Apakah Keringat di Malam Hari Berbahaya?

(0)
20 Dec 2019|Anita Djie
Segera periksakan diri ke dokter bila sering keringat di malam hariKeringat di malam hari secara berlebihan bisa jadi disebabkan oleh penyakit
Saat sedang berolahraga atau berada di cuaca yang panas dan terik, Anda akan mulai berkeringat. Hal itu wajar terjadi dan merupakan salah satu respon tubuh untuk mengatur suhu tubuh.Namun, bagaimana jika Anda berkeringat di malam hari yang dingin? Umumnya, keringat di malam hari tidak hanya berupa keringat yang sedikit, tetapi keringat yang banyak dan berlebih sampai bahkan bisa merembes ke sprei atau baju tidur.Keringat di malam hari yang perlu diperhatikan adalah keringat yang terjadi bukan karena udara yang panas, banyaknya selimut yang melapisi tubuh, ataupun karena kurangnya ventilasi udara.

Apa penyebab keringat di malam hari?

Penyebab keringat di malam hari dapat diakibatkan oleh sesuatu yang ringan sampai yang serius dan membutuhkan perhatian medis. Umumnya, keringat di malam hari juga diiringi dengan penurunan berat badan, diare, batuk-batuk, rasa sakit di daerah tubuh tertentu, deman, ataupun gejala lainnya.Lantas, apa yang menyebabkan keringat di malam hari? Berikut adalah beberapa penyebab keringat di malam hari yang mungkin melanda Anda.
  • Gastroesophageal reflux disease (GERD)

GERD memang penyakit yang melanda lambung, tetapi jangan salah, GERD juga bisa menyebabkan keringat di malam hari yang diiringi dengan gangguan tidur, sensasi panas di dada (heartburn), dan rasa sakit di dada.Anda juga dapat mengalami gangguan pernapasan, susah menelan makanan atau makanan kembali keluar dari kerongkongan ke mulut.
  • Menopause

Salah satu dampak dari menopause adalah rasa panas berlebih dalam tubuh (hot flashes). Hal ini menyebabkan Anda berkeringat di malam hari. Untuk mengurangi dampak dari menopause, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter.
  • Gangguan hormon

Selain menopause, gangguan hormon lain yang dapat dialami adalah hipertiroid, kadar testosteron yang rendah, dan sindrom karsinoid. Selain keringat di malam hari, gangguan hormon ini dapat menghambat siklus menstruasi dan memicu disfungsi seksual.
  • Stres

Sudah bukan misteri lagi bahwa stres dan rasa cemas dapat memperlihatkan dampaknya secara fisik. Salah satunya adalah keringat di malam hari.Biasanya. Anda akan mengalami rasa cemas atau takut yang berlebih yang sampai bahkan menghambat Anda untuk dapat tertidur pulas. Anda dapat mengatasinya dengan mengunjungi psikolog atau psikiater.
  • Sleep apnea

Sleep apnea merupakan salah satu gangguan tidur yang ditandai dengan pernapasan yang terhenti beberapa kali saat tidur dan memicu keringat di malam hari. Kondisi ini sangat berbahaya karena Anda bisa sewaktu-waktu berhenti bernapas saat sedang tertidur.
  • Idiopathic hyperhidrosis

Istilah ini jarang terdengar, tetapi idiopathic hyperhidrosis adalah suatu kondisi yang nyata adanya. Kondisi ini membuat penderita memproduksi keringat secara berlebih tanpa adanya penyebab yang jelas.
  • Masalah saraf tertentu

Meskipun jarang terjadi, masalah saraf tertentu bisa menjadi penyebab Anda mengalami keringat di malam hari. Masalah saraf seperti syringomyelia, neuropati, stroke, dan gangguan saraf lainnya dapat menjadi pemicu dari keringat di malam hari.Ciri khas dari gangguan saraf umumnya adalah rasa kebas pada tangan, paha, dan kaki dan otot yang melemas.
  • Infeksi tertentu

Adanya infeksi virus atau bakteri dapat menjadi penyebab dari keringat di malam hari. Beberapa infeksi yang dapat membuat Anda berkeringat di malam hari adalah HIV, tuberkulosis, osteomyelitis, endokarditis, dan brucellosis.Umumnya, infeksi virus atau bakteri akan diiringi dengan penurunan berat badan, nyeri otot dan persendian, demam dan menggigil, menurunnya nafsu makan dan rasa lelah.
  • Hipoglikemia

Hipoglikemia atau kadar gula yang rendah dapat membuat keringat di malam hari. Umumnya hal ini terjadi pada penderita diabetes. Saat kadar gula darah menurun terutama jika terjadi dalam waktu yang singkat, penderita bisa mengalami keringat di malam hari.
  • Obat-obatan tertentu

Bila Anda baru saja mengonsumsi obat-obatan tertentu, penyebab dari keringat di malam hari yang dirasakan bisa jadi dikarenakan medikasi yang dikonsumsi.Beberapa obat-obatan yang dapat memicu keringat di malam hari adalah SSRI, obat antinyeri, antipsikotik jenis phenothiazine, medikasi untuk diabetes, steroid, dan medikasi terapi hormon.
  • Kanker

Pada kasus tertentu, keringat di malam hari adalah indikasi dari penyakit kanker. Biasanya, penyakit kanker yang dapat memicu keringat di malam hari adalah kanker leukimia, limfoma Hodgkin, dan limfoma non-hodgkin.Gejala awal lain dari kanker adalah penurunan berat badan secara tiba-tiba dan demam yang tidak kunjung hilang dalam kurun waktu lebih dari dua minggu.

Catatan SehatQ

Penyebab keringat di malam hari di atas hanyalah beberapa pemicu yang biasanya menyebabkan keringat di malam hari. Bila Anda merasa terganggu dengan keringat di malam hari atau keringat di malam hari diiringi dengan gejala-gejala lainnya, periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
penyakitkankerkeringat
Healthline. https://www.healthline.com/health/when-to-be-concerned-about-night-sweats#more-concerning-causes
Diakses pada 19 Desember 2019
 Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/symptoms/night-sweats/basics/definition/sym-20050768
Diakses pada 19 Desember 2019
WebMD. https://www.webmd.com/menopause/guide/8-causes-of-night-sweatsDiakses pada 19 Desember 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait