Telat Suntik KB Apakah Bisa Hamil? Ini yang Harus Dilakukan agar Tidak Kebobolan


Telat suntik KB dan terlambat datang bulan bisa jadi salah satu tanda hamil yang harus dipastikan dengan pemeriksaan kehamilan. Apakah Anda pernah telat suntik KB?

0,0
03 Oct 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Telat suntik KB berpotensi mendatangkan kehamilan.Agar tidak telat suntik KB, Anda bisa menggunakan aplikasi pengingat.
“Apakah saya hamil?” Pertanyaan itu mungkin terlintas dalam benak Anda ketika telat suntik KB plus terlambat datang bulan. Namun sebelum Anda panik, ada baiknya menyimak terlebih dahulu penjelasan berikut ini.Suntik KB adalah salah satu metode kontrasepsi yang mengontrol kehamilan dengan menyuntikkan hormon buatan bernama medroxyprogesterone. Hormon ini mirip dengan hormon alami dari tubuh wanita, yakni progesterone, yang berhubungan dengan proses kehamilan.Penyuntikan hormon ini bisa dilakukan di lengan maupun bokong Anda. Efektivitasnya untuk mencegah kehamilan diklaim mencapai 94-99% dan dapat bertahan selama 12-14 minggu. Jadi, Anda sebaiknya mengulang suntikan tersebut sebanyak 3 bulan (12 minggu) sekali.

Mungkinkah telat suntik KB sebabkan kehamilan?

Telat suntik KB tingkatkan potensi kehamilan.
Singkatnya, kehamilan memang mungkin saja terjadi ketika Anda lupa suntik KB sekaligus terlambat datang bulan. Apalagi, jika hasil tes kehamilan (menggunakan urine, sampel darah, hingga pemeriksaan ultrasonografi) menyatakan Anda memang tengah positif hamil.Dikutip dari Planned Parenthood, ketika Anda suntik KB, hormon yang terdapat di dalam suntikan tersebut dapat mencegah produksi sel telur pada masa subur alias ovulasi. Tanpa adanya sel telur, tidak ada pembuahan yang terjadi sehingga Anda pun tidak akan hamil.Hormon dalam suntik KB juga bisa bekerja dengan mempertebal lendir yang ada di leher rahim (serviks) sehingga sperma akan semakin sulit masuk ke rahim dan membuahi sel telur (bila ada). Semakin tebal lendir yang dihasilkan, semakin kecil kemungkinan Anda untuk hamil.Sebaliknya, ketika Anda terlambat suntik KB, rahim bisa kembali memproduksi sel telur saat ovulasi. Lendir pada leher rahim juga tidak akan terlalu tebal sehingga memungkinkan sperma masuk ke rahim dan melakukan pembuahan saat Anda melakukan hubungan seksual dengan pasangan.Apabila cemas akan hadirnya kehamilan, Anda bisa melakukan pemeriksaan mandiri menggunakan test pack, satu minggu setelah berhubungan tanpa pengaman.Baca juga: Bagaimana Cara Mencegah Kehamilan Setelah Berhubungan Seks Tanpa Pengaman?

Apa yang harus dilakukan jika sudah terlambat suntik KB?

Selain cegah kehamilan, suntik KB bisa redakan nyeri haid.
Lupa suntik KB menjadi salah satu persoalan yang kerap dialami wanita. Untuk mengatasi masalah tersebut, sebelum melakukan tindakan, cobalah untuk terlebih dahulu mengingat kapan terakhir kali Anda melakukan suntik KB.Jika Anda sudah telat dua minggu atau lebih dari jadwal penyuntikan, dokter kandungan biasanya akan menyarankan Anda untuk melakukan tes kehamilan, untuk memastikan apakah Anda hamil atau tidak.Kemudian, jika memang Anda telat suntik KB tapi sudah berhubungan intim, salah satu cara untuk mencegah kehamilan yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi pil KB darurat.Pil KB darurat dapat menjadi alat kontrasepsi penolong karena pil ini dapat tetap membantu mencegah kehamilan, meski dikonsumsi setelah berhubungan intim.Gunakan pil darurat paling lama 120 jam atau 5 hari setelah berhubungan intim. Semakin lama menunda untuk minum kontrasepsi darurat, maka semakin besar peluang Anda akan hamil.Namun, apabila Anda belum berhubungan intim dan lupa kapan terakhir kali periode suntik KB dilakukan, sebaiknya menggunakan kondom sebagai alat pengaman tambahan. Kemudian pastikan Anda tidak melewatkan suntik KB di jadwal selanjutnya.

Batas keterlambatan suntik KB

Mungkin Anda kerap bertanya apakah suntik KB telat sehari atau lebih dapat menyebabkan kehamilan? Pada dasarnya, tidak ada batas telat suntik KB 3 bulan maupun batas telat suntik KB 1 bulan yang pasti. Karena, kehamilan dipengaruhi oleh hormon, yang mana pada setiap wanita dapat berbeda.Terkait telat KB suntik 3 bulan selama 1 bulan, telat suntik KB 2 minggu, hingga telat 20 hari suntik, kemungkinan untuk bisa hamil adalah kecil.Pasalnya, suntik KB adalah kontrasepsi yang cukup efektif apabila dilakukan secara rutin dan tepat waktu.Pada KB suntik 3 bulan, kesuburan akan lama kembali dan membutuhkan waktu hitungan bulan hingga 1 tahun untuk kembali normal serta siklus haid teratur. Sehingga, telat suntik dalam periode tersebut bisa hamil kemungkinannya kecil.Namun, Anda tetap perlu memastikannya dengan berkonsultasi secara langsung pada dokter. Karena bisa saja telat suntik hingga hitungan minggu dapat menyebabkan kehamilan.Baca juga: KB Suntik untuk Ibu Menyusui, Lebih Baik yang 1 Bulan atau 3 Bulan?

Tips agar tidak terlambat suntik KB

Apabila belum ingin hamil lagi, pastikan untuk memperbarui status suntik KB Anda setiap 10 minggu atau setidaknya 12 minggu (3 bulan) sekali. Agar tidak telat suntik KB, coba lakukan tips berikut ini:
  • Unduh aplikasi pengingat suntik KB per 3 bulan yang ada di app store smartphone.
  • Tandai di kalender manual maupun kalender telepon genggam.
  • Minta pasangan, saudara, orangtua, atau teman untuk mengingatkan tanggal suntik KB 3 bulanan Anda
Jika ingin menunda suntik KB, pastikan Anda menggunakan alat kontrasepsi lainnya, seperti kondom. Apabila hendak beralih ke metode pencegah kehamilan lainnya (misalnya pil KB atau spiral), komunikasikan dengan dokter kandungan atau bidan yang menangani Anda.Bila berencana memperbarui status suntik KB 15 minggu setelah suntikan sebelumnya, bidan atau dokter akan merekomendasikan uji kehamilan terlebih dahulu. Setelah disuntik pun, Anda akan disarankan untuk memakai kondom saat berhubungan seksual pada minggu pertama pascapenyuntikan ulang tersebut.

Catatan dari SehatQ

Semua manfaat dan risiko suntik KB ini biasanya akan dijelaskan oleh dokter atau bidan sebelum Anda mendapatkan suntik KB. Jika tidak berkenan, Anda bisa memilih metode pencegah kehamilan lain, seperti intraurine device (IUD alias KB spiral) dan pil KB.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar suntik KB sebagai metode kontrasepsi, tanyakan langsung pada dokter aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kehamilantes kehamilanpenggunaan kbkontrasepsi
WebMD. https://www.webmd.com/sex/birth-control/birth-control-depo-provera
Diakses pada 19 September 2020
Planned Parenthood. https://www.plannedparenthood.org/learn/birth-control/birth-control-shot
Diakses pada 19 September 2020
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/contraception/contraceptive-injection/
Diakses pada 19 September 2020
FPA. https://www.fpa.org.uk/sites/default/files/contraceptive-injections-your-guide.pdf
Diakses pada 19 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait