Asam Sitrat dan Tiga Manfaat Manisnya untuk Kesehatan

Asam sitrat adalah senyawa khas buah sitrus seperti lemon
Asam sitrat utamanya banyak terkandung buah sitrus seperti lemon

Saat mencermati makanan dan minuman kemasan, Anda mungkin sering menemukan asam sitrat dalam komposisinya. Sebenarnya, apa itu asam sitrat? Mungkinkah mengonsumsinya dari makanan alami?

Apa itu asam sitrat?

Sebenarnya, asam sitrat adalah senyawa khas yang ditemukan dalam buah-buahan sitrus, terutama lemon dan jeruk nipis. Senyawa inilah yang memberikan rasa asam dalam buah-buahan tersebut.

Asam sitrat dalam jeruk nipis
Jeruk nipis juga mengandung asam sitrat

Awal mulanya, asam ini ditemukan dari buah lemon oleh ilmuwan-ilmuwan di Swedia pada tahun 1784.
Setelah ditemukan dari buah sitrus, asam sitrat juga kemudian diproduksi dalam industri dengan bantuan fermentasi jamur Aspergillus niger. Jamur ini membuat asam sitrat dengan memproses gula.

Rasa asam pada asam sitrat membuat bahan ini sering dicampurkan sebagai perisa maupun sebagai bahan pengawet, seperti dalam produk soft drink dan permen. Asam sitrat juga digunakan sebagai pengawet obat dan disinfektan.

Manfaat dan kegunaan asam sitrat untuk beragam kesehatan

Asam sitrat memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Beberapa di antaranya, yaitu:

1. Memproses energi

Dalam tubuh, terdapat sebuah siklus yang disebut dengan siklus asam sitrat atau reaksi Kreb. Reaksi kimia ini membantu tubuh dalam mengubah energi menjadi energi siap pakai. Utamanya, manusia dan makhluk hidup lain mendapatkan energi mereka dari siklus ini.

Sitrat, molekul yang dekat dengan asam sitrat, merupakan molekul yang pertama kali terbentuk dalam siklus asam sitrat.

2. Mempercepat penyerapan nutrisi

Asam sitrat yang dikombinasikan dengan mineral lain dapat ditemukan dalam bentuk suplemen. Sebab, salah satu kelebihan asam sitrat adalah membantu tubuh untuk mengoptimalkan nutrisi lain.

Misalnya, suplemen kalsium sitrat dianggap lebih baik daripada kalsium karbonat untuk orang dengan sedikit asam lambung. Sebab, suplemen kalsium sitrat tidak membutuhkan asam lambung untuk penyerapannya.

Selain kalsium, suplemen magnesium sitrat juga dianggap diserap lebih baik dibanding kawannya, seperti suplemen magnesium sulfat dan magnesium oksida.

3. Berpotensi untuk menurunkan risiko batu ginjal

Asam sitrat yang dikonsumsi dalam bentuk suplemen kalium sitrat dilaporkan dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Suplemen ini juga disebutkan dapat memecah batu yang sudah terbentuk.

Anda bisa rutin mengonsumsi buah sitrus yang menjadi sumber asam sitrat. Apabila ingin mengonsumsi suplemen, pastikan sudah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Adakah risiko dan efek samping asam sitrat?

Food and Drug Administration (FDA) yang merupakan badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat menyebutkan bahwa suplemen asam sitrat aman untuk dikonsumsi.

Walau begitu, beberapa laporan menyebutkan efek samping seperti alergi, nyeri otot dan sendi, dan napas pendek, setelah mengonsumsi makanan yang mengandung asam sitrat.

Walau begitu, diperkirakan efek tersebut berasal dari jamur yang digunakan untuk memproduksi asam sitrat, bukan senyawa asam sitrat itu sendiri.

Penting juga untuk digarisbawahi, efek samping di atas datang dari konsumsi asam sitrat dalam makanan olahan, bukan dari makanan sumbernya seperti buah sitrus.

Sumber asam sitrat yang alami

Seperti yang disampaikan di atas, asam sitrat merupakan senyawa khas dalam buah sitrus. Anda bisa. Kita bisa mendapatkan manfaat asam sitrat dari konsumsi buah-buah tersebut, seperti:

  • Lemon
  • Jeruk nipis
  • Jeruk
  • Jeruk grapefruit
  • Jeruk tangerine
  • Jeruk Bali
Asam sitrat dalam buah sitrus
Asam sitrat utamanya terkandung dalam buah sitrus

Selain buah sitrus, beberapa jenis buah lain juga mengandung asam sitrat dalam jumlah sedikit. Buah tersebut, termasuk:

Apabila Anda menemukan kandungan asam sitrat tercantum dalam makanan kemasan dan suplemen, jenis asam sitrat tersebut bukanlah asam alami dari buah-buahan. Sebab, asam sitrat yang diekstraksi dari buah cenderung memiliki harga yang mahal.

Catatan dari SehatQ

Asam sitrat dapat ditemukan secara alami dari buah-buahan sitrus maupun diproduksi secara sintesis. Asam sitrat sintesis banyak ditemukan dalam suplemen, obat, dan makanan olahan. Asam sitrat alami dan sintesis tergolong aman untuk dikonsumsi.

Walau begitu, untuk konsumsi suplemen yang mengandung asam sitrat, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/citric-acid
Diakses pada 10 Februari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/29117629
Diakses pada 10 Februari 2020

Web MD. https://www.webmd.com/diet/what-is-citric-acid
Diakses pada 10 Februari 2020

Artikel Terkait