Berbagai Aplikasi Olahraga Lari yang Direkomendasikan untuk Pemula


Aplikasi olahraga lari dapat membantu Anda memantau jarak yang telah dilalui. Baik itu versi gratis maupun berbayar, aplikasi tersebut bisa diunduh dengan mudah ke smartphone Anda.

0,0
03 Feb 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Aplikasi olahraga lari ada begitu banyak, dan bisa diunduh secara gratisAnda bisa mencoba berbagai aplikasi olahraga lari dengan gratis
Jika Anda senang jogging di luar ruangan (bukan treadmill), tidak ada salahnya mengunduh aplikasi olahraga lari di App Atore maupun Play Store. Aplikasi ini bukan hanya berguna untuk menghitung jumlah kilometer yang telah dilalui, tapi juga mencatat perkembangan Anda dalam berolahraga secara rutin.Ada banyak sekali aplikasi olahraga lari yang tersedia di telepon pintar. Sejumlah aplikasi bisa Anda unduh secara gratis, beberapa lainnya berbayar, atau memiliki in-app purchase alias fitur tertentu yang hanya bisa Anda akses dengan membelinya setelah mengunduh aplikasi tersebut.Beberapa aplikasi pun bisa digunakan untuk olahraga lain, seperti bersepeda atau jalan cepat. Pastikan Anda memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan.

Rekomendasi aplikasi olahraga lari

Bingung mau mengunduh aplikasi olahraga lari yang mana? Sebagai pemula atau pelari kawakan, Anda bisa menjadikan rekomendasi berikut ini sebagai bahan pertimbangan dalam memilih aplikasi yang tepat.

1. Runkeeper

Aplikasi Runkeeper (Sumber: Play Store)
Ini adalah salah satu aplikasi olahraga lari yang sangat populer, baik di kalangan pelari amatir maupun pelari profesional. Hal ini tidak mengherankan, mengingat Runkeeper dilengkapi dengan beragam fitur yang mudah digunakan dengan tingkat akurasi cukup tinggi.Anda dapat menyalakan GPS untuk melacak rute, jarak, kecepatan, dan waktu keseluruhan saat berlari. Runkeeper juga bisa diintegrasikan dengan aplikasi dan perangkat lain, seperti Fitbit, serta jam tangan keluaran Apple.Untuk menjaga motvasi selama berlari, aplikasi ini juga memungkinkan Anda memasang target tertentu dan melihat kemajuannya. Belum lagi, Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk bersepeda atau jalan kaki. Menariknya, semua fitur ini tersedia gratis di iOS atau Android.

2. C25K

Aplikasi C25K (Sumber: Play Store)
Aplikasi olahraga lari ini cocok diunduh oleh para pelari pemula karena ‘memaksa’ Anda berlari sejauh 5 km hanya dalam tempo 8 minggu. Target ini sebetulnya tidak muluk-muluk, apalagi aplikasi tersebut juga memberi panduan program yang harus dijalani tiap minggunya.Program ini dimulai dengan memotivasi untuk mengombinasikan antara lari dan berjalan. Tujuannya ialah secara bertahap membangun kekuatan dan stamina sehingga Anda terbiasa berlari.Anda juga akan mendapatkan input verbal saat berlari agar terus termotivasi. C25K juga bisa diunduh gratis di semua perangkat iOS atau Android.

3. Strava

Aplikasi Strava (Sumber: Strava.com)
Aplikasi olahraga lari yang satu ini cukup populer di kalangan komunitas lari atau bersepeda karena bisa melihat perbandingan pencapaian orang lain dengan jalur yang sama. Strava bisa diunduh oleh pelari pemula atau profesional dan fiturnya juga mudah digunakan.Fitur GPS Strava dapat diandalkan karena cukup akurat. Jika mendaftar sebagai user Premium, Anda bisa memasukkan nama 3 rekan Anda untuk memantau pergerakan Anda selama berolahraga lari di lingkungan demi alasan keamanan.

4. Nike+ Run Club

Aplikasi Nike+ Run Club (Sumber: Nike.com)
Aplikasi olahraga lari ini bisa diunduh gratis dengan bebas, bukan hanya oleh pengguna merek aparel olahraga tersebut. Nike+ Run Club menyediakan berbagai fitur atraktif, seperti motivasi bagi Anda agar selalu semangat berolahraga dan fitur kepelatihan (misalnya kata pemicu semangat dari atlet profesional di akhir sesi).Anda juga bisa mengunggah dan berbagi foto yang diambil selama melakukan jogging. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan Spotify, sehingga penggunanya tetap bisa mendengarkan musik favorit ketika berolahraga di luar ruangan.

5. MapMyRun

Aplikasi MapMyRun (Sumber: Play Store)
MapMyRun adalah aplikasi olahraga lari lainnya yang fiturnya cukup membantu para pelari, termasuk untuk menempuh rute baru agar tidak tersesat. Fitur yang juga menarik ialah adanya feedback untuk meningkatkan performa berdasarkan statistik latihan yang Anda masukkan ke aplikasi tersebut.Jika Anda adalah tipe pelari yang tidak pernah tahu saat harus mengganti sepatu lari, “tambahkan” sepatu ke aplikasi agar fitur Gear Tracker dapat memberi tahu waktu untuk membeli sepatu baru. Anda juga dapat bergabung dengan komunitas MapMyRun dan terhubung dengan pelari lain agar tetap termotivasi berolahraga.MapMyRun bisa diunduh gratis di IOS dan Android, serta diintegrasikan dengan berbagai aplikasi popular lainnya, seperti Apple Watch, Garmin, Fitbit, dan masih banyak lagi.

6. Runtastic

Aplikasi Runtastic (Sumber: Play Store)
Aplikasi olahraga lari ini sangat cocok bagi Anda yang senang lari jarak jauh dengan mengulang rute, tapi suka menantang diri untuk memecahkan rekor sebelumnya. Setelah selesai lari, Anda pun bisa langsung mengunggah post di akun media sosial (Facebook atau Twitter) melalui aplikasi ini.

7. Relive

Aplikasi Relive (Sumber: Play Store)
Tidak hanya berlari, namun bersepeda, mendaki, dapat diukur jarak, waktu tempuh dan rute yang dilalui. Tampilan nya juga menarik, karena bisa berupa video yang merangkum aktivitas pengguna yang bisa langsung diunggah di media sosial.Aplikasi olahraga mana apa yang menjadi favorit Anda?
olahragatips olahragalari
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/best-running-apps-4165816
Diakses pada 18 Januari 2020
Runners World. https://www.runnersworld.com/gear/a20865699/best-running-apps/
Diakses pada 18 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait