Asam Folat untuk Promil, Ini Manfaat Mengonsumsinya Sebelum Mengandung

(0)
30 Oct 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Asam folat untuk promil sebaiknya dikonsumsi 2-3 bulan sebelum Anda menjalankan usaha pembuahan bersama pasanganAsam folat untuk promil berpotensi meningkatkan kesempatan Anda untuk hamil
Asam folat, yang merupakan bentuk sintetis dari vitamin B9, merupakan salah satu suplemen yang perlu dikonsumsi bagi ibu hamil. Namun ternyata, suplemen ini tak hanya penting dikonsumsi selama kehamilan saja. Beberapa waktu sebelum Anda berencana memiliki anak dan melaksanakan program hamil (promil), asam folat pun bisa mulai dikonsumsi. Apa manfaat asam folat untuk promil?

Manfaat asam folat untuk promil

Berikut ini beberapa manfaat konsumsi asam folat untuk promil yang bisa diperhatikan pasutri:

1. Mencegah cacat pada bayi

Asam folat untuk promil sebenarnya sudah harus dikonsumsi dua hingga tiga bulan sebelum Anda menjalankan usaha pembuahan bersama pasangan. Mulai rutin mengonsumsi asam folat sebelum pembuahan akan menyimpan suplai vitamin ini dalam tubuh yang nantinya akan mencegah cacat tabung saraf pada bayi.  Kadar asam folat yang cukup sebelum Anda hamil dapat menurunkan risiko cacat tabung saraf hingga 70 persen. Cacat tabung saraf tersebut termasuk spina bifida, anensefali, dan ensefalokel. Cacat lahir tersebut dapat memicu disabilitas seumur hidup pada anak. Pada beberapa kasus, cacat lahir berisiko menyebabkan kematian di usia belia. Selain mencegah cacat tabung saraf, suplementasi asam folat untuk promil juga menurunkan risiko penyakit jantung kongenital dan risiko berat badan lahir rendah pada bayi. 

2. Berpotensi meningkatkan kesempatan hamil pada calon ibu

Minum asam folat untuk promil akan meningkatkan peluang untuk hamil
Untuk meningkatkan peluang kehamilan, calon ibu bisa mengonsumsi asam folat
Selain vital untuk mencegah cacat pada bayi, asam folat untuk promil juga berpotensi meningkatkan kesempatan hamil. Asam folat juga bisa bermanfaat bagi wanita yang memiliki siklus haid tidak teratur, siklus haid yang pendek, atau siklus haid yang panjang. 

3. Berpotensi untuk meningkatkan kesuburan pria 

Asam folat untuk promil ternyata tak hanya bisa bermanfaat bagi calon ibu. Konsumsi vitamin ini saat menjalani program kehamilan pun berpotensi bermanfaat untuk calon ayahKadar folat dalam air mani dikaitkan dengan jumlah dan kesehatan sel sperma di dalamnya. Bahkan, kadar folat yang rendah di air mani dikaitkan dengan stabilitas DNA yang buruk pada pria. Walau studi lebih lanjut diperlukan untuk menguatkan temuan ini, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terkait suplementasi asam folat untuk promil sebelum menjalani usaha pembuahan bersama sang istri. 

Panduan mengonsumsi asam folat untuk promil

Berikut ini panduan dalam mengonsumsi asam folat untuk promil:

1. Waktu mulai mengonsumsi asam folat untuk promil

Asam folat untuk promil bisa mulai dikonsumsi dua hingga tiga bulan sebelum Anda menjalani usaha pembuahan. Asam folat kemudian terus dikonsumsi setiap hari. Saat Anda dinyatakan hamil oleh dokter, penggunaan suplemen ini akan perlu dilanjutkan hingga 12 minggu usia kehamilan.

2. Dosis penggunaan asam folat untuk promil

Dosis asam folat untuk promil yang disarankan untuk dikonsumsi sebelum hamil yakni 400 mikrogram. Saat hamil, dosis tersebut akan meningkat menjadi 600 mikrogram. Diskusikan dengan dokter terkait rencana Anda untuk hamil agar dokter bisa meresepkan suplemen asam folat yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

3. Dosis lebih tinggi pada kasus tertentu

Pada beberapa kasus, dosis asam folat untuk promil bisa saja lebih tinggi dari 400 mikrogram. Beberapa kasus yang membutuhkan dosis asam folat lebih tinggi ini, yaitu:
  • Anda memiliki riwayat kehamilan yang dipengaruhi oleh cacat tabung saraf
  • Anda atau pasangan memiliki riwayat keluarga yang menderita cacat tabung saraf
  • Anda menderita diabetes
  • Anda mengonsumsi obat antiepilepsi
Dosis asam folat untuk promil pada kasus di atas bisa sekitar 5 miligram. Namun, mengonsumsi asam folat dengan dosis tinggi tersebut harus berada di bawah pengawasan dokter.

Catatan dari SehatQ

Asam folat untuk promil direkomendasikan untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Asam folat untuk promil juga berpotensi meningkatkan kesempatan Anda untuk hamil dan meningkatkan kesuburan calon ayah. Untuk mendapatkan informasi lanjutan terkait kehamilan, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ bisa diunduh di Appstore dan Playstore yang memberikan informasi kehamilan terpercaya.
cacat lahirmerencanakan kehamilanasam folat
Medivizor. https://medivizor.com/blog/SampleLibrary/infertility-reproductive-technologies/does-folic-acid-help-increase-the-chances-of-getting-pregnant
Diakses pada 15 Oktober 2020
National Health Service. https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/planning-pregnancy/?tabname=getting-pregnant
Diakses pada 15 Oktober 2020
Verywell Mind. https://www.verywellfamily.com/folic-acid-for-female-and-male-fertility-1959878
Diakses pada 15 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait