Apakah Eksim Menular? Tergantung dari Kondisinya

(0)
03 Aug 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Apakah eksim menular? Tergantung dari kondisinya!Apakah eksim menular menjadi pertanyaan yang sering muncul di benak kita.
Apakah eksim menular? Jawabannya, tidak. Eksim bukanlah penyakit kulit yang bisa ditularkan. Bahkan, penderita eksim dengan kondisi ruam yang aktif pun tak bisa menularkannya pada orang lain.Tapi hati-hati, ada satu kondisi yang bisa membuat eksim menular. Kenali mekanisme penularannya dan cara pencegahannya lebih lanjut ini.

Apakah eksim menular?

Sebelum memahami lebih lanjut mengenai penularan eksim, ada baiknya kita sama-sama memahami penyakit kulit yang satu ini.Eksim adalah peradangan kulit yang ditandai dengan munculnya ruam gatal berwarna merah. Selain itu, eksim juga menyebabkan bercak kulit kasar yang “diselimuti” benjolan kecil berisi air.Penyakit kulit yang juga memiliki julukan dermatitis ini disebabkan oleh alergi ataupun kontak langsung dengan benda yang menyebabkan iritasi.
Eksim
Apakah eksim menular, tergantung dari kondisinya!
Itulah sebabnya, setiap orang memiliki pemicu eksimnya masing-masing. Tanpa mengetahui pemicu eksim pada kulit Anda, proses pengobatannya akan sulit dilakukan.Banyak orang yang kemudian bertanya, “Apakah eksim menular?” Sebenarnya tidak. Namun waspadalah, eksim seringkali membuat kulit gatal-gatal, yang akhirnya menimbulkan keinginan untuk menggaruknya. Saat digaruk, ruam eksim berpotensi mengalami luka yang rentan terhadap infeksi sekunder. Inilah yang bisa membuat eksim menular.Kemunculan luka terbuka akibat digaruknya ruam kulit ini, bisa mengundang berbagai macam infeksi, termasuk:
  • Infeksi virus, seperti herpes simplex virus
  • Infeksi bakteri, seperti Staphylococcus
  • Infeksi jamur, seperti candida.
Jika eksim Anda terinfeksi, maka berbagai penyebab infeksinya itu bisa menular lewat kontak fisik dan menyebabkan orang lain juga menderita eksim.Tidak hanya itu, apabila ruam kulit terus digaruk, bisa jadi eksim akan menjalar ke bagian tubuh lainnya.
Berikut ini adalah gejala dari eksim yang sudah terinfeksi:
  • Kulit kemerahan di sekitar ruam
  • Munculnya luka dan benjolan kecil
  • Timbul rasa nyeri
  • Gatal yang lebih parah
  • Munculnya cairan bening atau kuning.
Jika hal ini terjadi, segeralah datang ke dokter untuk menghindari komplikasi serta mencegah penyebaran eksim yang lebih luas lagi.

Cara mencegah infeksi pada eksim agar tidak menular

Eksim
Apakah eksim menular, tergantung dari kondisinya.
Sampai sini, kita dapat menyimpulkan bahwa eksim tidak menular, kecuali yang sudah terinfeksi karena sering digaruk.Namun tenang, terdapat berbagai cara mencegah infeksi pada eksim agar tidak menular. Ssalah satunya dengan tidak menggaruk ruam yang terjadi saat eksim menyerang.Saat digaruk, ruam kulit bisa menimbulkan luka terbuka, sehingga virus, bakteri atau jamur bisa masuk dan menyebabkan infeksi.Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan losion atau pelembap kulit pada bagian ruam. Hal ini dilakukan untuk mengurangi rasa gatal, sehingga Anda tidak lagi ingin menggaruknya.
Jangan lupa juga datang ke dokter untuk berkonsultasi. Dengan menggunakan obat-obatan resep dari dokter, gejala-gejala eksim dapat terkontrol, sehingga infeksi dapat dicegah.

Cara mengatasi eksim di rumah

Datang ke dokter dan meminta pertolongan medis adalah opsi paling tepat untuk mengatasi eksim. Namun, ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mengontrol gejala eksim yang mengganggu sebagai berikut ini:
  • Gunakan pelembap kulit

Melembapkan kulit dengan losion atau pelembap kulit bisa membantu Anda mengatasi gejala eksim yang menjengkelkan. Setidaknya, oleskan pelembap kulit sebanyak 2 kali dalam sehari.
  • Mengoleskan krim antigatal

Mengoleskan krim antigatal yang mengandung 1% hidrokortison, bisa membantu mengurangi rasa gatal akibat eksim. Hal ini juga bisa mencegah Anda menggaruknya, sehingga infeksi tidak datang. Lakukan cara ini sebanyak 2 kali dalam sehari.
  • Memasang perban

Memasang perban di area yang terdampak eksim, bisa membantu Anda untuk tidak menggaruknya. Dengan begitu, luka terbuka dapat dihindari, infeksi pun juga teratasi.
  • Mandi dengan air hangat

Berendam di dalam air hangat yang sudah dicampurkan dengan soda kue atau oatmeal bisa membantu mengatasi gejala gatal eksim. Berendamlah selama 10-15 menit, setelah itu keringkan badan dan oleskan krim pelembap.
  • Menghindari stres

Tahukah Anda kalau stres dan gangguan kesehatan mental lainnya dapat memperburuk kondisi eksim? Ya, saat tubuh mengalami stres, eksim pun dapat terdampak. Maka dari itu, hindarilah stres di saat Anda sedang menjalani proses penyembuhan eksim.Berbagai cara di atas dapat dilakukan untuk mengatasi gejala eksim di rumah. Namun tetap saja, datanglah ke dokter untuk mendapatkan obat-obatan resep yang paling ampuh mengatasi eksim.

Catatan dari SehatQ:

Kini, jawaban dari pertanyaan, “Apakah eksim menular sudah terjawab?” Eksim tidak dapat ditularkan, kecuali jika sudah terinfeksi. Maka dari itu, jangan menggaruk-garuk bagian kulit yang terdampak eksim, agar infeksi virus, bakteri dan jamur tidak datang.Berkonsultasilah secara rutin dengan dokter agar gejala-gejala eksim yang Anda rasakan dapat diredakan.
kulit dan kecantikanpenyakit kuliteksimeksim atopik
Healthline. https://www.healthline.com/health/is-eczema-contagious
Diakses pada 22 Juli 2020
Medicine Net. https://www.medicinenet.com/is_eczema_contagious/article.htm#is_eczema_contagious
Diakses pada 22 Juli 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/atopic-dermatitis-eczema/diagnosis-treatment/drc-20353279
Diakses pada 22 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait