Apakah Tisu Basah Baik untuk Wajah Si Kecil?


Banyak ibu menggunakan tisu basah untuk membersihkan wajah dan area lain. Namun apakah tisu basah baik untuk wajah anak? Tidak semua. Tisu basah yang mengandung phenoxyethanol bisa berbahaya untuk kulit.

0,0
15 Jan 2022|Marco Anthony
Mengambil tisu basah dari kotanyaTidak semua tisu basah aman bagi kulit anak
Tisu basah selalu menjadi andalan ibu saat berpergian. Pasalnya tisu basah bisa digunakan  sebagai pengganti air untuk membersihkan wajah bayi, tangan, dan area kelamin. Namun,  apakah tisu basah baik untuk wajah dan kulit anak? Ternyata tidak semua aman. Tisu basah  yang mengandung alkohol, pewangi buatan dan zat phenoxyethanol bisa membuat kulit bayi  iritasi.

Mengenal zat phenoxyethanol

Tisu basah kerap kali digunakan sebagai pengganti air karena memiliki tekstur basah yang dapat membersihkan kotoran dan meninggalkan rasa segar di kulit. Sifat basah ini berasal dari  cairan khusus atau air yang dicampurkan ke dalam tisu.Namun, tidak semua cairan tersebut dapat membunuh kuman. Oleh karena itu biasanya, tisu  basah ditambahkan zat lain seperti alkohol, pewangi buatan, dan juga phenoxyethanol agar  dapat membunuh kuman dan juga jamur pada kulit. Bahan tambahan inilah yang dapat  menyebabkan kulit mengalami iritasi, terutama pada kondisi kulit yang sensitif.Sebenarnya, phenoxyethanol adalah zat yang sering ditemui dalam produk yang digunakan sehari-hari, seperti kosmetik, lipstik, parfum, sabun, hingga hand sanitizer. Zat ini berfungsi sebagai antibakteri dan juga pengawet agar khasiat produk tidak berkurang. Namun, phenoxyethanol dapat menyebabkan beberapa efek samping pada kulit.

Bahaya tisu basah yang mengandung phenoxyethanol dan pewangi buatan

Meski bermanfaat, zat ini bisa menyebabkan gangguan pada kulit sensitif, seperti kulit anak-anak dan bayi. Beberapa gangguan yang bisa ditimbulkan oleh zat ini adalah:Meski kandungannya dibatasi di dalam produk tisu basah pada umumnya, sayangnya zat ini dapat menumpuk tiap kali Anda mengusapkan tisu basah ke kulit anak sehingga meningkatkan risiko gangguan kulit.Selain phenoxyethanol, pewangi buatan yang terkandung dalam tisu basah juga bisa menyebabkan alergi, iritasi dan gangguan pernapasan pada bayi dan anak-anak.

Tisu basah yang aman untuk bayi

Rangkaian tisu basah Mother-K & K-Mother
Sebagai seorang ibu, tentu Anda menginginkan tisu basah yang aman untuk bayi. Idealnya, Anda bisa menggunakan tisu basah yang tidak mengandung pewangi buatan dan phenoxyethanol, seperti tisu basah dari Mother-K & K-Mom.Tisu basah ini telah tersertifikasi USDA Organic dan German Dermatest sehingga aman digunakan untuk kulit sensitif, karena bebas dari bahan kimia berbahaya phenoxyethanol & pewangi buatanSelain aman, tisu basah Mother-K & K-Mom memiliki permukaan yang lebih lebar dan menonjol, hal ini membuatnya lebih mudah mengangkat kotoran di kulit. Anda tak perlu khawatir untuk menggunakannya untuk membersihkan area mulut dan tangan bayi karena tisu Mother-K & K-Mom tidak meninggalkan zat berbahaya.Kesimpulannya, saat memilih produk perawatan anak, termasuk tisu basah, Anda harus mempertimbangkan bahan-bahan yang ada di dalamnya. Semakin banyak mengandung zat kimia, semakin besar risiko timbulnya gangguan kesehatan pada anak. Untuk itu, pilihlah tisu basah yang tidak mengandung phenoxyethanol dan pewangi buatan. Tisu wajah yang baik untuk wajah si Kecil serta aman digunakan.
bayi & menyusuitips parentingibu dan anakadv buds organics
Healthline. https://www.healthline.com/health/baby/baby-skin-care-ingredients
Diakses. 4 Januari 2022.
Healthline. https://www.healthline.com/health/phenoxyethanol
Diakses 4 Januari 2022.
Mother K. https://www.motherk.eu/about-us/
Diakses 4 Januari 2022.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait