Arti Skincare Serta Manfaat dan Macam-Macamnya, Sudah Tahu?


Arti skincare adalah serangkaian kegiatan perawatan kulit yang mendukung kesehatan dan kecantikan kulit. Ada berbagai macam skincare yang umum digunakan, termasuk sabun cuci muka hingga tabir surya.

(0)
Arti skincare adalah serangkaian kegiatan perawatan kulit yang mendukung kesehatan dan kecantikan kulitPelembap adalah salah satu dari sekian macam-macam skincare yang umum digunakan
Arti skincare adalah serangkaian kegiatan perawatan kulit yang mendukung kesehatan dan kecantikan kulit. Pembersih wajah, pelembap, hingga tabir surya adalah berbagai produk perawatan kulit atau skincare yang umum digunakan.Sesuai dengan pengertian skincare tersebut, maka penggunaan skincare bertujuan untuk menjaga kulit agar senantiasa sehat dan terawat. Lantas, apa saja macam-macam skincare yang ada di pasaran?

Arti skincare dan macam-macam skincare

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, arti skincare adalah sejumlah aktivitas yang dapat membuat kulit tampak sehat dan terawat.Berdasarkan pengertian skincare yang sudah dijelaskan di atas, manfaat menggunakan skincare adalah dapat membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan sekaligus memperbaiki masalah kulit yang dialami, seperti jerawat, bekas jerawat, bintik hitam, keriput, dan lainnya.Macam-macam skincare adalah sebagai berikut.

1. Sabun pembersih wajah

Arti skincare adalah aktivitas merawat kulit
Sabun cuci muka berbahan dasar cocok untuk kulit berminyak
Salah satu dari sekian macam-macam skincare yang paling penting adalah sabun pembersih wajah.Sabun pembersih wajah sesuai jenis kulitnya terbagi menjadi sabun cuci muka berbasis air dan minyak.Sabun cuci muka berbasis air cocok digunakan oleh pemilik kulit berminyak dan kulit berjerawat.Sabun cuci muka berbasis air biasanya mengandung surfaktan yang berfungsi memungkinkan air untuk membilas penumpukan kotoran dan keringat.Jenis pencuci muka tersebut juga dapat menghilangkan minyak yang menumpuk pada kulit.Sedangkan, sabun cuci muka berbasis minyak cocok digunakan oleh pemilik kulit kering.Penggunaan pencuci muka berbasis minyak untuk kulit berminyak dan kulit kombinasi dapat membuat kulit semakin berminyak sehingga rentan menimbulkan jerawat.

2. Toner wajah

Toner wajah adalah macam-macam skincare berikutnya yang perlu digunakan.Anda bisa memilih kandungan toner wajah yang tepat sesuai jenis kulit.Penggunaan kandungan toner yang tidak sesuai dengan jenis kulit wajah dapat mengurangi keefektifannya dan berpotensi menimbulkan masalah kulit baru.Fungsi toner wajah adalah membantu mengangkat sisa-sisa kotoran dan minyak yang masih menempel setelah Anda membersihkan wajah.Toner juga dapat membantu mengembalikan pH kulit Anda yang hilang saat tahapan mencuci muka.Di samping itu, toner dapat membantu mempersiapkan kulit sebelum menggunakan produk skincare lainnya.

3. Pelembap

Pelembap adalah bagian dari arti skincare
Pilih pelembap sesuai jenis kulit wajah Anda
Penggunaan pelembap atau moisturizer merupakan bagian dari macam-macam skincare yang perlu digunakanPelembap bertujuan untuk melembapkan kulit serta menghaluskannya.Selain itu, pelembap juga berperan untuk menjaga struktur alami kulit, menyeimbangkan pH kulit, melindungi kulit dari kerusakan paparan radikal bebas, dan membantu sel-sel kulit agar dapat bekerja lebih maksimal.Bagi Anda yang memiliki kulit wajah kering, pilihlah pelembap dengan tekstur krim.Tekstur krim yang lebih tebal bisa dipilih oleh pemilik kulit wajah normal dan kulit wajah kombinasi.Sementara, pelembap bertekstur cair atau gel cocok digunakan oleh tipe kulit wajah berminyak.

4. Sunscreen atau tabir surya

Macam-macam skincare berikutnya adalah menggunakan sunscreen atau tabir surya.Ini karena paparan sinar matahari berlebih dapat menyebabkan kerusakan kulit, bahkan meningkatkan risiko kanker kulit.Paparan sinar matahari inilah yang sedikit demi sedikit dapat menyebabkan timbulnya kerutan dan bintik-bintik hitam di wajah.Maka dari itu, penggunaan sunscreen atau tabir surya sangatlah penting sebagai skincare routine.Anda bisa menggunakan tabir surya atau sunscreen sebagai produk skincare untuk pemula yang sebaiknya digunakan, terutama pada pagi hari.Penggunaan sunscreen dapat membantu melindungi wajah dari penuaan akibat paparan sinar matahari sehingga memperlambat tanda-tanda penuaan.Anda disarankan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30.Oleskan sunscreen 15 menit sebelum pergi ke luar rumah.

5. Serum wajah

Macam-macam arti skincare adalah serum wajah
Tuang serum dan tepuk-tepuk area wajah secara perlahan
Anda mungkin sudah sering mendengar macam-macam skincare lainnya, seperti serum wajah.Serum wajah adalah cairan bertekstur ringan yang mengandung konsentrasi zat aktif lebih tinggi.Serum diyakini lebih efektif meresap ke dalam kulit dibandingkan pelembap atau krim wajah.Cara menggunakannya, tuangkan sedikit serum wajah, kurang lebih seukuran kacang polong, ke telapak tangan.Lalu, oleskan serum tersebut ke seluruh permukaan wajah hingga leher secara merata.Tepuk-tepuk area wajah dan leher secara perlahan agar serum wajah dapat menyerap ke dalam kulit dengan sempurna.

6. Essence

Macam-macam skincare selanjutnya adalah essence.Banyak perempuan yang mewajibkan essence sebagai salah satu produk skincare routine.Essence adalah cairan berbahan dasar air dengan konsentrasi bahan aktif tinggi yang bertujuan untuk melembapkan kulit dan membantu produk skincare selanjutnya agar dapat meresap lebih baik ke dalam kulit.Perbedaannya dengan serum, essence biasanya memiliki tekstur yang lebih cair.

7. Ampoule

Selain serum dan essence, Anda mungkin pernah mendengar ampoule sebagai macam-macam skincare.Jika dilihat perbedaan serum, essence, dan ampoule dari segi fungsinya, serum wajah bisa bekerja lebih “berat” daripada essence karena mengandung bahan aktif yang kuat.Akan tetapi, ampoule cenderung lebih kuat lagi dalam menjalankan fungsi-fungsi tersebut karena mampu mengatasi masalah kulit yang spesifik dalam waktu lebih cepat dibandingkan serum dan essence.

8. Krim mata atau eye cream

Krim mata merupakan bagian dari manfaat arti skincare
Penggunaan krim mata bisa menyingkirkan mata panda
Pada malam hari, selain macam-macam skincare di atas, penggunaan krim mata atau eye cream mungkin diperlukan.Terutama, bagi Anda yang memiliki masalah mata panda, kantung mata, serta kerutan di area mata.

9. Face oil

Face oil bisa digunakan sebagai skincare routine malam hari.Namun, bagi Anda yang memiliki kulit wajah berminyak dan cenderung mudah berjerawat, sebaiknya hindari menggunakan face oil.Pasalnya, kulit wajah yang semakin berminyak akan rentan menimbulkan jerawat.Baca Juga: Urutan Pemakaian Skincare Pagi dan Malam Hari yang TepatBagi Anda yang ingin coba menggunakan skincare pertama kali, cobalah menggunakan sabun cuci muka, toner wajah, serum, pelembap, dan tabir surya.Mulailah penggunaan produk skincare untuk pemula tersebut secara perlahan dan bertahap.Anda bisa melakukan tes terhadap produk skincare terlebih dahulu, terutama bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Langkah ini bertujuan untuk mengetahui reaksi alergi yang ditimbulkan.Caranya, oleskan sedikit produk skincare yang digunakan pada kulit di pergelangan tangan atau lengan bagian dalam.Tunggu selama 48 jam untuk melihat reaksinya. Jika muncul reaksi alergi, seperti iritasi, kemerahan, benjolan kecil, atau rasa gatal, sebaiknya jangan menggunakannya pada wajah.Sebaliknya, bila tidak ada reaksi yang muncul, maka Anda dapat menggunakan produk skincare pada kulit wajah.Apabila kulit sudah dapat beradaptasi dan nyaman, Anda dapat menggunakan produk skincare tambahan lainnya, seperti essence, produk eksfoliasi, masker wajah, atau obat jerawat.

Cara memilih produk skincare sesuai masalah kulit yang dialami

Arti skincare bagi setiap orang tentu berbeda-beda. Hal ini tentu disesuaikan dengan jenis dan masalah kulit yang dialami.Adapun beberapa cara memilih produk skincare sesuai masalah kulit yang dialami adalah sebagai berikut.

1. Jerawat

Pada dasarnya, penggunaan produk skincare untuk kulit berjerawat tergantung pada tingkat keparahan jerawat yang dialami.Namun, sejumlah kandungan produk skincare untuk kulit berjerawat yang tergolong ringan dan mudah ditemukan tanpa resep dokter, yakni:Selalu oleskan sunscreen setelah menggunakan produk perawatan kulit atau obat jerawat yang mengandung bahan-bahan di atas setiap pagi hari.Pasalnya, penggunaan skincare untuk kulit berjerawat yang mengandung bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan kulit jadi sensitif terhadap paparan sinar matahari.

2. Noda bekas jerawat

Noda bekas jerawat dan bintik hitam di wajah dapat bertahan di kulit selama beberapa hingga sampai 6 bulan lamanya untuk dapat sembuh dan hilang sepenuhnya.Memang, Anda dapat menggunakan make up dan sunscreen untuk mencegah kulit dari kerusakan dan hiperpigmentasi.Nah, sebagai solusinya, Anda dapat menggunakan produk skincare yang dapat membantu memudarkan noda bekas jerawat, yaitu:
  • Vitamin C. Anda bisa menemukannya dalam pelembap atau krim wajah.
  • Hasil studi yang dimuat dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology membuktikan bahwa niacinamide dapat membantu mengurangi noda hitam bekas jerawat.
  • Retinoic acid. Hasil riset pada Indian Dermatology Online Journal menemukan bahwa kondisi bekas jerawat semakin membaik hingga 91,4 persen pada orang-orang yang menggunakan skincare kombinasi retinoic acid dan glycolic acid.
Anda dapat menggunakan berbagai produk skincare dengan bahan-bahan tersebut sebagai skincare routine setelah mencuci bersih wajah.Perlu diketahui bahwa tidak semua orang memiliki produk skincare yang berbeda-beda sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit wajah.Jadi, pastikan Anda mengetahui rangkaian produk skincare yang digunakan.Dengan demikian, manfaat dari setiap arti skincare yang digunakan bisa Anda dapatkan secara optimal.Jika Anda masih merasa bingung dan ragu, konsultasikan dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan rekomendasi produk skincare sesuai jenis dan kebutuhan kulit wajah Anda.Anda pun dapat berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui lebih lanjut seputar arti skincare.Pastikan Anda sudah mengunduhnya melalui App Store dan Google Play.
perawatan kulitproduk kecantikanperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/skin-types-care#skin-care-donts
Diakses pada 18 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/order-of-skin-care#night-routine
Diakses pada 18 Desember 2020
Web Md. https://www.webmd.com/beauty/features/beauty-smarts-serums-jan13#1
Diakses pada 18 Desember 2020
Independent. https://www.independent.co.uk/life-style/fashion/how-to-layer-skincare-beauty-products-order-dermatologist-a8523676.html
Diakses pada 18 Desember 2020
Womenshealth Mag. https://www.womenshealthmag.com/beauty/a19952473/how-to-use-facial-toner/
Diakses pada 18 Desember 2020
Stylecraze.https://www.stylecraze.com/articles/difference-between-a-toner-essence-serum-and-ampoule/
Diakses pada 18 Desember 2020
Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2921758/
Diakses pada 18 Desember 2020
Indian Dermatology Online Journal. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4375771/
Diakses pada 18 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait