Arti Genotip dan Fenotip dalam Pewarisan Sifat dan Perbedaannya


Genotip adalah susunan gen khas yang diwariskan orang tua ke anaknya. Sementera itu fenotip adalah ciri khas fisik yang terbentuk karena gabungan dari genotip dan pengaruh lingkungan.

(0)
29 Nov 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Genotip dan fenotip adalah bagian dari konsep pewarisan sifatGenotip adalah bagian dari DNA
Manusia, sebagai makhluk hidup, memiliki ciri khas yang membedakan diri kita satu sama lain. Ciri khas itu muncul dari perbedaan genetik, serta pengaruh lingkungan tempatnya berada. Dalam bahasa biologi, kedua faktor ini disebut dengan istilah genotip dan fenotip.Genotip dan fenotip adalah dua konsep penting dalam pewarisan sifat. Sebab, keduanya saling berkaitan satu sama lain. Orang-orang dengan genotip sama, belum tentu memiliki kesamaan fenotip. Agar lebih jelas, berikut ini penjelasannya untuk Anda.

Pengertian genotip dan fenotip

Genotip dan fenotip adalah dua istilah yang sering muncul dalam konsep pewarisan sifat. Namun, masih banyak orang yang bingung jika ditanya soal perbedaan keduanya. Berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai genotip dan fenotip.

1. Pengertian genotip

Genotip adalah identitas genetik lengkap yang diwariskan dari orang tua ke anak. Genotip terdiri dari susunan genom yang khas dan berbeda tiap orangnya, kecuali pada kembar identik.Contoh dari genotip adalah gen yang mewarisi warna mata, bentuk hidung, warna rambut, ukuran sepatu, hingga tinggi badan.Jika orang tua memiliki warna mata hitam, maka Anda, sebagai keturunan yang mewarisi gennya, juga akan mempunyai kesamaan warna mata yang.Contoh lain dari genotip juga bisa dilihat pada pengidap albinisme. Albinisme bisa terjadi karena mutasi gen TYR. Jadi, yang disebut sebagai genotip adalah gen TYR tersebut. Sementara itu warna kulit yang putih pucat, termasuk bagian dari fenotip.

2. Pengertian fenotip

Fenotip adalah ciri khas pada satu individu yang bisa dengan mudah diamati secara fisik, seperti warna mata, tinggi badan, dan warna kulit. Ciri khas ini, meski pada awalnya ditentukan oleh genotip, juga bisa berubah menyesuaikan lingkungan tempat tinggal.Sebagai contoh, orang tua memiliki warna kulit yang terang, sehingga Anda pun terlahir dengan warna kulit yang serupa. Namun karena tinggal di area panas, maka lama-kelamaan warna kulit Anda jadi menggelap.Warna kulit Anda sekarang, yang sedikit gelap, adalah fenotip. Sementara itu genotip berperan menentukan warna kulit asli Anda, yang seharusnya terang.Contoh lain dari fenotip dari makhluk hidup juga bisa terlihat pada burung flamingo. Tahukah Anda, burung yang terkenal dengan warna merah mudanya yang cantik, sebenarnya memiliki bulu asli berwarna putih?Warna merah muda pada burung flamingo, muncul karena mereka mengonsumsi organisme yang memiliki pigmen berwarna merah muda. Akibatnya lama-kelamaan, warna asli bulun pun hilang, dan tergantikan karena pengaruh lingkungan.

3. Perbedaan genotip dan fenotip

Sederhananya, genotip adalah gen yang diwariskan dari orang tua. Meski begitu, tidak demikian dengan fenotip. Orang-orang kembar identik akan memiliki genotip yang sama, meski fenotipnya bisa berbeda.Fenotip seseorang bisa berubah-ubah sepanjang hidupnya, karena lingkungan bisa memengaruhi banyak hal di tubuh manusia. Namun genotip tidak akan berubah seumur hidup.Untuk mengamati fenotip pada manusia, caranya juga sederhana. Kita cukup melihat ciri fisik seseorang. Sementara itu untuk melihat genotip, caranya lebih kompleks, yaitu dengan melakukan tes biologis khusus yang dinamakan whole genome sequencing (WGS).Hasil dari tes WGS ini akan menunjukkan molekul-molekul DNA secara detail, sehingga susunan genotip seseorang bisa diketahui secara lengkap.

Sebenarnya, apa pentingnya mempelajari soal genotip dan fenotip?

Mengetahui pengertian genotip dan fenotip bisa membuka jalan untuk Anda yang tertarik berkiprah di berbagai bidang penelitian, termasuk kedokteran dan farmasi.Di bidang farmasi, mengenali konsep fenotip dan genotip berguna untuk memahami cara kerja tubuh mengolah obat di dalam saluran cerna.Selain itu, Anda juga bisa mengenal lebih dalam soal konsep pewarisan sifat dari orang tua ke keturunannya.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang perbedaan genotip dan fenotip, serta hubungannya dengan ilmu kedokteran atau kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kelainan genetikapenyakit genetik
National Human Genome Research Institute. https://www.genome.gov/genetics-glossary/Phenotype
Diakses pada 17 November 2020
Nature. https://www.nature.com/scitable/definition/phenotype-phenotypes-35/
Diakses pada 17 November 2020
Britanica. https://www.britannica.com/science/phenotype
Diakses pada 17 November 2020
Personal Genetics Education Project. https://pged.org/what-is-genotype-what-is-phenotype/
Diakses pada 17 November 2020
Your Dictionary. https://examples.yourdictionary.com/examples-of-genotype-phenotype.html
Diakses pada 17 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait