Apakah Kanker Testikular Penyebab Kemandulan pada Pria?

kanker testikular dapat memengaruhi kemandulan pria
Kanker testikular ditengarai sebagai penyebab kemandulan pada pria

Selain kanker prostat, kanker testikular adalah satu dari beberapa kanker yang hanya dialami oleh pria. Kanker testikular dapat diobati meskipun kanker telah menyebar keluar dari area testis.

Meskipun demikian, efek dari kanker testikular tidak boleh dianggap remeh karena kanker testikular bisa jadi penyebab kemandulan pada pria!

Mengenal kanker testikular

Kanker testikular adalah kanker yang terjadi di testis yang berfungsi untuk memproduksi sperma dan hormon seks. Kanker testikular umumnya terjadi pada pria yang berusia 15 sampai 35 tahun dan hanya timbul di salah satu testis saja.

Sebelum mengetahui apakah kanker testikular adalah salah satu penyebab kemandulan pada pria, Anda perlu memahami apa gejala-gejala dari kanker testikular.

Gejala-gejala kanker testikular yang muncul bisa berupa rasa berat di skrotum atau buah zakar, adanya kumpulan cairan dalam skrotum, pembengkakan atau muncul benjolan di testis, serta rasa sakit atau tidak nyaman di skrotum atau testis.

Selain pada bagian testis dan skrotum, gejala kanker testikular juga dapat berpengaruh pada anggota tubuh lainnya. Penderita bisa mengalami rasa sakit di punggung, pembesaran atau pelunakan payudara, dan rasa nyeri yang tumpul di bagian perut atau selangkangan.

Apakah kanker testikular adalah salah satu penyebab kemandulan pada pria?

Sebenarnya kanker testikular bukan penyebab kemandulan pada pria secara pasti, tetapi dapat meningkatkan risiko mandulnya seorang pria. Kanker testikular maupun pengobatan untuk kanker testikular bisa menjadi penyebab kemandulan pada pria.

Kanker testikular memicu penurunan jumlah sperma yang dapat menjadi penyebab kemandulan pada pria. Sementara penanganan kanker testikular dapat mempengaruhi sperma yang bisa menjadi penyebab kemandulan pada pria.

Pada umumnya, kanker testikular hanya menyerang satu testis saja, bila penderita hanya membedah salah satu testis, maka testis yang tersisa masih mampu untuk memproduksi testosteron yang cukup untuk tubuh.

Namun, jika kedua testis harus dibedah, maka penderita diharuskan untuk mendapatkan testosteron dengan cara lain, seperti melalui injeksi, koyo yang mengandung hormon, dan sebagainya.

Pada kasus testis yang tersisa satu, penderita masih dapat menjadi subur kembali kurang lebih dua tahun setelah penanganan kemoterapi dihentikan. Oleh karenanya, kanker testikular tidak secara permanen atau pasti dapat menjadi penyebab kanker testikular.

Namun, kemoterapi dalam dosis tinggi bisa menjadi salah satu penyebab kemandulan pada pria. Terkadang beberapa pasien juga menjadi mandul karena satu testis tidak cukup memberikan testosteron yang pada akhirnya mengurangi kesuburannya.

Apakah terdapat penanganan kanker testikular lainnya yang menjadi penyebab kemandulan pada pria?

Selain kemoterapi dan bedah testis, bedah kelenjar getah bening berpotensi menjadi penyebab kemandulan pada pria. Hal ini karena ketika kelenjar getah bening diangkat, maka terdapat kemungkinan penderita mengalami ejakulasi retrograde.

Ejakulasi retrograde adalah kondisi saat air mani dan sperma keluar ke arah kantung kemih dan bukan keluar melalui penis. Kondisi ini bisa menjadi penyebab kemandulan pada pria akibat bedah kelenjar getah bening.

Kisah Shane Scott

Shane Scott baru mengetahui dirinya menderita kanker testikular setelah sudah menikah selama kurang lebih dua tahun. Kanker telah menyebar sampai ke bagian kelenjar getah beningnya dan dokter mengharuskannya untuk mengikuti kemoterapi.

Scott berhasil sembuh dari kanker testikular yang menggerogotinya. Namun, kesembuhannya harus mengorbankan kesuburannya. Untungnya, Scott mengikuti saran dokternya dan menyimpan spermanya sebelum proses kemoterapi dilangsungkan.

Scott akhirnya dikaruniai seorang anak laki-laki pada tahun 2003. Meskipun efek kemoterapi dapat menjadi penyebab kemandulan pada pria, tetapi masih terdapat beberapa alternatif yang bisa diambil untuk memiliki anak.

Apakah masih ada harapan?

Bagi penderita kanker testikular, tidak selamanya kanker testikular maupun penanganan yang diberikan menjadi penyebab kemandulan pada pria.

Penelitian pada tahun 2010 menemukan bahwa penderita yang sudah sembuh dari kanker testikular masih memiliki peluang yang sama dengan pria lainnya untuk mempunyai anak.

Penelitian lain di tahun 2014 menghasilkan bahwa dari 73 pria yang sembuh dari kanker testikular, 16 pria mempunyai anak secara natural dan 19 pria mempunyai anak dengan menggunakan teknik reproduksi buatan.

Akan tetapi, penelitian tersebut menyebutkan bahwa kemoterapi, radioterapi, dan bedah kelenjar getah bening berpotensi tinggi menjadi penyebab kemandulan pada pria.

Tidak perlu putus asa karena meskipun kanker testikular dan pengobatannya berpotensi memicu kemandulan, tetapi tidak selamanya kanker testikular dan penanganannya adalah penyebab kemandulan pada pria secara permanen!

Selain itu, penderita yang telah sembuh bisa menggunakan metode sperm banking atau pembekuan sperma yang sudah ditampung dan bisa digunakan dalam prsedur inseminasi atau bayi tabung.

American Cancer Society. https://www.cancer.org/cancer/testicular-cancer/after-treatment/fertility.html
Diakses pada 14 Juni 2019

Cancer Research UK. https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/coping/physically/sex/men/sperm-banking
Diakses pada 14 Juni 2019

Cancer Research UK. https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/testicular-cancer/coping/fertility
Diakses pada 14 Juni 2019

The University of Texas MD Anderson Cancer Center. https://www.mdanderson.org/publications/cancerwise/facing-infertility-after-testicular-cancer-treatment.h00-158984289.html
Diakses pada 14 Juni 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3057887/
Diakses pada 14 Juni 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3901866/
Diakses pada 14 Juni 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/testicular-cancer-care/symptoms-causes/syc-20352986
Diakses pada 14 Juni 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed