Apakah Kalori Air Putih Bisa Menambah Berat Badan?


Kalori air putih adalah nol. Jika Anda sedang diet, jangan takut mengonsumsi air putih secara rutin. Meski begitu jangan konsumsi secara berlebihan.

(0)
31 Jan 2021|Azelia Trifiana
AIr putih tidak mengandung kalori sama sekaliAIr putih tidak mengandung kalori sama sekali
Pilihan minuman dengan berbagai rasa dan tampilan bisa jadi memang menggugah selera. Namun, jangan lupakan bahwa di dalamnya terdapat banyak gula tambahan. Berbeda dengan kalori air putih yang hanya nol.Memang benar memenuhi kebutuhan cairan lewat minum air putih sangat krusial bagi tubuh. Namun, ada juga risiko kelebihan minum air putih yang mengancam otak.

Air putih yang tak berkalori

Pada dasarnya, kalori berasal dari tiga nutrisi sumber makanan yaitu karbohidrat, lemak, dan juga protein. Bahkan alkohol yang tidak mengandung nutrisi pun juga turut menyumbang kalori.Air putih tidak mengandung bahan-bahan di atas. Itu sebabnya, kandungan kalori air putih pun tidak ada. Kalori merupakan unit energi dari makanan tertentu.Hanya saja, di dalamnya terdapat mineral seperti magnesium, kalsium, zinc, hingga sodium. Mengonsumsi 2 liter air putih per harinya dapat memenuhi 8-16% kebutuhan harian kalsium serta 6-31% kebutuhan harian magnesium.Lebih jauh lagi, ada kalanya air putih justru mengandung kalori apabila sudah diolah menjadi minuman lain, seperti:

1. Minuman bersoda

Dalam minuman soda, terdapat asam karbonat yang terbentuk dari larutan karbon dioksida. Itulah yang membuatnya memiliki aroma dan rasa yang khas.Selain minuman bersoda tanpa rasa atau tawar, ada juga yang diberi perasa tambahan. Di sinilah ada tambahan pemanis yang membuatnya mengandung kalori.Berbeda merek dan komposisi, akan lain pula kandungan gula di dalamnya. Sebaiknya, hindari minuman bersoda yang mengandung pemanis tambahan karena tidak diperlukan tubuh.

2. Infused water

Bosan dengan air putih, menambahkan irisan buah sudah menyulapnya menjadi infused water. Merendam buah seperti timun, lemon, stroberi, jeruk nipis, atau daun mint selama beberapa jam membuatnya terasa menyegarkan.Jangan khawatir, jumlah kalori dari infused water pun tidak terlalu tinggi karena buah hanya mengandung sedikit kalori. Bahkan bonusnya, Anda bisa mendapatkan vitamin larut air seperti vitamin C dari buah-buahan.Sebisa mungkin, sebaiknya buat sendiri infused water di rumah dan tidak membeli dalam bentuk kemasan. Ada kemungkinan minuman dengan rasa buah mengandung lebih banyak kalori. Cek label sebelum membelinya.

3. Minuman protein

Di dalam minuman protein terdapat whey protein. Minuman ini populer karena menjadi pilihan yang mudah untuk memenuhi kebutuhan protein. Tak hanya itu, jumlah kalori di dalamnya pun tidak terlalu tinggi.Setiap botol minuman protein umumnya mengandung 70-90 kalori serta 15-20 gram protein. Sementara rasa manisnya datang dari rasa alami atau pemanis seperti stevia. Pastikan sudah memeriksa label komposisi sebelum mengonsumsinya.

Risiko minum terlalu banyak air

minum air putih
Meski menyehatkan, minum air putih berlebih tidak baik
Mengalami dehidrasi adalah kondisi yang sangat fatal dan harus dihindari. Itulah sebabnya, seseorang perlu memenuhi kebutuhan cairannya setiap hari.Lebih jauh lagi, kebutuhan individu bergantung pada banyak faktor seperti usia, jenis keamin, cuaca, seberapa aktif, berat badan, hingga apa yang dikonsumsi.Rata-rata, rekomendasi umum mengonsumsi air putih setiap harinya adalah sebanyak:
  • Perempuan: 2,7 liter air setiap hari
  • Laki-laki: 3,7 liter air setiap hari
Patokan angka di atas juga bisa berubah apabila seorang perempuan dalam kondisi hamil dan menyusui. Asupan air pun tak hanya dari minuman saja. Sekitar 20% kebutuhan bisa terpenuhi lewat makanan. Contoh makanan mengandung air seperti timun, tomat, semangka, bahkan brokoli dan selada.Di sisi lain, rupanya ada risiko dari mengonsumsi terlalu banyak air putih atau overhidrasi. Ketika ini terjadi, ada penumpukan cairan dalam tubuh sehingga ginjal tak bisa mengeluarkan lewat urine secara optimal.Gejala terjadinya overhidrasi beragam mulai dari sakit kepala, otot lemah, kejang, mual, muntah, hingga merasa bingung. Kondisi ini rentan dialami atlet.Salah satu cara mengetahui apakah kebutuhan cairan sudah terpenuhi adalah dengan melihat warna urine. Tak hanya itu, dengarkan pula sinyal tubuh untuk tahu kapan harus minum dan tidak.

Begitu pentingnya air putih karena membantu proses cerna, pembuangan racun, penyerapan nutrisi, hingga lubrikasi persendian. Bagi orang yang sedang menjalani diet, air putih bisa menjadi pilihan tepat karena membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Artinya, asupan kalori berlebih pun dapat dihindari.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar kebutuhan air setiap harinya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tips diethidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/water-calories#plain
Diakses pada 14 Januari 2021
Sciencing. https://sciencing.com/why-does-water-have-zero-calories-5764499.html
Diakses pada 14 Januari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322296
Diakses pada 14 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait