Apakah Cara Menghilangkan Varises dengan Es Batu Efektif? Ini Penjelasannya


Cara menghilangkan varises dengan es batu dapat membantu meringankan gejalanya. Namun, pastikan Anda tidak meletakkan es batu langsung pada kulit karena bisa memicu radang dingin.

0,0
11 Oct 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara menghilangkan varises dengan es batu hanya dapat membantu meringankan gejalaCara menghilangkan varises dengan es batu tidak boleh dilakukan sembarangan
Varises adalah pembesaran atau pembengkakan pembuluh darah vena berwarna biru atau ungu tua yang sering kali terlihat menonjol di permukaan kulit. Kondisi ini umumnya terjadi di kaki, terutama betis. Varises bisa menimbulkan ketidaknyamanan, gatal, nyeri, dan bengkak pada penderitanya. Ada banyak metode yang dipercaya oleh banyak orang untuk menghilangkan varises. Salah satunya adalah cara menghilangkan varises dengan es batu. Namun, apakah cara ini terbukti efektif?

Apakah cara menghilangkan varises dengan es batu efektif?

Sebenarnya penggunaan es batu hanya dapat membantu meringankan gejala varises. Suhu dingin dari es batu dapat membuat pembuluh darah vena menyusut dan memperbaiki sirkulasi darah sehingga mengurangi ketidaknyamanan akibat kondisi ini. Selain itu, es batu berperan sebagai agen antiradang alami yang mampu meredakan nyeri dan pembengkakan. Efek ini  hanya bertahan untuk sementara. Namun, kompres es masih bermanfaat dalam meringankan gejala varises yang mengganggu. Sebaliknya, mandi air panas terlalu lama justru dapat memberi efek negatif pada pembuluh darah dan membuat rasa nyeri akibat varises menjadi lebih buruk.
kompres es kaki
Kompres es di area yang terkena varises
Cara menghilangkan varises dengan es batu dapat Anda lakukan dengan meletakkan kompres es di area yang terkena, misalnya kaki. Siapkan es batu, kantong plastik, serta kain atau handuk sebelum melakukannya.Setelah itu, berikut adalah cara menghilangkan varises di kaki atau tangan dengan es batu yang bisa Anda lakukan.
  • Masukkan es batu ke dalam kantong plastik
  • Balut menggunakan kain atau handuk
  • Letakkan kompres es pada kulit yang terdapat varises
  • Diamkan selama 10-20 menit
  • Keringkan kulit setelah selesai.
Walaupun cara menghilangkan varises dengan es batu mudah dilakukan, namun cara ini sudah jarang digunakan karena ada potensi terjadinya efek samping jika Anda tidak melakukannya dengan tepat. Menempelkan es langsung pada kulit atau untuk waktu yang lama dapat menyebabkan radang dingin atau frostbite.Kondisi ini dipicu oleh kristal es yang merusak sel-sel kulit, berkurangnya aliran darah, hingga terbentuknya gumpalan darah. Akibatnya, luka bisa timbul pada kulit, bahkan pada kasus yang parah kerusakan kulit permanen mungkin saja terjadi.Radang dingin dapat ditandai dengan kulit kemerahan atau abu-abu, nyeri, melepuh, mati rasa, gatal, atau menjadi keras. Oleh sebab itu, pastikan Anda tidak menempelkan es pada kulit secara langsung, apalagi untuk waktu yang lama.

Cara mengatasi varises lainnya

Selain cara menghilangkan varises dengan es batu, ada beberapa cara lainnya yang bisa Anda coba. Berikut adalah cara mengatasi varises agar bisa hilang dengan cepat:
  • Menggunakan stoking kompresi

stoking kompresi
Stoking kompresi membantu menurunkan jumlah darah yang menumpuk di kaki
Cara menghilangkan varises di kaki dapat dicoba dengan menggunakan stoking kompresi. Kaus kaki elastis ini dirancang khusus untuk meningkatkan tekanan pada kaki. Penggunaan stoking kompresi dapat menurunkan jumlah darah yang menumpuk di kaki, dan membantu memompanya lebih banyak ke jantung.
  • Meninggikan posisi kaki

Cara menghilangkan varises di kaki juga dapat dilakukan dengan meninggikan posisi kaki. Ketika varises terasa nyeri dan tidak nyaman, cobalah untuk duduk dan letakkan kaki di atas meja.Anda juga dapat berbaring dan menopang kaki menggunakan tiga atau empat bantal. Posisi kaki yang lebih tinggi dari jantung dapat membantu memperlancar aliran darah di tubuh bagian bawah agar dapat bersirkulasi menuju jantung. Alhasil, nyeri akibat varises pun bisa mereda.
  • Berolahraga dan peregangan otot kaki

kaki varises
Berolahraga dapat meringankan varises yang diderita
Varises terbentuk karena penumpukan darah di kaki. Supaya otot-otot kaki membantu memompa darah kembali ke jantung, Anda dapat berolahraga secara rutin sebagai cara menghilangkan varises secara alami. Lakukan juga peregangan otot kaki beberapa kali dalam sehari untuk meringankan varises yang Anda derita.
  • Terapi laser

Anda dapat mencoba menghilangkan varises dengan melakukan terapi laser. Perawatan medis ini menggunakan Endovenous Laser Treatment (EVLT) yang ditembakkan ke pembuluh darah untuk menghancurkan varises dan mengalihkan darah ke pembuluh darah yang sehat.Cara menghilangkan varises dengan cepat ini hanya menggunakan anestesi lokal dengan waktu kurang dari satu jam. Namun, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter mengenai risikonya.Jika ingin berdiskusi lebih lanjut seputar cara menghilangkan varises, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
pembuluh darahpenyakit kakivarises
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/varicose-veins/
Diakses pada 27 September 2021
Vein Vascular. https://www.veinvascular.com/vein/7-strategies-to-get-rid-of-varicose-veins/
Diakses pada 27 September 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/varicose-vein-pain
Diakses pada 27 September 2021
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/frostbite-with-an-ice-pack-1298334
Diakses pada 27 September 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322606#causes-and-risk-factors
Diakses pada 27 September 2021
My Health Alberta. https://myhealth.alberta.ca/Health/aftercareinformation/pages/conditions.aspx?hwid=ut2528#:~:text=If%20you%20bump%20your%20leg,the%20ice%20and%20your%20skin.
Diakses pada 27 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait