Salah satu gejala flu perut adalah sakit perut yang menyiksa
Ilustrasi seorang wanita yang sedang mengalami flu perut

Flu perut, yang juga dikenal sebagai viral gastroenteritis, merupakan penyakit yang menyerang pencernaan. Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa flu perut berkaitan dengan penyakit virus influenza. Padahal, flu perut dan influenza merupakan jenis penyakit yang tidak ada kaitannya.

Influenza hanya menyerang saluran pernapasan, seperti hidung, tenggorokan dan paru-paru, sementara gastroenteritis menyerang sistem pencernaan dan usus. Di Indonesia, flu perut juga dikenal dengan sebutan muntaber karena menyebabkan penderitanya mengalami mual, muntah dan juga diare.

Gejala dan penyebab flu perut

Flu perut dapat disebabkan oleh beragam varian virus. Salah satu virus yang paling sering menjadi penyebab flu perut adalah varian norovirus. Flu perut termasuk jenis penyakit yang sangat menular sehingga penyakit ini bisa mewabah atau menjadi penyakit musiman.

Penularan flu perut biasanya diakibatkan oleh:

  • Kontak langsung dengan penderita flu perut sehingga menyebabkan seseorang terpapar virus.
  • Mengonsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi virus penyebab flu perut.
  • Menyentuh permukaan yang terkontaminasi virus dan kemudian meletakkan tangan pada mulut, hidung, atau mata.

Masuknya norovirus ke dalam sistem pencernaan dapat menyebabkan terjadinya iritasi dinding usus sehingga mengalami peradangan.

Ketika seseorang tertular penyakit ini, beberapa gejala flu perut yang umumnya muncul, antara lain:

  • Mual
  • Tidak nafsu makan
  • Nyeri perut
  • Nyeri otot dan persendian
  • Demam menggigil.

Mengatasi flu perut secara alami

Gejala awal flu perut biasanya muncul dalam jangka waktu 1-3 hari setelah terpapar. Ada juga yang langsung merasakan gejala setelah 12-48 jam terpapar virus. Sebagian besar penderita flu perut membaik dengan sendirinya dalam beberapa hari tanpa adanya komplikasi lebih lanjut. Pada kasus yang parah, sakit flu perut bisa bertahan hingga 10 hari.

Tidak ada obat yang spesifik untuk menyembuhkan flu perut yang disebabkan oleh virus. Namun demikian, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan di rumah untuk mengurangi gejala dan memperkuat kekebalan tubuh untuk melawan virus penyebab flu perut.

1. MenJaga kadar cairan dalam tubuh

Karena flu perut dapat menyebabkan diare maka penting sekali untuk tetap mempertahankan kadar cairan dalam tubuh. Dehidrasi dapat menyebabkan komplikasi penyakit yang lebih serius.

Air putih dan cairan elektrolit bisa menjadi pilihan tepat untuk dikonsumsi. Sebaiknya, hindari minuman yang mengandung kafein atau alkohol karena dapat memperburuk keadaan.

2. Konsumsi makanan yang mudah dicerna

Saat terkena flu perut, saluran pencernaan dapat mengalami gangguan dan akan kesulitan mencerna makanan yang terlalu berat. Bubur, pisang, atau sup bisa menjadi pilihan tepat.

Sebagian orang mungkin akan merasa tidak nyaman setelah mengonsumsi makanan yang terbuat dari susu, makanan berlemak, atau mengandung tomat. Selain itu, sebaiknya hindari jenis makanan yang dapat menyebabkan diare memburuk, seperti makanan berserat tinggi dan makanan pedas.

3. Cukup istirahat

Istirahat yang cukup dapat membuat sistem kekebalan tubuh bekerja dengan maksimal dalam memerangi virus flu perut. Karena tubuh memerlukan banyak energi untuk kembali pulih, sebaiknya hentikan aktivitas-aktivitas yang mengharuskan Anda bekerja keras.

4. Konsumsi herbal

Beberapa jenis tanaman herbal yang diolah menjadi minuman dapat membawa manfaat signifikan untuk mengurangi gejala flu perut. Tanaman herbal yang dapat dikonsumsi, antara lain:

  • Jahe: bermanfaat untuk mengurangi peradangan juga rasa mual dan muntah. Jahe juga dapat mengurangi kram dan perut kembung.
  • Daun mint: daun ini bermanfaat untuk menenangkan dan meredakan sakit perut serta perut kembung.
  • Chamomile: chamomile adalah tanaman yang memiliki khasiat antiradang dan efektif untuk membuat otot rileks. Chamomile juga dapat membantu mengatasi diare, kembung, kram perut, dan mengurangi gas.

Untuk mencegah terjangkit flu perut maka kebersihan harus selalu terjaga. Anda harus sering mencuci tangan, mencuci makanan, dan memasaknya hingga matang. Jangan lupa juga untuk mencuci pakaian dan barang-barang yang sering digunakan.

Berikan disinfektan pada permukaan yang sering disentuh banyak orang, serta jangan menggunakan peralatan yang sama dengan penderita flu perut.

Centers for Desease Controls and Prevention
https://www.cdc.gov/norovirus/about/index.html
Diakses 13 Juni 2020

Medical News
https://www.medicalnewstoday.com/articles/310481#Stomach_flu_symptoms
https://www.medicalnewstoday.com/articles/310481#stomach_flu_treatments
https://www.medicalnewstoday.com/articles/310481#Home_remedies_for_stomach_flu
Diakses 13 Juni 2020

Medicinenet
https://www.medicinenet.com/gastroenteritis_stomach_flu/article.htm
Diakses 13 Juni 2020

Artikel Terkait