Apakah Telat Haid 2 Hari Termasuk Tanda Hamil? Ini Penjelasannya

(0)
08 Jun 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Telat haid 2 hari belum tentu termasuk tanda hamilIlustrasi telat haid
Mengalami terlambat datang bulan memang bisa jadi merupakan salah satu tanda kehamilan. Tetapi, apakah telah haid 2 hari sudah dapat dijadikan kesimpulan bahwa seorang wanita tengah mengandung?Jawaban atas pertanyaan itu bisa ‘iya’, tapi bisa juga ‘tidak’ mengingat banyak faktor yang mengakibatkan wanita mengalami pergeseran siklus menstruasi sehingga ia terlambat datang bulan. Untuk memastikan kehamilan, Anda harus melakukan tes dengan test pack atau pemeriksaan ultrasonografi (USG).Meskipun demikian, ada kemungkinan Anda memang hamil jika telat haid 2 hari disertai dengan gejala kehamilan lainnya. Anda juga harus mewaspadai kemungkinan adanya masalah kesehatan tertentu bila terlambat menstruasi diikuti dengan tes kehamilan yang negatif.

Apakah telat haid 2 hari berarti hamil?

Tanda kehamilan yang dialami setiap wanita berbeda-beda, namun semua ibu hamil pasti mengalami telat menstruasi. Terlambat haid merupakan peristiwa lanjutan setelah proses implantasi alias menempelnya sel telur yang telah dibuahi ke dinding rahim.Setelah proses implantasi selesai, tubuh akan memproduksi hormon human chorionic gunadotropin (hCG) alias hormon kehamilan. HCG inilah yang merangsang ovarium untuk berhenti memproduksi sel telur sehingga dinding rahim tidak akan meluruh dalam proses yang dikenal sebagai menstruasi.Hormon kehamilan ini pula yang dapat terdeteksi lewat pemeriksaan sampel urine dengan alat tes kehamilan (test pack). Namun ketika Anda baru telat haid 2 hari, bisa jadi test pack menunjukkan hasil negatif, sekalipun Anda tengah hamil karena kadar hCG dalam tubuh belum terlalu tinggi.Rata-rata kadar hCG dalam tubuh ibu hamil baru bisa terdeteksi lewat test pack setelah 12-14 hari pascapembuahan. Sedangkan jika hCG diperiksa lewat tes darah, kehamilan sudah bisa diketahui 11 hari pascapembuahan.Kadar hCG akan mencapai puncaknya pada pekan ke-8 hingga11 kehamilan. Inilah sebabnya test pack biasanya baru bisa mendeteksi kehamilan dengan jelas ketika Anda sudah telat haid minimal 8 hari.Jika Anda ingin memastikan kehamilan setelah telat haid 2 hari, sebaiknya lakukan pemeriksaan USG. Pemeriksaan tersebut dapat mendeteksi adanya penebalan rahim pada usia kehamilan 4 minggu, atau bahkan adanya kantung kehamilan yang menandakan Anda sudah mengandung selama 5 minggu dihitung dari hari pertama haid terakhir.

Penyebab lain dari telat haid 2 hari

Ketika Anda telat haid 2 hari, namun hasil test pack maupun pemeriksaan USG menunjukkan hasil negatif kehamilan, bisa jadi ada masalah kesehatan yang memengaruhi produksi estrogen. Gangguan ini bisa diakibatkan oleh:
  • Stres

Stres bisa berimbas pada banyak hal, salah satunya adalah ketidakseimbangan hormon reproduksi yang kemudian memengaruhi ovulasi dan menstruasi. Ketika stres berangsur reda, hormon Anda akan kembali normal sehingga siklus haid akan kembali berputar seperti sedia kala.
  • Perubahan berat badan

Jika Anda mengalami penurunan atau pertambahan berat badan yang ekstrem, jangan heran bila Anda telat haid 2 hari. Perubahan drastis ini juga menyebabkan ketidakseimbangan hormon, namun akan berangsur kembali normal seiring berjalannya waktu.Wanita yang memiliki berat badan terlalu ekstrem juga dapat menderita telat atau bahkan berhenti haid. Berat badan ekstrem yang dimaksud adalah anoreksia (kurus ekstrem) dan obesitas (gemuk ekstrem).
  • Terlalu banyak berolahraga

Olahraga berlebihan juga akan mengakibatkan Anda mengalami terlambat datang bulan. Hal ini paling sering dialami oleh wanita yang sejak awal memiliki berat tubuh rendah atau massa otot yang rendah.
  • Produksi hormon prolaktin

Prolaktin adalah hormon yang diproduksi tubuh saat wanita tengah masa menyusui. Namun, wanita yang tidak sedang menyusui juga bisa mengalami lonjakan produksi prolaktin karena beberapa hal. Masalah ini bisa diatasi dengan konsumsi obat tertentu yang direkomendasikan oleh dokter.
  • Masalah hormon tiroid

Hipotiroidisme atau hipertiroidisme juga dapat membuat Anda mengalami telat haid 2 hari. Kondisi ini biasanya ditandai dengan gejala, seperti kelelahan ekstrem dalam jangka waktu lama, rambut rontok, penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, serta merasa selalu tidak enak badan.Untuk memastikan ada atau tidaknya masalah pada hormon tiroid Anda, periksakan ke dokter. Anda hanya akan diminta melakukan tes darah sederhana untuk menegakkan diagnosis ini.
  • Sindrom polikistik ovarium (PCOS)

PCOS adalah ketidakseimbangan hormon yang kerap berujung pada munculnya kista ovarium sehingga mengganggu kerja sistem reproduksi wanita. Sindrom polikistik ovarium bisa ditandai dengan telat haid 2 hari atau lebih, menstruasi dengan darah yang sangat sedikit atau sangat banyak, obesitas, sleep apnea, penipisan rambut, dan sulit hamil.
  • Perimenopause

Wanita dikatakan menopause jika tidak datang bulan selama 12 bulan beruntun dan biasanya terjadi saat usia 52 tahun. Nah, periode transisi dari masa produktif hingga menopause itulah yang dinamakan perimenopause, dengan gejala seperti siklus menstruasi tidak teratur, darah haid keluar lebih banyak atau lebih sedikit, hingga vagina kering.Untuk memastikan penyebab telat haid 2 hari yang Anda alami, periksakan diri ke dokter supaya mendapatkan penanganan yang tepat.
menstruasi
American Pregnancy. https://americanpregnancy.org/getting-pregnant/early-pregnancy-symptoms/
Diakses pada 21 Mei 2020
American Pregnancy. https://americanpregnancy.org/getting-pregnant/hcg-levels/
Diakses pada 21 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/early-symptoms-timeline
Diakses pada 21 Mei 2020
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/understand-early-pregnancy-ultrasound-results-2371367
Diakses pada 21 Mei 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322893
Diakses pada 21 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait