Asal Tidak Berlebihan, 7 Manfaat Alkohol untuk Tubuh Ini Bisa Dinikmati

(0)
12 Jun 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat alkohol bisa didapatkan tubuh selama tidak dikonsumsi berlebihanAsal tidak berlebihan dikonsumsi, manfaat alkohol bisa Anda dapatkan
Kalau dikonsumsi berlebihan, minuman beralkohol memang tidak ada baiknya untuk kesehatan Anda. Selain membuat mabuk, minuman ini juga bisa memicu berbagai penyakit berbahaya seperti kerusakan hati, obesitas, dan stroke. Namun ternyata jika diminum secukupnya, tubuh bisa mendapatkan manfaat alkohol yang jarang orang tahu.Definisi “sedikit” disini memang bisa berbeda tiap orangnya. Bagi orang yang terbiasa mengonsumsi alkohol, volume yang termasuk dalam batas aman adalah satu gelas sehari untuk perempuan dan dua gelas sehari untuk laki-laki. Untuk ukuran lebih pastinya, satu gelas bir biasanya berisi sekitar 350 ml dan satu gelas anggur atau wine berisi sekitar 150 ml.Sementara untuk Anda yang tidak terbiasa mengonsumsi alkohol, tetaplah pertahankan kebiasaan baik ini. Sebab meski dalam kadar tertentu alkohol bisa memberikan manfaat untuk tubuh, masih banyak cara lain yang jauh lebih aman dan sehat untuk mendapatkan kelebihan yang serupa.

Manfaat alkohol untuk tubuh

Berikut ini beberapa manfaat alkohol untuk kesehatan yang bisa didapatkan, apabila Anda mengonsumsinya sesuai batas yang dianjurkan.
Alkohol bisa menambah jumlah kolesterol baik di tubuh
HDL atau kolesterol baik bisa naik karena alkohol

1. Meningkatkan kolesterol baik di tubuh

Jika Anda sehat dan tidak memiliki riwayat penyakit lainnya, maka minum alkohol dapat meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik di tubuh. Ingat, ini hanya berlaku jika Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Dengan naiknya HDL, maka risiko Anda terkena penyakit seperti serangan jantung dan stroke akan berkurang.Namun ingat, manfaat alkohol ini tidak akan berlaku apabila Anda mengonsumsinya secara berlebihan. Malahan, risiko Anda terkena berbagai penyakit yang telah disebutkan di atas akan meningkat.

2. Mengurangi lemak

Anggur merah atau red wine, dianggap dapat membantu menurunkan berat badan dan menyingkirkan lemak di tubuh. Sebab, minuman ini mengandung polifenol, sebuah senyawa yang memang baik untuk mendukung penurunan berat badan. Kalori red wine juga tidak terlalu besar, terutama jika dibandingkan dengan soda.

3. Mencegah pembentukan batu empedu

Mengonsumsi alkohol dalam jumlah terbatas dinilai dapat membantu mencegah terbentuknya batu empedu. Mengonsumsinya sekitar 15 ml setiap harinya terbukti dapat menurunkan risiko batu empedu sebanyak 14%.

4. Mencegah demensia

Ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa mengonsumsi alkohol dalam batas tertentu bisa membantu mencegah terjadinya demensia dan gangguan kognitif lainnya. Namun, hasil penelitian ini tidak sepenuhnya bisa dijadikan acuan. Sebab, masih ada uji coba lain yang menghasilkan kesimpulan berbeda.
Alkohol bisa membuat orang lebih mudah bersosialisasi
Alkohol bisa bantu untuk lebih mudah sosialisasi

5. Membuat Anda lebih rileks dan mudah bersosialisasi

Orang yang mengonsumsi alkohol dalam batas wajar disebut lebih mudah bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain. Mereka juga disebut lebih mudah tersenyum dan rileks dalam situasi sosial.

6. Meningkatkan gairah di ranjang

Para perempuan yang mengonsumsi satu atau dua gelas red wine per hari memiliki lebih banyak gairah seksual. Selain itu, mereka juga lebih bisa merasakan kepuasan seksual di ranjang.Alkohol juga dapat meningkatkan kadar testosteron atau hormon seks laki-laki . Namun jika sudah terlalu banyak, alkohol justru bisa membuat pria mengalami masalah seksual, seperti impotensi.

7. Mencegah diabetes

Manfaat alkohol yang satu ini mungkin memang terlihat aneh. Namun nyatanya berdasarkan penelitian, perempuan yang mengonsumsi alkohol satu atau dua gelas per hari mengalami penurunan risiko terkena diabetes. Sebab, alkohol dalam batas jumlah tertentu ternyata bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan membuat kerjanya jadi lebih maksimal.

Tetaplah waspadai bahaya alkohol

Minum alkohol berlebih bisa picu serangan jantung
Alkohol berlebih bisa picu serangan jantung
Meski mengonsumsi alkohol bisa bermanfaat untuk tubuh, tapi bahaya mengonsumsinya juga tidak kalah nyata. Bahkan, konsumsi alkohol dalam jumlah kecil, jika dilakukan secara terus menerus tetap akan menyebabkan kenaikan risiko kanker. Kemungkinannya memang kecil, tapi tetap ada.Perlu diingat bahwa mengonsumsi alkohol terus-menerus tidak akan meningkatkan manfaat yang didapatkan dan hanya akan menambah bahaya yang dirasakan. Minum alkohol secara berlebihan bisa membuat Anda terkena berbagai gangguan kesehatan, seperti:
  • Stroke
  • Tekanan darah tinggi atau hipertensi
  • Kerusakan hati
  • Gagal jantung
  • Peningkatan risiko kanker payudara, mulut, esofagus, dan hati
  • Pankreatitis atau radang pankreas
  • Kematian mendadak, terutama jika memiliki riwayat penyakit jantung
  • Peningkatan risiko kecelakaan dan keinginan bunuh diri
  • Kerusakan otak dan kecacatan lahir pada bayi di dalam kandungan
  • Gejala putus alkohol
Setelah mengetahui manfaat alkohol beserta bahayanya, Anda diharapkan bisa lebih bijak dalam mengonsumsi asupan yang satu ini. Apabila Anda merasa tidak bisa mengurangi atau menghentikan kebiasaan minum alkohol berlebih, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter, sebelum adiksi atau kecanduan yang dirasakan berujung pada gangguan yang lebih parah lagi.
makanan sehatminuman tidak sehatalkoholketoasidosis alkoholikkecanduan alkohol
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/557658-5-hidden-health-benefits-of-alcohol/
Diakses pada 29 Mei 2020
WebMD. https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-alcohol-health-benefits
Diakses pada 29 Mei 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/alcohol/art-20044551
Diakses pada 29 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait