Asam Sulfat: Primadona Industri yang Perlu Ditangani Hati-hati


Salah satu bahan kimia paling terkenal secara komersil adalah asam sulfat. Banyaknya manfaat dari bahan ini membuat banyak orang sering terpapar olehnya, baik sadar maupun tidak.

(0)
11 Dec 2020|Dedi Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Asam sulfat sering disebut sulfurAsam sulfat memiliki kode kimia H2SO4
Asam sulfat memiliki kode kimia H2SO4 dan biasa dinamai secara komersil sebagai sulfur. Di dunia industri, pembuahan bahan ini didapat melalui reaksi air dengan sulfur trioksida.Asam ini digunakan secara luas untuk berbagai keperluan mulai dari rumah tangga hingga militer. Salah satu pemakaian paling sering kita temui adalah sebagai eloektrolit dalam baterai atau aki.H2SO4 versi tanpa molekul air tidak akan ditemukan di alam. Peristiwa alam yang bisa menghasilkan senyawa ini adalah aktivitas vulkanik. Hasilnya kemudian akan bertahan di atmosfer selama bertahun-tahun. Ia kemudian bisa berubah menjadi sulfur dioksida yang kemudian menyebabkan hujan asam.Bahan ini memiliki bentuk cairan yang bening tidak berwarna. Bisa juga ia berupa cairan cokelat berminyak. Sifatnya yang sangat korosif membuat bahan ini harus dikelola dengan hati-hati. Jika terkena dalam jumlah banyak, benda yang terpapar bahan ini bisa mengalami kerusakan atau kehancuran.

Pemanfaatan asam sulfat oleh manusia

Bahan ini banyak digunakan dalam berbagai keperluan manusia. Beberapa aplikasi dalam kehidupan antara lain:
  • Sebagai pembersih logam dan minyak

Salah satu sifat dari senyawa ini adalah memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Memanfaatkan hal tersebut, H2SO4 umum dipakai untuk membersihkan logam.Keasamannya yang tinggi juga bagus digunakan untuk menghilangkan kotoran yang berasal dari minyak.
  • Pembersih saluran air

Penggunaan di rumah tangga relatif sedikit karena tingkat keasamannya yang dianggap membahayakan. Jikapun ada, penanganannya harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Salah satu pemanfaatan di rumah adalah sebagai bahan pembersih saluran air.
  • Bahan baku industri

Dunia industri banyak memanfaatkan bahan ini. Asam ini berperan penting dalam pemrosesan air limbah dan produksi bahan pembersih.Selain itu, pemrosesan mineral, produksi bahan peledak, dan produksi deterjen juga mengambil asam ini sebagai salah satu bahan baku. Demikian juga untuk industri kertas dan pembuatan aluminium sulfat.
  • Sebagai obat

Asam sulfat juga bermanfaat bagi pengobatan untuk penyakit kanker. Bahan ini dipakai sebagai perusak sel kanker melalui obat kemoterapi.Beberapa infeksi kulit juga bisa diobati dengan salep yang mengandung senyawa ini. Salah satu yang sering digunakan orang adalah salep oles untuk mengobati sariawan.

Berbahayakan asam sulfat bagi manusia?

Karena sifatnya yang korosif, banyak yang mempertanyakan keamanan bahan ini bagi manusia. Paparan yang parah bisa mengancam nyawa korbannya. Tingkat keparahan sendiri umumnya tergantung pada dosis paparan, durasi terpapar, dan bagaimana ia terpapar.Semua jaringan tubuh kemungkinan besar akan mengalami kerusakan jika bersentuhan langsung dengan H2SO4 ini.
  • Bagi jaringan dalam tubuh

Cairan pekat dari asam ini bisa menyebabkan dehidrasi parah jika terminum. Jika konsentrasinya lebih encer, maka ia akan mengiritasi jaringan karena sifat asam yang dimilikinya.Hati-hati juga bila Anda tak sengaja menghirup bahan ini. Pasalnya, uap pekat yang terhirup bisa menyebabkan kerusakan paru-paru serius dan mengiritasi saluran pernapasan bagian atas.
  • Bagi jaringan kulit

Kontak kulit dengan H2SO4 pekat bisa menyebabkan kematian para pada sel-sel kulit (nekrosis). Jika kontak terjadi dengan larutan yang encer dan sering, kemungkinan besar akan menyebabkan kulit mengalami dermatitis.
  • Bagi jaringan mata

Mata yang terpapar asam ini dalam bentuk pekat akan mengalami kerusakan parah. Tak tanggung-tanggung, mata kemungkinan bisa menderita glaukoma atau katarak. Bahkan semprotan halus bahan ini bisa membuat mata terasa terbakar dan perih. Untungnya, untuk yang terakhir akan hilang dalam waktu yang tak terlalu lama.
  • Menyebabkan kanker

Sejauh ini, asam sulfat atau larutannya tidak digolongkan sebagai bahan karsinogenik atau bisa menyebabkan kanker. Hanya saja, pekerja yang terpapar bahan ini selama bertahun-tahun telah menunjukkan kenaikan risiko terkena kanker laring dan kanker paru-paru.
  • Bagi anak-anak

Anak-anak yang menghirup, menelan, atau menyentuh asam ini bisa merasakan efek yang sama dengan orang dewasa yang melakukan hal serupa.Oleh karena itu, jauhkan produk yang mengandung bahan ini dari jangkauan anak-anak. Jika rumah Anda memilikinya, pastikan juga disimpan dengan baik.

Pertolongan pertama saat terpapar asam sulfat

Jika ada orang di sekitar kita terpapar bahan ini, maka kita harus melakukan pertolongan pertama. Saat melakukannya, perhatikan beberapa hal berikut:
  • Jika tertelan, pastikan Anda jangan membuat penderita muntah. Panggil segera bantuan medis untuk menolong korban.
  • Jika bahan kimia ini mengenai kulit atau mata, bilaslah dengan air yang banyak setidaknya selama 15 menit
  • Jika korban mengalami gejala kesulitan menelan, jangan berikan air atau susu padanya.
  • Pastikan Anda juga tidak memberikan air atau susu untuk diminum ketika korban muntah, kejang, atau mengalami penurunan kesadaran
  • Jika korban menghirup H2SO4, bawalah ia ke ruang terbuka atau ruangan yang terdapat udara segar.
Asam sulfat memang memiliki banyak manfaat dalam mempermudah kehidupan manusia. Namun, karena sifatnya yang membahayakan maka penanganan bahan ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Jika ragu atau merasa tak mampu, tak ada salahnya Anda memanggil profesional dalam menangani bahan ini.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar asam sulfat maupun bahan kimia lainnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kankersariawankemoterapi
UK Government. https://assets.publishing.service.gov.uk/government/uploads/system/uploads/attachment_data/file/646485/sulphuric_acid_general_information.pdf
Diakses pada 11 Desember 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK208279/
Diakses pada 11 Desember 2020
Medine Plus. https://medlineplus.gov/ency/article/002492.htm
Diakses pada 11 Desember 2020
Britannica. https://www.britannica.com/science/sulfuric-acid
Diakses pada 11 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait