menumbuhkan janggut menambah kesan maskulin pria
Janggut menambah kesan maskulin pada pria

Janggut memang mendapat tempat tersendiri di mata pria dan wanita. Janggut yang lebat dan bagus membuat tampilan pria tampak maskulin. Oleh karena itu tak heran banyak pria yang ingin menumbuhkan rambut di area dagu ini.

Apakah Suplemen Penumbuh Janggut Efektif?

Banyaknya model dan bintang film yang terlihat maskulin dengan janggut yang rapi mau pun lebat, membuat banyak pria ingin menumbuhkan janggutnya sendiri. Banyak pria yang menggunakan minyak atau krim penumbuh untuk membantu pertumbuhkan janggut. Namun pertanyaannya, apakah hal itu manjur?

Sayangnya, pertumbuhan rambut pada dagu Anda ini tergantung pada genetik dan bersifat hormonal. Jika kakek dan ayah Anda tidak memiliki janggut yang tebal, bahkan tidak memilikinya sama sekali, maka Anda pun akan kesulitan untuk menumbuhkannya.

Selain itu, sekali pun Anda memiliki gen untuk menumbuhkan janggut, pola hidup dan makan sehari-hari Anda, dapat memengaruhi pertumbuhannya. Sekali pun Anda sudah menggunakan suplemen, tapi jika tidak didukung dengan pola hidup yang baik, maka pertumbuhan janggut bisa terganggu.

Cara alami untuk menumbuhkan janggut yang sehat?

Jika Anda ingin menumbuhkan janggut yang baik, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merangsang pertumbuhannya. Beberapa diantaranya adalah, dengan melakukan hal berikut:

  • Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup terdengar seperti sesuatu yang sepele, padahal tidur yang cukup adalah cara menumbuhkan janggut yang bisa dicoba. Saat sedang tidur, tubuh akan memproduksi hormon testosteron yang berperan dalam pertumbuhan janggut.

  • Menjaga kelembaban kulit janggut

Membersihkan dan melembabkan kulit di area dagu bisa membantu meningkatkan penampilan janggut. Rutin membersihkan dan melembabkan kulit di sekitar jangut dapat mengurangi pertumbuhan ingrown hairs.

  • Perhatikan kebersihannya

Cara yang satu ini sebenarnya tidak memberikan efek apa pun bagi pertumbuhan rambut simbol kemaskulinan Anda satu ini, tetapi dengan menjaga kebersihannya maka janggut bisa terlihat lebih lebat.

Sebaiknya cuci janggut dengan shampo dan bukan sabun untuk badan. Anda juga bisa menggunakan conditioner untuk membuatnya terlihat halus. Selain itu, Anda juga perlu memotong ujung-ujungnya setiap beberapa minggu atau dua bulan untuk menghilangkan bagian ujung yang bercabang.

  • Berolahraga

Jangan salah, berolahraga dapat menjadi salah satu cara menumbuhkan janggut . Berolahraga dapat meningkatkan hormon testosteron secara sementara, terutama bila olahraga yang dilakukan adalah latihan kekuatan atau angkat beban.

Olahraga juga bisa melancarkan peredaran darah yang membantu memberikan stimulasi pada pertumbuhan folikel rambut, termasuk janggut.

  • Konsumsi makanan yang tepat

Bila Anda ingin menumbuhkan janggut, maka konsumsilah makanan yang dapat meningkatkan hormon testosteron, seperti makanan yang tinggi zinc seperti daging, telur, dan kacang-kacangan. Selain makanan yang tinggi zinc, Anda bisa mengonsumsi makanan yang tinggi zat besi, vitamin A, C, D, dan E, lemak yang sehat, protein, serta karbohidrat kompleks.

Mengonsumsi makanan yang tepat tidak hanya membantu pertumbuhan janggut tapi juga membuatnya terlihat lebat dan sehat.

  • Biarkan tumbuh

Anda mungkin sering mendengar bahwa mencukur janggut bisa meningkatkan pertumbuhannya. Faktanya, hal itu adalah mitos. Mencukur janggut tidak memberikan efek apa pun pada pertumbuhan rambut dagu Anda. Oleh karena itu biarkan janggut Anda tumbuh. Hindari mencukur janggut Anda terlalu sering. Gunakan alat cukur untuk merapikan penampilannya saja.

Menumbuhkan rambut yang satu ini memang butuh kesabaran. Anda tidak bisa membuatnya tumbuh lebat dalam semalam. Ada proses perawatan dan waktu yang harus Anda lewati untuk membuatnya terlihat bagus dan lebat.

Anda juga wajib tahu bahwa pertumbuhan janggut  dipengaruhi oleh banyak hal, seperti faktor keturunan dan tingkat testosteron Anda. Apabila janggut  tidak kunjung tumbuh atau hanya sedikit bertumbuh dalam dua sampai tiga bulan, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk menumbuhkan janggut .

Anda bisa memeriksakan diri ke dokter bila Anda ingin mengetahui apa yang membuat Anda kesulitan untuk menumbuhkan janggut di wajah.

 

Healthline. https://www.healthline.com/health/beard-growth-fast
Diakses pada 3 Desember 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-make-facial-hair-grow
Diakses pada 3 Desember 2019

Piedmont Healthcare. https://www.piedmont.org/living-better/are-there-health-benefits-to-having-a-beard
Diakses pada 3 Desember 2019

WebMD. https://www.webmd.com/men/features/beard-care-tips#1
Diakses pada 3 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed