Arti Persahabatan untuk Kesehatan Mental yang Tak Bisa Diremehkan

(0)
12 Sep 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Arti persahabatan ternyata begitu penting bagi kesehatan.Menjalin persabahatan ternyata mampu menjaga kesehatan Anda.
Banyak teman, banyak rezeki. Pepatah itu memang tidak bisa diartikan secara harfiah bahwa banyak teman akan mendatangkan banyak uang. Namun, arti persahabatan memang tidak dapat dipandang sebelah mata, apalagi bagi kesehatan mental Anda.Teman atau sahabat adalah elemen penting yang dapat menjaga mental kita tetap sehat. Ketika Anda memiliki masalah keluarga misalnya, menumpahkan isi hati pada teman yang bisa dipercaya dapat mengurangi beban pikiran.Kehadiran teman dapat membuat Anda tetap membumi dan berpikiran jernih terhadap setiap masalah. Oleh karena itu, tidak ada salahnya berusaha mempertahankan pertemanan atau bahkan mulai menjalin persahabatan yang baru.

Arti persahabatan bagi kesehatan mental

Memiliki sahabat bisa meningkatkan kepercayaan diri.
Mungkin Anda merasa berat bercerita pada keluarga ketika sedang stres atau mengalami beban pikiran tentang banyak hal. Dalam situasi ini, Anda bisa mencurahkan perasaan kepada teman.Arti persahabatan terhadap kondisi mental yang sehat pun tidak main-main. Penelitian mengungkap, persahabatan dapat mendatangkan berbagai manfaat untuk kesehatan mental, antara lain:

1. Menghadirkan rasa saling memiliki

Cobalah menjalin pertemanan yang tidak hanya Anda datangi ketika sedang sedih, melainkan juga berbagi saat senang. Kebersamaan dalam susah dan senang akan menghadirkan rasa saling memiliki yang kemudian akan melahirkan persahabatan abadi.

2. Meningkatkan kepercayaan diri

Ketika Anda merasa terpuruk dan butuh motivasi untuk kembali bersemangat, cobalah ajak teman untuk mengobrol. Teman yang baik akan memberi dukungan atau masukan bagi Anda untuk terus berkembang. Jadi, kepercayaan diri akan kembali hadir. Begitu pula semangat untuk menjalani aktivitas dengan lebih produktif.

3. Mengurangi stres dan mencegah depresi

Arti persahabatan lainnya bagi kesehatan mental adalah mengurangi stres hingga mencegah depresi. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki teman dekat semasa remaja, cenderung sulit merasa cemas maupun depresi di masa mendatang.

4. Membantu melewati masa sulit

Perceraian, penyakit kronis, kehilangan orang tersayang, atau baru saja kehilangan pekerjaan adalah contoh masa sulit yang mungkin Anda rasakan dalam hidup. Tidak mudah untuk move on dari masa-masa tersebut. Namun Anda dapat mengandalkan dukungan moral dari teman, agar lebih ringan untuk tetap dapat menjalani aktivitas sehari-hari.

5. Menjalani pola hidup sehat

Memiliki teman yang juga senang berolahraga, tidak merokok, tidak minum alkohol maupun menyalahgunakan narkoba, kemungkinan besar akan membuat Anda memiliki kebiasaan baik yang sama. Melakukan pola hidup sehat bukan hanya menghindarkan diri dari penyakit seperti tekanan darah tinggi dan kegemukan, tapi juga menyegarkan pikiran dan menyehatkan mental secara keseluruhan.

Tips mempertahankan pertemanan dekat

Luangkan waktu untuk menjenguk teman ketika ia sakit.
Beberapa bentuk persabahatan seperti terjadi begitu saja dan tidak butuh usaha ekstra untuk menjaganya. Namun bukan berati Anda tidak perlu melakukan apapun untuk mempertahankannya. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk merasakan arti persahabatan lewat pertemanan yang langgeng, seperti:
  • Give and take. Teman adalah tempat mengeluarkan segala unek-unek. Sebaliknya, ketika mereka berada pada saat-saat sulit, Anda juga harus siap untuk menjadi tempatnya bersandar dan menumpahkan perasaan yang mengganjal dan memberi nasehat bila perlu.
  • Berbaik hati. Kebaikan hati ini dapat berbentuk simpati saat teman sedang berada dalam kesulitan, maupun perhatian ketika teman sedang membutuhkan bantuan Anda.
  • Membuka diri. Menceritakan hal-hal yang terjadi di hidup kepada teman-teman, merupakan bentuk kepercayaan yang membuat mereka merasa spesial ketika berada di sisi Anda.
  • Menjaga rahasia. Tunjukkan bahwa Anda bisa dipercaya dengan tidak mengumbar rahasia yang diceritakan oleh teman, termasuk keluarga sendiri atau teman lain yang berada di dalam satu circle.
  • Menyediakan waktu. Arti persahabatan tidak mungkin dirasakan bila Anda tidak pernah meluangkan waktu untuk sekadar menanyakan kabar teman. Jenguklah bila ia sakit dan berkunjunglah ke rumahnya beberapa kali.
Arti persahabatan bisa dinikmati setelah Anda melakukan usaha tertentu untuk membangun dan mempertahankan pertemanan itu sendiri. Jika Anda sudah mengusahakan segalanya, tapi teman tidak melakukan hal yang sama, mungkin sudah saatnya mencari teman baru demi kesehatan mental diri sendiri.
depresikesehatan mentalstrespersahabatan
Mental Health. https://www.mentalhealth.org.uk/a-to-z/f/friendship-and-mental-health
Diakses pada 29 Agustus 2020
Mental Health First Aid. https://www.mentalhealthfirstaid.org/2019/08/why-healthy-friendships-are-important-for-mental-health/
Diakses pada 29 Agustus 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/friendships/art-20044860
Diakses pada 29 Agustus 2020
NAMI. https://www.nami.org/Your-Journey/Teens-Young-Adults/Friendship-and-Mental-Health
Diakses pada 29 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait