Fakta di Balik Praktisnya Penggunaan Aplikasi Cek Tekanan Darah


Aplikasi cek darah memang menawarkan kemudahan serta kepraktisan. Namun ternyata, tingkat akurasinya dipertanyakan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tetap menjalani pemeriksaan tekanan darah di faskes.

(0)
29 Jan 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Aplikasi cek darah ternyata tidak akuratAplikasi cek darah memang mudah dipakai, tapi belum tentu akurat
Di zaman serba canggih sekarang ini, Anda nyaris tak perlu keluar rumah untuk memeriksakan kesehatan. Anda dapat mengunduh dan menggunakan aplikasi cek darah. Apakah aplikasi ini memang akurat dan direkomendasikan oleh para ahli di bidang medis?Biasanya, Anda harus pergi ke pusat kesehatan untuk mengukur tensi. Di sana, petugas medis akan menggunakan alat ukur bernama tensimeter, baik yang manual maupun digital, kemudian membaca hasilnya untuk Anda.

Aplikasi cek darah dan akurasinya

Aplikasi untuk mengukur tekanan darah ini biasanya dilakukan dengan meletakkan jari di bagian kamera ponsel, kemudian sistem mereka akan mendeteksi tekanan darah. Anda harus memastikan jari tidak terlalu menekan ke lensa kamera untuk mendapatkan hasil yang akurat.Ada beragam jenis aplikasi cek darah yang bisa diunduh gratis, berbayar, atau memiliki in-app purcahase. Fitur yang ada di dalamnya juga beragam, mulai dari sangat sederhana hingga sangat canggih dan bisa sekaligus pengingat agar Anda juga menjalani pola hidup sehat.Sebuah penelitian yang dipublikasikan di The Journal of American Medical Association (JAMA) menyimpulkan bahwa aplikasi untuk mengukur tekanan darah tidak akurat.Kesimpulan tersebut diambil berdasarkan pembuktian tingkat akurasi sebuah aplikasi yang telah diunduh secara berbayar oleh lebih dari 148.000 pengguna.Dari pengukuran dengan aplikasi tersebut, ternyata 77,5% individu yang jelas-jelas mengidap hipertensi justru terukur memiliki tekanan darah normal. Artinya, Anda bisa saja mengidap hipertensi, bahkan mengalami gejalanya, tapi tidak terdeteksi memiliki tekanan darah yang tinggi.Senada, Harvard Health juga tidak menyarankan penggunaan aplikasi cek darah karena tingkat akurasi yang rendah ini. Aplikasi ini pun tidak dapat dijadikan sebagai pengganti saran dokter.
Sebaiknya periksakan diri ke faskes demi hasil akurat
Jika memiliki riwayat hipertensi atau curiga tengah mengidap tekanan darah tinggi, periksakan diri ke pusat kesehatan dan minta bantuan tenaga medis untuk mengukur tekanan darah Anda. Setelah memeriksa dengan tensimeter, dokter akan memberi saran berdasarkan status tekanan darah Anda, baik normal, di ambang batas, maupun jika sudah tergolong hipertensi.Tekanan darah yang normal berkisar antara 90/60mmHg dan 120/80mmHg. Jika hasil pengukuran tekanan darah menunjukkan 120/80mmHg dan 140/90mmHg, Anda dikatakan berada di ambang mengalami hipertensi sehingga sudah mulai harus menjaga pola hidup sehat.Anda dikatakan mengalami hipertensi jika pemeriksaan tekanan darah melebihi 140/90mmHg. Sementara itu untuk lansia (di atas 80 tahun), predikat hipertensi baru didapat jika pengukuran menunjukkan di atas 150/90mmHg.Seringkali, tekanan darah tinggi tidak bergejala. Oleh karena itu, langkah preventif yang dapat Anda lakukan demi mencegah hipertensi ialah menjalani pola hidup sehat (mengonsumsi makan bergizi dan berolahraga secara teratur) serta secara rutin memeriksakan kondisi ke dokter atau puskesmas.

Gunakan aplikasi cek darah untuk ini

Meski penggunaan aplikasi untuk mengukur tekanan darah tidak disarankan, Anda tetap dapat mengunduh aplikasi untuk perekan tekanan darah. Bedanya, aplikasi ini bersifat tracking sehingga Anda harus terlebih dahulu mengukur tensi menggunakan alat tensimeter, lalu memasukkan hasil pengukuran secara manual ke aplikasi tersebut.Aplikasi perekam tekanan darah akan memperlihatkan grafik atau perbandingan tekanan darah Anda dari waktu ke waktu. Aplikasi ini baik untuk digunakan oleh penderita hipertensi karena dapat memantau efektivitas obat maupun pola hidup yang dijalani.Beberapa rekomendasi aplikasi ini ialah:

1. BP Journal

(Sumber: Play Store)
Aplikasi ini dapat membantu Anda membaca arti angka-angka hasil pengukuran tekanan darah. Anda pun dapat menyimpan hasilnya dalam bentuk PDF, kemudian mengirimkan ke dokter pribadi Anda untuk mendapat saran lebih lanjut.Bagi petugas kesehatan, BP Journal bisa digunakan untuk memantau perkembangan tekanan darah pada beberapa pasien. Fitur yang ada di aplikasi ini juga sangat baik karena telah disesuaikan dengan standar pengukuran tekanan darah berbagai versi, mulai dari ACC/AHA, ESC/ESH, JNC7, Hypertension Canada, WHO/ISH, NICE, dan lain-lain.

2. Blood Pressure

Seperti namanya yang cukup sederhana, fitur yang terdapat pada aplikasi ini juga termasuk simple, sehingga bisa digunakan oleh Anda yang hanya ingin memantau tekanan darah. Aplikasi ini bisa diunduh gratis di Android.

3. Qardio Heart Health

Jika Anda ingin mengunduh aplikasi untuk memantau kesehatan jantung secara keseluruhan, Qardio bisa menjadi salah satu alternatif yang baik. Aplikasi ini bukan hanya dapat mencatat tekanan darah, tapi juga detak jantung dan bisa dikombinasikan dengan berat serta tinggi badan, sehingga memberi gambaran status kesehatan jantung secara keseluruhan. Aplikasi ini juga bisa dipasangkan dengan penggunaan Apple Watch.Pastikan Anda memilih aplikasi sesuai dengan kebutuhan.

Catatan dari SehatQ

Sebaiknya tetap melakukan pengukuran tekanan darah langsung dengan alat sfigmomanometer yang dilakukan oleh petugas kesehatan dikarenakan hasilnya sudah pasti akurat. Selain itu untuk menjaga tekanan darah Anda agar selalu normal, lakukan pola hidup sehat seperti konsumsi makanan bergizi dan berolahraga.
hipertensihipotensitekanan darah tinggitekanan darah rendah
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/high-blood-pressure-hypertension/
Diakses pada 19 Januari 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4922794/
Diakses pada 19 Januari 2020
Harvard Health. https://www.health.harvard.edu/heart-health/smartphone-apps-for-blood-pressure-a-clever-choice
Diakses pada 19 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/heart-disease/top-iphone-android-apps
Diakses pada 19 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait