Atasi Capek Kerja dengan 12 Tips Mudah Ini

(0)
08 Oct 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Capek kerja dapat disebabkan oleh perasaan stres, segera atasi!Jangan salah, makan tidak teratur juga bisa menyebabkan perasaan capek kerja.
Capek kerja sering kali dirasakan oleh pekerja kantoran, terutama saat rapat berjam-jam dan dibayangi deadline. Tidak hanya fisik yang terkuras, kesehatan mental juga bisa menjadi korban.Sayangnya, masih banyak karyawan yang menyepelekan rasa lelah akibat pekerjaan. Padahal, jika dibiarkan, dampaknya sangat buruk untuk kesehatan. Untuk mengatasinya, coba kenali berbagai tips ini!

12 tips mengatasi capek kerja

Selain rapat, deadline, dan berbagai aktivitas kantor lainnya, masih banyak faktor yang dapat menyebabkan capek kerja, seperti stres, kurang tidur, pola makan, dan gaya hidup yang tidak sehat.Jika tidak ditangani, bukan tidak mungkin tubuh akan drop dan jatuh sakit. Untuk mengatasi capek kerja, mari kenali sederet tips di bawah ini.

1. Makan teratur

Rasa capek kerja tak kunjung hilang? Bisa jadi pola makan Anda tak sehat dan tak teratur. Perlu diketahui, makan teratur dapat memberikan energi yang cukup untuk Anda bekerja sehingga rasa capek ini bisa dihindari.Cobalah Anda makan lebih teratur, tentunya dengan makanan sehat, seperti buah dan sayuran. Selain itu, Anda juga boleh mengonsumsi camilan sehat setiap 3-4 jam sekali. Dengan begitu, rasa capek kerja sedikit demi sedikit akan dapat terobati.

2. Banyak bergerak dan olahraga

Capek kerja dapat diatasi dengan banyak berolahraga dan aktif bergerak
Capek kerja bisa diatasi dengan olahraga teratur!
Cobalah instropeksi diri, apakah selama di kantor Anda hanya sering duduk dan menatap layar komputer saja? Hati-hati, kebiasaan ini bisa membuat mata lelah dan rasa capek kerja semakin mendominasi.Jalan kaki selama 15 menit setiap hari dapat memberikan energi yang cukup untuk Anda, supaya bekerja menjadi lebih produktif. Biasakan olahraga secara rutin, tidak perlu yang berintensitas tinggi. Anda bisa melakukan yoga, jogging, hingga bersepeda.

3. Jagalah berat badan

Jika Anda memiliki timbangan di rumah, cobalah cek berat badan secara berkala. Berat badan berlebih (obesitas) dapat membuat tubuh merasa lebih capek, apalagi dengan segudang aktivitas di kantor.Selain itu, berat badan berlebih dapat memberikan tekanan ekstra pada jantung, jadi tidak heran kalau rasa capek kerja terus menghantui.Jika memang Anda memiliki berat badan berlebih, cobalah kurangi porsi makan dan aktif berolahraga. Jika berat badan ideal tercapai, tubuh pun akan terasa lebih bertenaga.

4. Mencoba power nap

Bagi Anda yang suka merasa capek kerja dan ngantuk di kantor, coba saja power nap. Untuk melakukannya, Anda cukup menaruh kepala di meja dan memejamkan mata.Power nap berlangsung sekitar 15-30 menit saja, Anda dapat menggunakan jam istirahat untuk melakukannya. Jangan lupa untuk nyalakan alarm agar tidak kebablasan.Power nap dipercaya dapat memberikan tenaga ekstra bagi tubuh untuk beraktivitas seharian.

5. Jangan bekerja di tempat gelap

Capek kerja cenderung membuat Anda mengantuk dan ingin tidur. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh ruang kerja yang gelap dan minim pencahayaan.Bukalah jendela dan biarkan sinar matahari menerangi ruang kerja Anda. Para ahli percaya, sinar matahari dapat meningkatkan fokus dan energi.

6. Basuh muka dengan air dingin

Membasuh muka dengan air dingin dipercaya dapat menghilangkan kantuk dan capek kerja, lho.Saat rasa capek melanda, cobalah ke kamar mandi dan membasuh muka dengan air dingin. Hal ini dipercaya dapat memberikan energi pada tubuh secara instan.Setelah itu, cobalah untuk ke luar ruangan dan mencari udara sejuk. Saat udara menyentuh muka yang masih basah, dipercaya tingkat kewaspadaan dan fokus kita bisa meningkat.

7. Tetap aktif dan produktif

Capek kerja dan ngantuk di kantor dapat terjadi saat Anda sedang gabut atau tidak mengerjakan apa-apa. Bahkan, jika Anda tidak produktif, maka tubuh bisa merasa lebih capek dari biasanya.Cobalah untuk melakukan pekerjaan lain, misalnya membantu rekan kerja untuk menyelesaikan pekerjaannya.

8. Tidur secara teratur

Penyebab capek kerja yang paling umum adlaah kurang tidur di malam hari. Padahal, jam tidur yang cukup dan berkualitas bisa memberikan energi lebih saat bekerja di siang hari.Menurut The Royal College Psychiatrists, tidur dan bangun di jam yang sama secara teratur dapat membantu Anda mendapatkan energi yang lebih untuk menjalani aktivitas sehari-hari.  

9. Hindari stres

Capek kerja dapat disebabkan oleh stres
Hindari stres agar selamat dari rasa capek kerja!
Stres pekerjaan memang sulit dihindari, terutama saat pikiran sedang berkutat untuk mencari solusi. Namun, jangan sampai Anda stres berlebih karena hal ini dapat menguras tenaga fisik dan mental Anda sehingga rasa capek kerja muncul.Cobalah olahraga lebih teratur (yoga atau tai chi), membaca buku favorit, atau bersosialisasi dengan teman-teman akrab. Hal ini dapat mengurangi stres dan membuat Anda lebih berenergi.

10. Kurangi konsumsi kafein

Kafein memang teman setia para pekerja yang sedang lembur. Namun hati-hati, ternyata kafein juga bisa membuat Anda merasa lebih lelah.Menurut The Royal College Psychiatrists, cobalah untuk menghindari kafein selama 3 minggu untuk melihat hasilnya. Jika memang Anda merasa lebih berenergi, maka mulailah kurangi kadar kafein yang Anda konsumsi.

11. Hindari alkohol

Mengonsumsi alkohol sebelum tidur akan mengganggu kualitas jam istirahat Anda di malam hari. Sebab, minum alkohol sebelum tidur akan membuat Anda terbangun dengan rasa capek.Cobalah untuk menghindari alkohol sebisa mungkin supaya energi tubuh tetap optimal dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

12. Minum air lebih teratur

Terkadang, rasa capek kerja dapat disebabkan oleh dehidrasi. Kondisi ini terjadi akibat tubuh kekurangan cairan.Cobalah untuk minum air putih lebih teratur untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Dengan begitu, rasa capek kerja dapat diatasi.

Catatan dari SehatQ:

Saat rasa capek kerja melanda, tidak hanya kesehatan yang dirugikan, tapi produktivitas kerja Anda juga terganggu. Maka dari itu, cobalah berbagai cara mengatasi capek kerja di atas.Jika Anda masih sering merasa capek saat bekerja, tidak ada salahnya konsultasi langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
penyakitkelelahanhidup sehatmata lelah
NHS. https://www.nhs.uk/live-well/sleep-and-tiredness/self-help-tips-to-fight-fatigue/
Diakses pada 24 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/daytime-sleepiness/tips-for-work#2.-Take-a-power-nap
Diakses pada 24 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait