Apakah Makan Mie Pakai Nasi Berbahaya bagi Kesehatan?


Makan mie pakai nasi dapat menyebabkan kelebihan karbohidrat di dalam tubuh, meningkatnya hormon insulin, mengganggu fungsi pankreas, hingga meningkatkan risiko diabetes.

0,0
12 Oct 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Makan mie pakai nasiMakan mie pakai nasi dianggap bisa berdampak buruk pada kesehatan.
Makan mie pakai nasi memang menggiurkan. Bagaimana tidak, perpaduan antara gurihnya mie instan dan nasi yang lezat menjadi favorit bagi sebagian orang. Namun, Anda perlu berhati-hati karena kebiasaan ini dapat berdampak buruk pada kesehatan.

7 efek samping makan mie pakai nasi

Sebagian masyarakat Indonesia mungkin masih memiliki anggapan, perut tidak kenyang jika belum makan nasi. Inilah salah satu alasan mengapa sebagian orang suka makan mie dengan nasi.Simaklah berbagai bahaya makan mie instan dengan nasi yang perlu diwaspadai berikut ini.

1. Asupan karbohidrat berlebihan di dalam tubuh

Mie dan nasi adalah makanan yang sama-sama mengandung karbohidrat. Saat Anda mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat, Anda dapat merasa sangat kenyang dan tidak ingin makan lagi.Perasaan kenyang berlebihan ini membuat kebutuhan nutrisi lainnya yang diperlukan tubuh Anda menjadi sulit untuk dipenuhi.Tubuh juga membutuhkan nutrisi lainnya, seperti protein, lemak, hingga mineral. Kekurangan atau ketidakseimbangan nutrisi di dalam tubuh dapat membuat Anda berisiko mengalami malnutrisi.

2. Mengganggu fungsi pankreas

Mengonsumsi karbohidrat berlebihan dapat mengganggu fungsi organ pankreas. Organ yang memproduksi hormon insulin ini perlu bekerja lebih keras saat tubuh mengonsumsi terlalu banyak gula dan karbohidrat.Lambat laun, fungsi pankreas dapat terganggu dan mengalami kerusakan jika Anda masih sering makan mie pakai nasi.

3. Meningkatkan risiko diabetes

Bahaya makan mie instan dengan nasi selanjutnya adalah meningkatkan risiko diabetes. Seperti penjelasan sebelumnya, organ pankreas perlu bekerja lebih keras untuk mengubah karbohidrat menjadi glukosa dengan bantuan insulin.Jika situasi ini terus dibiarkan dalam jangka waktu yang panjang, pankreas dapat mengalami kerusakan dan menyebabkan diabetes.Diabetes adalah kondisi medis yang terjadi akibat pankreas tidak mampu memproses gula dengan baik. Hasilnya, Anda lebih mudah lelah, sering mengantuk setelah makan, dan bahkan menyebabkan munculnya darah pada urine. 

4. Membuat perut menjadi buncit

Orang-orang yang suka mengonsumsi karbohidrat berlebihan tapi tidak diimbangi dengan olahraga, berpotensi memiliki perut yang buncit.Kondisi ini dapat terjadi karena lemak jenuh semakin menumpuk di dalam tubuh. Jika tidak ditangani, berat badan Anda bisa naik dan risiko berbagai penyakit berbahaya menjadi semakin tinggi.

5. Meningkatkan risiko obesitas

Obesitas atau penumpukan lemak berlebih di dalam tubuh bisa terjadi akibat makan mie instan dengan nasi secara berlebihan. Terutama, jika Anda tidak mengonsumsi makanan lain yang mengandung protein, vitamin, dan nutrisi penting lainnya.Perlu diketahui, karbohidrat bisa dipecah menjadi lemak saat masuk ke dalam tubuh. Jika Anda tidak pernah berolahraga atau berusaha untuk menurunkan berat badan, risiko obesitas menjadi semakin tinggi.

6. Meningkatkan risiko tekanan darah tinggi

Kandungan natrium pada mie instan dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi, apalagi jika dikonsumsi secara rutin.Kalau kebiasaan makan mie dengan nasi tidak segera dihentikan, bukan tidak mungkin tekanan darah tinggi dapat menyerang. Kondisi ini bisa membahayakan kesehatan kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah).

7. Berpotensi merusak organ hati

Karbohidrat berlebih di dalam tubuh dapat diubah menjadi zat lainnya. Contohnya, jika tubuh Anda kekurangan lemak, tubuh dapat mengubah karbohidrat menjadi lemak.Nantinya, pemrosesan lemak ini dapat dipindahkan ke organ hati sebagai sistem pendukung untuk metabolisme pencernaan.Kondisi ini bisa jadi berbahaya jika lemak yang menumpuk di dalam organ hati adalah lemak jahat.

Cara makan mie instan agar lebih bernutrisi

Daripada makan mie dengan nasi, lebih baik Anda menambahkan berbagai bahan lain untuk membuat mie lebih bernutrisi.Dilansir dari Healthline, ternyata tidak sulit untuk menjadikan mie instan lebih bernutrisi. Kamu hanya perlu menambahkan berbagai macam sayur, telur, atau daging sebagai pendampingnya dan mengganti bumbu mie instan dengan menggunakan bumbu rempah-rempah.Meskipun belum bisa dianggap sebagai makanan sehat, setidaknya ada bahan lain yang bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda.Mulai saat ini, tinggalkan kebiasaan makan mie pakai nasi untuk mencegah masalah-masalah kesehatan yang tidak diinginkan.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
makanan tidak sehatbahaya mie instanpola hidup sehat
Medic Pole. https://medicpole.com/risks-of-eating-noodle-with-rice
Diakses pada 28 September 2021
WHO. https://www.who.int/health-topics/obesity
Diakses pada 28 September 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/make-instant-ramen-healthy#TOC_TITLE_HDR_1
Diakses pada 28 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait