedang mengalami alergi. Kondisi ini bisa juga disebut sebagai dermatitis kontak alergi.Rasa gatal yang muncul akibat alergi, biasanya juga akan disertai ruam kemerahan dan bentol-bentol kecil di kulit. Reaksi alergi ini bisa saja tidak langsung muncul begitu Anda berkontak dengan alergen atau bahan pemicu alergi. Sehingga saat Anda mengalaminya, cobalah untuk mengingat jenis makanan dan benda yang Anda sentuh beberapa waktu ke belakang untuk menentukan penyebab pastinya. Kondisi ini umumnya tidak berbahaya dan dapat diatasi dengan berbagai cara, baik itu alami maupun medis.

Ragam pengobatan gatal alergi

Cara utama untuk mengatasi gatal karena alergi adalah dengan menghentikan penggunaan bahan pemicu alergi tersebut. Setelah itu, beberapa cara di bawah ini dapat Anda coba untuk membantu meredakan rasa gatal di kulit.

1. Dengan obat antihistamin

Histamin adalah zat kimia di tubuh yang bisa memicu reaksi alergi di tubuh, termasuk rasa gatal. Dengan mengonsumsi obat antihistamin, maka kadar zat ini akan menurun dan rasa gatal alergi yang Anda rasakan pun dapat mereda.

2. Menggunakan obat atau salep kortikosteroid

Obat minum atau salep yang mengandung kortikosteroid juga dinilai efektif untuk bantu kurangi rasa gatal, baik itu karena alergi atau kondisi lainnya.

3. Mengoleskan pelembap kulit

Rasa gatal, termasuk yang disebabkan oleh alergi bisa membuat kulit menjadi kering. Mengoleskan pelembap, akan membuat air tersimpan di permukaan kulit, sehingga kondisi kering dan gatal bisa mereda.

4. Memberikan kompres dingin

Menutup area yang gatal dengan kompres dingin, efektif untuk membantu meredakan kondisi ini. Anda bisa lakukan cara ini beberapa kali sehari hingga rasa gatal sudah benar-benar hilang.

5. Mandi atau berendam air hangat

Berendam dengan air hangat yang sudah dicampur oatmeal ataupun baking soda, dapat membantu mengurangi rasa gatal alergi yang Anda rasakan. Selain berendam, mandi dengan air hangat juga bisa memberikan manfaat yang sama.

6. Mengoleskan salep dingin

Menggunakan salep gatal berbahan calamine yang juga mengandung menthol, sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa gatal akibat alergi. Anda juga dapat mencoba menggunakan salep berbahan capsaicin.

7. Mengenakan pakaian yang longgar

Menggunakan pakaian yang longgar bisa mengurangi gesekan kulit dengan bahan yang Anda kenakan. Selain itu, tubuh juga akan terasa lebih dingin dan membuat penyembuhan gatal lebih cepat berlangsung.

Kapan rasa gatal alergi harus langsung diperiksakan ke dokter?

Gatal alergi harus segera diperiksakan ke doker apabila kemunculannya disertai dengan gejala alergi lain yang parah, seperti:
  • Pembengkakan di wajah atau tenggorokan
  • Kesulitan bernapas
  • Alergi yang terjadi merata di seluruh tubuh
Gejala alergi yang parah bisa menghambat jalur napas sehingga seseorang akan kekurangan oksigen. Apabila tidak segera ditangani, bukan tidak mungkin bisa berujung pada kondisi yang paling parah yaitu kematian. Namun, hal ini jarang terjadi.Meski tidak muncul gejala di atas, Anda juga sebaiknya memeriksakan kondisi gatal akibat alergi apabila kondisi ini tidak kunjung mereda setelah tiga hari. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter umum terlebih dahulu. Jika kemudian kondisi Anda dirasa membutuhkan perawatan yang lebih intensif dan rinci, dokter akan merujuk ke dokter spesialis terkait.

Catatan dari SehatQ

Gatal alergi adalah hal yang wajar terjadi setelah Anda berkontak dengan alergen. Kondisi ini biasanya tidak berbahaya selama tidak disertai dengan gejala keparahan alergi seperti sesak napas.Gatal alergi bisa diobati dengan berbagai cara, mulai dari alami hingga medis. Apabila Anda memilih cara medis, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, sehingga bisa mendapatkan penanganan yang tepat.
Pastikan Anda mengetahui bahan-bahan pemicu reaksi alergi di tubuh sehingga bisa lebih waspada untuk menghindarinya.
alergigatalalergi akibat sengatan lebahalergi kacangalergi susualergi dingin
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/itchy-skin/symptoms-causes/syc-20355006
Diakses pada 10 Juli 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/311473
Diakses pada 10 Juli 2020
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/evaluate-your-itch-770366
Diakses pada 10 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/outdoor-health/best-remedies-for-itching
Diakses pada 10 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait