Apakah Penyembuhan Hemangioma Dapat Terjadi dengan Sendirinya?

Hemangioma dapat sembuh dan hilang dengan sendirinya tanpa perlu penanganan khusus
Penyembuhan hemangioma sebenarnya tak perlu dilakukan karena dapat hilang dengan sendirinya

Hemangioma merupakan sebuah kelainan pembuluh darah pada kulit yang pada umumnya akan hilang dengan sendirinya seiring bertambahnya usia. Penyembuhan hemangioma sampai saat ini dipercaya akan hilang dengan sendirinya, tetapi pada beberapa kasus memerlukan penanganan medis.

Hemangioma tidak bersifat kanker. Kelainan ini muncul saat lahir atau beberapa bulan pertama. Pertama kali muncul biasanya berupa tanda kemerahan, seringkali di wajah, kepala, dada, atau punggung.

[[artikel-terkait]]

Dalam setahun, tanda merah ini bertumbuh dengan cepat dan berubah menjadi seperti gumpalan yang menonjol dari kulit. Setelah itu, hemangioma akan berkurang perlahan hingga menghilang.

Setengah kasus hemangioma sembuh saat anak berusia lima tahun dan hampir seluruh kasus sembuh saat anak berusia sepuluh tahun.

Walaupun gumpalan hilang dan warna memudar, terkadang hemangioma meninggalkan sedikit bekas seperti warna yang berbeda atau kulit yang berlebih.

Penyembuhan hemangioma 

Pada umumnya hemangioma akan hilang seiring berjalannya usia dan tidak memerlukan penanganan khusus.

Namun, pada beberapa kasus yang dapat mengganggu aktivitas atau menjadi luka, terkadang dokter memberikan terapi laser atau obat, baik dalam bentuk obat oles, minum, atau suntik.

Jika hemangioma terlalu besar atau menimbulkan rasa sakit, maka dokter akan menyarankan untuk dilakukan tindakan medis operasi atau pengikatan pembuluh darah yang memasok darah menuju hemangioma.

Hal yang perlu diperhatikan pada penyembuhan hemangioma

Penyembuhan hemangioma memang dapat terjadi dengan sendirinya. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Waktu untuk mencapai penyembuhan hemangioma hingga tuntas tidaklah pasti

Pada beberapa kasus memang hemangioma sembuh pada usia lima atau sepuluh tahun. Namun, tidak ada waktu yang pasti pada usia berapa proses penyembuhan hemangioma selesai.

2. Penyembuhan hemangioma pada beberapa kasus tetap meninggalkan bekas

Orangtua tentu mengharapkan penyembuhan hemangioma akan selesai dengan tuntas tanpa meninggalkan bekas. Namun kenyataanya, pada beberapa kasus bekas luka yang timbul akibat hemangioma akan tetap bertahan.

3. Jumlah hemangioma lebih dari satu tidak membuat anak memiliki kondisi lebih mengkhawatirkan

Jumlah hemangioma yang ada pada anak tidak lantas menentukan bahwa kondisinya mengkhawatirkan, apalagi saat bayi mencapai usia 6 bulan. Anak yang memiliki hemangioma tanpa gejala lain cenderung tetap bertahan dan tidak bertambah buruk hingga sembuh.

Terdapat beberapa kondisi yang harus diwaspadai dari hemangioma:

1. Jika hemangioma terluka dan bernanah

Mengingat bahwa hemangioma merupakan kelainan pembuluh darah, maka hemangioma yang terluka akan mengeluarkan banyak darah, lebih mudah terinfeksi, dan infeksi akan lebih mudah masuk ke dalam peredaran darah.

2. Jika ukuran hemangioma besar atau menutupi setengah luas area bagian tubuh yang terkena hemangioma

Hemangioma yang luas hingga menutupi setengah daerah, misalnya setengah dari wajah, berisiko memiliki kondisi yang lebih buruk. Terutama jika berada di punggung, hemangioma dapat mengganggu saraf tulang belakang.

Jika Anda ragu mengenai kondisi anak Anda dengan gejala serupa hemangioma, periksakan dan konsultasi dengan dokter keluarga Anda.

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/birthmarks/
Diakses 7 Mei 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/hemangioma
https://www.healthline.com/health/hemangioma#treatment

Diakses 7 Mei 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hemangioma/symptoms-causes/syc-20352334

Diakses 7 Mei 2019

Metry DW. Ten lessons learned from a hemangioma clinic. InSeminars in plastic surgery 2006 Aug (Vol. 20, No. 03, pp. 157-162). Copyright© 2006 by Thieme Medical Publishers, Inc., 333 Seventh Avenue, New York, NY 10001, USA..

Artikel Terkait

Banner Telemed