Bukan Karena Pertanda, Ini Arti Telinga Berdenging Sebelah Kanan

(0)
27 Sep 2019|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Arti telinga berdenging sebelah kanan bukanlah penyakit, tapi bisa jadi pertanda penyakit tertentuTelinga berdenging sebelah kanan bisa jadi pertanda penyakit tertentu
Ketika telinga berdenging sebelah kanan, tidak sedikit orang yang menghubungkannya dengan hal-hal mistis. Padahal, kejadian itu bisa dijelaskan secara medis, yakni lewat kondisi yang dinamakan tinnitus.Tinnitus adalah kondisi ketika Anda merasa mendengar suara dari dalam telinga. Meski disebut sebagai penyakit telinga berdenging, orang yang mengalami tinnitus juga bisa suara-suara lain yang seperti bersiul, berkicau, berbisik, bergumam, atau bahkan berdecit. Namun, sumber suara tersebut bukan berasal dari luar telinga melainkan dari dalam telinga.Tinnitus bisa menyebabkan telinga Anda berdenging sebelah kanan atau sebelah kiri saja, namun bisa juga keduanya. Suara berdenging tentu bisa mengganggu aktivitas. Pada tahap yang parah, kondisi ini bahkan bisa memicu insomnia dan depresi.

Arti telinga berdenging sebelah kanan

Telinga berdenging sebelah kanan bukanlah penyakit, tapi kehadirannya bisa jadi menandakan adanya gangguan telinga ataupun otak. Berikut beberapa faktor penyebab yang mungkin mengakibatkan arti telinga berdenging sebelah kanan yang Anda alami:

• Kerusakan di telinga tengah atau telinga dalam

Ini adalah penyebab paling awam dari tinnitus. Pasalnya, di sinilah telinga menangkap gelombang suara dan mentransmisikan sinyal tersebut ke otak. Ketika otak tidak lagi menangkap sinyal elektrik ini, maka otak akan ‘mengarang’ suaranya sendiri.

• Tumor otak

Arti telinga berdenging sebelah kanan yang cukup mengkhawatirkan adalah adanya tumor di otak Anda. Tumor otak yang menyumbat saraf pada otak memang biasanya ditandai dengan adanya telinga berdenging di salah satu kuping saja. Meski demikian, penyebab telinga berdenging yang satu ini cukup jarang ditemui.

• Trauma

Trauma bisa menjadi salah satu arti telinga berdenging. Adanya benturan di telinga selah kanan juga bisa menyababkan telinga berdenging.

• Mendengar suara keras

Penyebab telinga berdenging sebelah kanan ini biasanya dialami oleh orang yang pernah mendengar suara bom, terlalu sering mendengarkan musik dengan suara tinggi, dan lain-lain.

• Pengaruh obat-obatan tertentu

Konsumsi obat-obatan juga bisa membuat telinga berdenging sebelah kanan. Misalnya pada overdosis aspirin, antibiotik dosis tinggi, dan lain-lain.

• Penyakit Meniere

Arti telinga berdenging sebelah kanan yang Anda rasakan bisa jadi gejala penyakit Meniere jika dibarengi dengan sakit kepala, telinga terasa berat, dan hilang pendengaran selama berjam-jam, namun kemudian hilang sendiri dan bisa kambuh kembali di kemudian hari.

• Tinnitus pulsatile

Kondisi ini terjadi ketika aliran darah di sekitar telinga mengalami abnormalitas. Selain telinga berdenging sebelah kanan atau pada kedua telinga, kondisi ini juga dipengaruhi oleh kehamilan, anemia, hipertiroid, atau adanya tumor pada pembuluh darah di sekitar telinga.Arti telinga kanan berdenging bisa berarti banyak hal, bahkan mungkin penyebabnya tidak tertera pada daftar di atas. Untuk memastikannya, Anda sangat dianjurkan untuk memeriksakan kondisi telinga ke dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT).[[artikel-terkait]]

Apakah ada obat untuk menyembuhkan telinga berdenging sebelah kanan?

Penyembuhan tinnitus tergantung pada penyebabnya. Kadang kala, telinga berdenging sebelah kanan bisa sembuh dengan sendirinya tanpa bantuan obat.Sayangnya, dalam kebanyakan kasus, tinnitus justru tidak bisa disembuhkan atau dikurangi gejalanya, apa pun penyebabnya. Sehingga tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya dan dokter hanya akan melakukan perawatan untuk mengurangi efek negatifnya, misalnya insomnia, kecemasan, kesulitan mendengar, dan depresi.Berikut beberapa pengobatan untuk menyembuhkan telinga berdenging sebelah kanan, kiri, maupun keduanya:

• Terapi suara

Salah satunya dengan menggunakan alat bantu dengar yang memperbesar suara yang datang dari luar telinga sehingga suara berdenging dari dalam telinga tidak terlalu mengganggu.

• Tinnitus retaining therapy (TRT)

Terapi ini bertujuan mengubah pola pikir dengan melatih penderita tinnitus untuk menerima kondisi telinga berdenging sebelah kanan yang dideritanya. Terapi ini terbukti meningkatkan kualitas hidup 80% penderita tinnitus.

• Terapi perilaku kognitif

bertujuan menghindarkan penderita tinnitus dari depresi atau mengatasi depresi itu sendiri jika sudah terjadi. Terapi ini sama sekali tidak mengurangi denging yang didengar penderita tinnitus.Selain terapi-terapi di atas, penderita telinga berdenging sebelah kanan juga dianjurkan menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Beberapa kebiasaan yang harus dijalani, misalnya tidak mendengar musik dengan volume terlalu keras, menggunakan pelindung telinga saat berada di lingkungan yang bising, hingga rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat.Seiring bertambahnya usia, terutama untuk usia 60 tahun ke atas, gangguan pendengaran juga akan semakin rentan terjadi. Untuk itu, Anda pun disarankan untuk rutin memeriksakan kondisi kesehatan telinga ke dokter. Tidak hanya untuk mengurangi risiko kuping berdengung, namun juga gangguan lain yang dapat menurunkan kualitas hidup. 
tinnituspenyakit telinga
Harvard Health. https://www.health.harvard.edu/diseases-and-conditions/tinnitus-ringing-in-the-ears-and-what-to-do-about-it
Diakses pada 26 September 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/156286.php
Diakses pada 26 September 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/tinnitus
Diakses pada 26 September 2019
E Medicine Health. https://www.emedicinehealth.com/tinnitus/article_em.htm#what_diseases_conditions_and_medications_cause_tinnitus_symptoms
Diakses pada 26 September 2019
WebMD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/understanding-tinnitus-treatment
Diakses pada 26 September 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait