Apa Arti Mimpi Anda? Berikut Penjelasan Mengenai Mimpi

Bermimpi pada saat tidur ternyata memiliki banyak arti
Mimpi menyimpan banyak pertanyaan yang belum terjawab

Mimpi bisa sangat menghibur, mengganggu, hingga terasa luar biasa aneh. Manusia semuanya bermimpi, walaupun kita tidak selalu bisa mengingatnya. Mengapa kita bermimpi? Apa arti mimpi? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan lengkap seputar mimpi berikut ini.

Apa itu Mimpi?

Mimpi pada dasarnya adalah cerita dan gambaran dalam benak yang tercipta sewaktu tidur. Mimpi bisa terasa sangat nyata dan membuat kita merasa senang, sedih, atau takut. Mimpi juga bisa terasa membingungkan atau sebaliknya, sangat logis.

Mimpi bisa terjadi kapanpun sewaktu tidur, tetapi mimpi yang paling nyata terjadi pada fase REM (Rapid Eye Movement), di mana otak paling aktif. Beberapa ahli mengatakan bahwa manusia bermimpi sekitar 4-6 kali per malamnya.

Mengapa Kita Bermimpi?

Banyak teori yang menjelaskan mengapa manusia bermimpi, tetapi tidak ada yang tahu secara pastinya. Beberapa riset mengatakan kalau mimpi tidak memiliki arti atau tujuan, hanyalah aktivitas tidak masuk akal bagi otak yang sedang beristirahat. Peneliti lainnya mengatakan kalau mimpi penting untuk kesehatan mental, emosional, dan fisik.

Studi telah menunjukkan pentingnya mimpi untuk kesehatan manusia. Pada sebuah studi, peneliti membangunkan subjek pada saat mereka baru akan masuk ke tahap REM. Beberapa gejala ini ditemukan bahwa pada subjek yang terganggu tidurnya:

  • Tekanan yang meningkat
  • Kecemasan
  • Depresi
  • Kesulitan konsentrasi
  • Kurangnya koordinasi motorik
  • Kenaikan berat badan
  • Kecenderungan halusinasi

Banyak ahli yang mengatakan bahwa mimpi hadir untuk:

  • Membantu memecahkan masalah dalam hidup
  • Menggabungkan ingatan
  • Memproses emosi

Jika Anda tidur dengan banyak pikiran, maka Anda bisa terbangun dengan solusi atau merasa lebih baik dari sebelumnya. Sigmund Freud sendiri meyakini mimpi adalah jendela alam bawah sadar kita yang bisa menunjukkan banyak hal tentang seseorang, antara lain:

  • Keinginan bawah sadar
  • Pikiran-pikiran
  • Motivasi

Freud menyatakan kalau mimpi adalah cara bagi manusia untuk memuaskan keinginan dan hasrat yang tidak bisa diterima oleh masyarakat. Barangkali teori-teori ini ada benarnya. Beberapa mimpi bisa membantu otak dalam proses pikiran dan peristiwa yang terjadi. Sedangkan mimpi lain bisa merupakan hasil dari aktivitas normal otak dan tidak berarti apa-apa.

Apa Arti Mimpi?

Banyak cara untuk menginterpretasikan arti mimpi, baik yang berkaitan dengan emosi atau pikiran sebenarnya dari seseorang maupun serangkaian kisah aneh yang tidak berkaitan dengan kehidupan normal sama sekali.

Beberapa ahli mengatakan kalau mimpi adalah refleksi dari perasaan dan pemikiran bahwa sadar seseorang, terutama pada mimpi yang berulang-ulang. Dengan menerjemahkan arti mimpi, kita bisa mencari tahu apa yang sedang terjadi dalam hidup kita. Beberapa mengatakan kalau ide terbaik mereka datang dari mimpi, jadi mimpi bisa menjadi sarana kreatif.

Sering juga orang mengalami mimpi yang serupa, seperti dikejar, terjatuh, atau berada di publik tanpa busana. Macam-macam mimpi ini biasanya disebabkan karena stres atau kecemasan yang tersembunyi. Walaupun macam-macam mimpi ini sama, artinya tetap bisa berbeda dari satu orang ke orang lainnya.

Oleh karena itu, banyak ahli menyarankan untuk tidak bergantung pada kamus mimpi atau buku-buku penerjemah mimpi. Setiap arti mimpi sifatnya unik.

Apa Penyebab Mimpi Buruk?

Mimpi buruk sering terjadi pada anak-anak dan orang dewasa, yang disebabkan oleh:

  • Stres, konflik, atau ketakutan
  • Trauma
  • Masalah emosional
  • Pengaruh obat-obatan
  • Penyakit

Jika Anda terus mengalami mimpi buruk yang berulang-ulang, mungkin alam bawah sadar Anda sedang mencoba memberitahukan sesuatu hal. Coba dengarkan dan konsultasikan pada ahli kesehatan demi mendapatkan solusi dan tips yang bisa meringankan kondisi Anda.

Ingat bahwa mimpi buruk yang paling menakutkan sekalipun tidak nyata dan jarang bisa terjadi pada kehidupan nyata anda.

Apa itu Lucid Dream?

Pernahkah Anda bermimpi namun dalam keadaan sadar sedang dalam mimpi? Fenomena tersebut dikenal dengan istilah lucid dream. Riset menunjukkan bahwa lucid dream terjadi dibarengi dengan meningkatnya aktivitas dari beberapa bagian otak yang biasanya diam saat tidur. Lucid dream menunjukkan kondisi otak yang terjadi pada fase REM dan tersadar.

Beberapa orang yang disebut sebagai lucid dream mampu mengontrol arah dari mimpi mereka, mengubah alur cerita mimpi. Walaupun ini adalah strategi yang bagus, terutama semasa mengalami mimpi buruk, para ahli menyarankan agar Anda membiarkan mimpi berjalan secara alami saja.

Apakah Mimpi Bisa Memprediksi Masa Depan?

Mimpi menjadi kenyataan? Beberapa ahli mengatakan bahwa kemungkinannya adalah:

  • Kebetulan
  • Ingatan yang salah
  • Alam bawah sadar yang sedang mengaitkan informasi yang sudah diketahui

Akan tetapi, mimpi bisa saja memotivasi seseorang sehingga berperilaku sedemikian rupa, yang pada akhirnya merubah kondisi masa depan.

Mengapa Sulit Mengingat Mimpi?

Para ahli juga tidak bisa menjelaskan mengapa mimpi sangat mudah dilupakan. Mungkin manusia memang dirancang untuk tidak mengingat mimpi karena dikhawatirkan manusia akan sulit membedakan antara mimpi atau kenyataan.

Penjelasan lainnya adalah karena mimpi yang terjadi pada fase REM juga terjadi saat sistem otak menutupi fungsi ingatan. Kita hanya bisa mengingat mimpi yang muncul menjelang bangun, saat fungsi ingatan kembali diaktifkan.

Beberapa ahli mengatakan bahwa sebenarnya kita tidak lupa pada mimpi, tetapi hanya saja manusia tidak tahu cara mengakses mimpi. Mimpi bisa saja disimpan pada ingatan, dan menunggu untuk diaktifkan. Ini adalah mengapa terkadang kita tiba-tiba bisa mengingat mimpi tertentu setelah beberapa waktu telah lewat karena ada sesuatu hal yang memicu ingatan.

Cara Mengingat Mimpi

  • Bangun tanpa alarm. Anda bisa lebih mengingat mimpi jika bangun secara alami daripada dengan bunyi weker yang menyita fokus dengan suara.
  • Ingatkan diri. Buat keputusan secara sadar bahwa Anda ingin mengingat mimpi sebelum tidur.
  • Putar balik ingatan. Setelah bangun, coba langsung mengingat mimpi dan memikirkannya.

Mencari Arti Mimpi

Tertarik dengan arti mimpi? Siapkan jurnal mimpi dan praktekkan tips berikut:

  • Catat mimpi. Saat ingatan masih segar atas mimpi, catat dalam jurnal termasuk mimpi tersebut, perasaan Anda, dan sebagainya, walaupun tidak banyak informasi.
  • Catat tanpa beban. Mimpi bisa terasa aneh dan tidak lumrah, jangan hakimi diri atas mimpi aneh Anda.
  • Berikan judul. Supaya mudah merujuk pada mimpi tertentu, catat judul supaya bisa memberi Anda ide atau arti di baliknya.

Mimpi memang sudah membuat manusia bertanya-tanya sejak dulu dan bahkan sampai nanti di masa depan sekalipun. Walaupun ilmu pengetahuan dan sains sudah banyak mengajarkan tentang kinerja otak, kita memang tidak akan pernah tahu pasti apa sebenarnya arti mimpi.

WebMD. https://www.webmd.com/sleep-disorders/guide/dreaming-overview#1
Diakses pada Oktober 2018

Healthline. https://www.healthline.com/health/why-do-we-dream
Diakses pada Oktober 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed